Bicara tentang sampah, di Jerman memang tak ada habisnya. Di Jerman, semua memang serba teratur, terarah dan kadang terkesan ribet. Di artikel ku dulu-dulu telah aku bahas tentang 10 hal mengejutkan tentang lingkungan yang bakal kalian temui saat pertama kali ke Jerman . Salah satunya ya tentang sampah ini.
Coba lihat, betapa di sebuah taman, setiap sepuluh meter pasti ada tempat sampah.

Tempat sampah bertebaran di taman

Kurang afdol rasanya kalau aku belum membahas tersendiri tentang sampah-sampah ini. Berikut aku sempatin ngambil foto-foto tempat sampah itu. Hhehhe:

1. Biomüll atau Bioabfall

Biomüll adalah kelompok sampah kompos yang berasal dari bahan makanan, buah, sayur, dsb. Ini kelompok sampah yang paling menjijikkan dan paling dikerubuti belatung deh.

ini contoh Biomüll

2. Hausmüll

Atau sampah rumah tangga, kalau malas mengelompokkan atau lupa, semua masuk hausmüll, hehehe. Tapi biasanya hausmüll ini terdiri dari sampah-sampah yang tidak ada pengelompokkannya, contohnya popok bayi, tisu dapur, dll.

sampah rumah tangga

3. Plastikmüll

Atau sampah plastik, pembungkus makanan dari plastik semua masuk ke golongan ini. Biasanya ditaruh di kantong warna khusus, seperti di München kantong sampah plastik berwarna kuning.

tempat sampah plastik, bungkus plastik, dsb

4. Papiermüll 

Atau sampah kertas, karton-karton, kertas yang tak terpakai, amplop bekas surat dan segala macam kertas. Di Indonesia bisa juga dirongsokin di tengkulak kertas, tapi di Jerman wajib di buang di tempat pembuangan sampah kertas.

ini nih tempat pembuangan sampah kertas, gede banget biasanya

5. Braunglass

Kelar idup loh, di Jerman pecahan beling aja dipisahin menurut warnanya… :D. Ini tempat sampah khusus beling warna coklat

khusus beling warna coklat

6. Grünglass. Yang disini beling warna ijo. 

Ijo…ijooo…ijooo

 7. Weißglass. Pecahan beling bening dan warna putih

khusus beling warna putih

8. Altgerätemüll

Kalau punya peralatan rumah tangga usang, tua, tak terpakai, bisa dibuang di tempat pembuangan alat yang kadang jarang ada di mana saja. Di dekat apartemen, ada tempat pembuangan alat, biasanya aku suka nemu blender bekas, meja kecil atau bahkan TV yang masih bagus untuk di pungut (haha, dasar). Seseorang tidak boleh meletakkan barang bekas di sembarang tempat, kalau ketahuan bisa kena denda.

Ini contoh pembuangan barang elektronik usang

9. Pembuangan baju bekas

Kalau punya baju bekas yang sudah tidak dipakai bisa dimasukkan ke sini, biasanya baju-baju ini akan disumbangkan atau malah dikirim ke Indonesia dan dijual lagi di pedagang baju bekas alias dalbo 😛

 
ini nih tempatnya pembuangan dalbo 😀

 10. Tempat Sampah Publik

Di Jerman, selain di taman, tempat sampah berceceran di mana-mana. Dengan segala motif, ukuran, bentuk dan rupa. Hahaha…. Diharapkan agar masyarakat peduli akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Buang Kekhawatiran anda disini…
tak hanya bersih tapi juga murni

Aduh, jadi geregegetan deh ngebicarain tentang sampah-sampah. Sampah masyarakat pembuangannya di mana yak? 😀 . Jangan lewatkan artikel menarik tentang 7 keuntungan kuliah di Jerman
Sampai jumpa di topik lainnya.

Viele Grüße

Comments

  1. Di Luar Negeri udh keren, pembagian sampah saja sangat detail. Di Negara kita masih dua kategori, organik dan non organik. Harapannya ke depan perilaku kita bisa lebih bijak, tidak membuang sampah sembarangan.

  2. Siipp. Kapan hari aq pernah lihat di jepang juga gitu, bahkan plastik dan botol plastik dibedakan.
    Btw aq masih gak habis pikir blogmu ini kok belum ada iklannya yah Girin? Hahaha

  3. kerenn nih di jerman memang harus disiplin dan penuh dengan aturan memang untuk warganya juga biar bisa sehat dan maju dengan….
    semangat mba nulisnya..pantesan td mba koment di blog saya, ternyata skrg lagi d jerman yahh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.