Sebenarnya, sudah lama sekali aku ingin membahas (atau sekedar menunjukkan) ini pada kalian. Yup, tentang Stolperstein.

Stolperstein kalau diartikan secara harfiah, artinya: BATU SANDUNGAN.
 

Batu sandungan yang sengaja dicetak ini bisa kita temui di sepanjang jalan. Batu ini berbentuk kecil, nyembul dan berwarna emas. Lalu apa maknanya?

Perhatikanlah tulisan yang ada di atasnya
” HIER WOHNTE 
KURT SILBERSTEIN
JG. 1898
DEPORTIERT 1942
THERESIENSTADT
1944 AUSCHWITZ
ERMORDET 10.2.1945
IM KZ DACHAU “
” DI SINI PERNAH TINGGAL
KURT SILBERSTEIN
TAHUN LAHIR 1898
DIDEPORTASI 1942 (ke)
THERESIENSTADT (lalu)
1944 (ke) AUSCHWITZ
DIEKSEKUSI 10.2.1945
DI CAMP KONSENTRASI DACHAU”
Sudah bisa menebak siapa itu Pak Silberstein yang dideportasi dan (lalu) dibunuh secara keji di Dachau? Yup, orang Yahudi, salah satu dari hampir 7 juta orang yang pada masa kejayaan Hitler dibantai secara masal. 
Batu-batu ini ada di depan gedung, apartemen, toko, di trotoar, di mana-mana.

Batu ini sengaja ditanam oleh Gunter Demnig, seorang seniman asal Jerman. Awal mula, Demnig menanam batu-batu itu di daerah Köln pada tahun 1992. Meskipun belum mendapat persetujuan dari pemerintah, Demnig tetap melanjutkan proyek batu sandungan ini. Lima tahun setelahnya, Demnig mendapat persetujuan, dan aksi ini pun mendapat sambutan baik. Oleh karenanya, sekarang, kalau kita berjalan-jalan di kota-kota di seluruh Jerman, pasti akan tersandung oleh batu ini :D.

Tujuan ditanamnya batu ini adalah untuk mengingatkan kita, bahwa di tempat itu, di sebuah rumah, atau apartemen itu, pernah ditinggali oleh orang yang -karena ras dan agamanya- dibenci, lalu dibunuh secara kejam. Dengan melihat batu sandungan ini, diharapkan orang-orang bisa mengingat korban-korban tak bersalah yang secara paksa diusir dari rumah mereka, lalu dipekerjakan secara paksa, kadang dibunuh meskipun tak tahu kesalahan mereka apa. Tujuan utama penanaman batu ini adalah agar kejadian rasis yang mencelakakan jutaan orang itu tak akan pernah terulang kembali. Oleh karena itu, batu ini dinamakan Stolperstein atau batu sandungan, batu yang jika kita tersandung olehnya, kita akan teringat dan hati-hati untuk melangkah ke depan.

Demikian sharing kita yang singkat kali ini. Semoga sedikit memberi manfaat.

Jangan lupa like facebook fanpage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (terima kasih banyak)
Liebe Grüße

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *