Tinggal di Jerman, nggak afdol rasanya kalau nggak membahas tentang produk buatan Jerman. Jerman terkenal dengan kemajuan dan kecanggihan teknologinya. Sejarah produksi mobil buatan Jerman sejak dahulu selalu mengandalkan performa yang dipadukan dengan penampilannya. Hal ini yang membuat mobil produksi Jerman hingga saat ini masih menempati rangking satu di Eropa dan rangking 5 di dunia (globalcars). Lalu, merk mobil apa saja yang diproduksi di Jerman, yang mungkin beberapa di antaranya juga dipakai di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini:

1. AUDI

Audi pertama diproduksi di Ingolstadt, Bavaria, pada tahun 1909 hingga sekarang. Nama Audi sendiri diambil dari nama depan pendirinya: August Horch. Setelah pembuatannya sempat terhenti pada Juli 1909, pada tahun 1939, perusahaan Audi bergabung dengan Horch, DKW, dan Wanderer demi membuat sebuah kesatuan yang dinamai Auto Union UG. Oleh sebab itu, logo lingkaran-lingkaran yang digabung itu merupakan penggabungan beberapa perusahaan.

2. Mercedes Benz

Mercedes Benz adalah merk mobil buatan Jerman yang pertama kali diproduksi pada tahun 1926 hingga sekarang. Pusat produksi merk ini adalah di Stuttgart, Baden Wuttemberg Jerman.  Mercedes Benz merupakan salah satu merk mobil mewah ternama yang terkenal di seluruh dunia karena keahlian perancang yang memadukan antara design dan performanya. Beberapa majalah Amerika juga menyebutkan bahwa merk mobil buatan Karl Benz dan Gottlieb Deimler merupakan salah satu produk kendaraan terbaik dan termewah sedunia. Karena itulah mobil ini sering melanglang buana di perfilman Holywood yang membuat eksistensinya makin terkenal di dunia.

Beberapa kategori Mercedes Benz antara lain:  (CLA-Class, C-Class, GLK, R-Class, E-Class Wagon, CLS-Class, S-Class), mobil mewah (CLA-Class, C-Class, E-Class, R-Class, E-Class Wagon, CLS-Class, S-Class Hybrid, S-Class, SL-Class, CL-Class), mobil olah raga (SLK, SLS), SUVs/CROSSOVERS (GLK, M-Class, M-Class Hybrid, GL-Class, G-Class), vans dan minivans (Sprinter).

logo Mercedes Benz

3. BMW

BMW merupakan singkatan dari Bayerische Motoren Werke. BMW mulai diproduksi di München, Bavaria pada tahun 1916 hingga sekarang. Keunggulan BMW adalah dari kekuatan mesin yang dipertahankan oleh perancangnya dari generasi ke generasi. Pencipta mobil BMW adalah Franz Josef Popp. Pada tahun 2014, BMW mendapatkan penghargaan penjualan mobil terbaik. Kalau kalian jalan-jalan ke München, mengunjungi Museum BMW tak boleh dilewatkan. Disana, kita bisa melihat perkembangan pembuatan merk mobil ini dari tahun ke tahun. Logo BMW putih Biru itu diambil dari logo bendera Bayern.

Logo BMW dan Museum BMW yang aku lihat dari Olympia Tower

ini Bendera Bayern (Bavaria)

4. Volkswagen

Volkswagen atau kita biasa menyebutnya VW (baca: vauwe), adalah mobil buatan Jerman yang diproduksi pertama kali pada tahun 1937 oleh Ferdinand Porsche di Wolfsburg. Sebelum VW dibuat, Jerman sudah memproduksi mobil-mobil mewah seperti Audi, Mercedes Benz dan BMW. Pada saat VW diciptakan, hanya satu dari 50 orang yang membelinya. Namun sekarang, seperti namanya (Volkswagen yang berarti Mobilnya Masyarakat), banyak orang baik di Jerman maupun di manca negara yang menggunakan mobil ini. Sekarang ini bahkan VW juga merambah produksinya dengan membeli perusahaan mobil SEAT, Skoda, Rolls-Royce, Bentley, Lamborghini, dan Bugatti.

5. Porsche

Porsche adalah perusahaan manufaktur mobil di Jerman yang aktif memproduksi mobil sedan, hypercars, supercars, SUV, dan sport cars. Porsche pertama kali dibuat pada tahun 1931 oleh Bapak yang membuat mobil Volkswagen, Ferdinand Porsche. Induk perusahaan Porsche ada di Stuttgart, Baden Wuttemebrg, Jerman.

6. ADAM OPEL AG

Merk ini dibuat pada tahun 1862 dan masih eksis hingga sekarang. Mobil yang diproduksi pertama kali oleh Adam Opel berkembang dari kota Rüsselsheim, Hesse. Perusahaan ini mulai terkenal dengan produksi sepeda, lalu penemunya mulai tertarik mengembangkan perusahannya ke perusahaan Automobil.

7. ALPINA

Alpina adalah salah satu anak cabang perusahaan BMW yang diproduksi pada tahun 1965 di Buchloe. Meski merk ini tidak se-terkenal BMW, namun Alpina masih banyak diproduksi dan dipakai oleh orang Jerman.

8. Bitter Cars

 

Bitter Cars adalah merk perusahaan mobil yang didirikan oleh mantap pembalap, Erich Bitter. Mobil ini pertama kali di produksi pada tahun 1971 hingga sekarang. Induk perusahaan Erich Bitter Automobil GmbH berada di Schwelm. Bitter Car tidak mampu menandingi kepopuleran mobil-mobil lain dikarenakan mobil sport ini terlalu mewah. Meskipun demikian, mobil ini masih diproduksi hingga sekarang.

9. Gumpert

Merk mobil Gumpert ini terbilang baru dipasaran. Awal diproduksi pada tahun 2004 di Altenburg, Thuringia oleh Roland Gumpert. Karena masih baru dipasaran, merk mobil ini tentu saja masih belum bisa menandingi Volkswagen, BMW dan Audi. Mobil sport ini terkenal dengan sebutan Apollo Racecar.

10. Isdera

Isdera pada dasarnya terkenal dengan sebutan Ingenieurbüro für Styling, Design und Racing.  Isdera adalah salah satu perusahaan mobil Jerman yang dimiliki oleh perorangan, bukan PT seperti perusahaan mobil lainnya. Eberhard Schulz sang pelopor pembuatan mobil sport ini, awalnya membuat mobil bersama satu team kecil perakit mobil di Hildesheim pada tahun 1969.

11. Keinath

Rata-rata perusahaan mobil Jerman yang terkini fokus pada pembuatan sport cars, mobil balap dan mobil mewah. Begitu pula dengan Keinath. Mobil balap buatan Horst Keinath yang diproduksi pertama kali di Reutlingen pada tahun 1983 ini juga menciptakan mobil balap yang mengandalkan kekuatan mesin, tampilannya yang sporty dan designnya yang stylish.

12. ADLER

Adler adalah salah satu merk mobil Jerman yang terkenal di tahun 1900 an. Sayangnya, Adler berhenti diproduksi pada tahun 1957. Selain, mobil, perusahaan Adler yang didirikan oleh Heinrich Kleyer ini juga memproduksi mesin ketik, sepeda kayuh dan sepeda motor.

13. AUTO UNION AG

Dari logonya, kita bisa menebak bahwa mobil ini merupakan rintisan dari AUDI. Tepat sekali. Sebelum dibeli oleh perusahaan AUDI, produksi mobil Auto Union ini berpusat di Chemnitz.

14. DKW

DKW juga merupakan salah satu merk mobil yang bergabung dengan AUDI. DKW diproduksi pada tahun 1928 dan bergabung dengan AUDI pada tahun 1966. Pendirinya adalah Jörgen Skaffe Rasmussen.

15. BORGWARD

Borgward yang diproduksi pada tahun 1929-1961 di Bremen ini merupakan salah satu perusahaan mobil Jerman yang berjaya di tahun 30 an. Sayangnya perusahaan yang didirikan oleh Carl F. W ini mengalami kebangkutan.

16. Eisenacher Motorenwek (EMW)

 

EMW diproduksi di Eisenach pada tahun 1945-1956. EMW merupakan produk mobil buatan Jerman Timur kala itu. Seperti Borgward, EMW juga mengalami kebangkrutan.

Ternyata nggak hanya BMW, VW dan Porschee saja yang diproduksi di Jerman, ada begitu banyak mobil yang diproduksi di Jerman. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang suka mobil khususnya dan untuk semua yang tertarik dengan kebudayaan Jerman pada umumnya.

Sampai jumpa lagi di Artikel menarik berikutnya.

Baca juga: Mobil Milik Bersama di Jerman

Like juga facebook fanpage Denkspa kalau ingin mengetahui melihat informasi, foto dan video yang aku update seputar Jerman. Tinggal scroll down atau klik Denkspa. Terima kasih 🙂

Viele Grüße

References
This article is a translation form of Globalcarbrand which is retrieved from https://www.globalcarsbrands.com/german-car-brands/ . If you want to see the English version, click here

Comments

  1. Ternyata audi sudah lama juga ,kirain mobil pabrikan baru. Ah aku yang ketinggalan jaman dan informasi.
    Aku mengenal audi, dari mobilnya pesepakbola. awalnya sih terasa asing namanya bagiku.
    Ditempatku yang terasa lebih nyentrik VW, atau mobil kodok orang kampung menyebutnya.

  2. Wew ada 16 ya… saya sebagai pemerhati merek mobil #halahh…,
    ternyata masih belum tau banyak.

    Cuma tau no 1-6. No 7 samar-samar pernah tahu haha. Opel juga pernah ada di Indonesia. Yang terkenal Opel Blazer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *