Saat masuk Jerman pertama kali sampai 6 bulan setelahnya, tak terpikirkan olehku untuk membuka rekening bank. Saat itu aku berpikir, “Buat apa membuka rekening bank, toh aku hanya akan tinggal di Jerman satu tahun saja!”

Namun saat keinginan untuk melanjutkan FSJ di Hamburg sudah bulat, aku memutuskan untuk membuka rekening bank (meskipun saat itu aku masih au pair). Saat itu, sesuai saran dari host familyku, aku daftar di Münchner Sparkasse, karena ATMnya ada di mana-mana dan katanya sih murah. Aku nurut saja.

Sparkasse dan Volksbank di Jerman adalah seperti BRI di Indonesia, banknya rakyat, atm dan fillialnya nya berserakan di mana-mana, daftarnya mudah, semua bisa daftar (kadang ada bank yang pilih-pilih nasabah), namun, apakah keputusanku daftar di bank tsb tepat?

Enam bulan setelah FSJ, aku berkenalan dengan au pair penggantiku (di host family yang sama). Kami banyak sharing dan bertukar informasi. Darinya, aku mendapatkan informasi seputar bank yang lumayan menguntungkan. Ceritanya, saat itu,  dia mengunjungiku ke Hamburg dan bercerita bahwa dengan naik Megabus, dia hanya mengeluarkan ongkos 1,5 euro saja dari München ke Hamburg. Aku terkesima seketika. Hamburg-München jaraknya sekitar 650 km seperti dari Jakarta ke Malang, jika ditempuh bis, bisa memakan waktu 12 jam dan biasanya harga tiket bus berkisar antara 33-60 euro. Harga tiket kereta api bisa jauh lebih mahal, namun waktu tempuhnya lebih pendek.

Usut punya usut, Megabus, bus yang mensubdisi tarif hingga ratusan persen tersebut, memang eksis dan fasilitasnya pun tak kalah dengan Flixbus yang agak mahal. Sayangnya, karena Megabus milik perusahaan Inggris dan sejak 2016 wacana Brexit sudah ditetapkan, saat ini Megabus yang amat sangat murah itu sudah tidak ada di Jerman (kabarnya perusahaannya dibeli oleh Flixbus). Au pair tersebut bilang bahwa kita bisa dapat tiket sangat murah asalkan bayarnya pakai kartu kredit.

Wah, terdoronglah niatku untuk membuat kartu kredit seperti dia. Bukan hanya untuk naik Megabus saja, namun kadang untuk belanja online. Dari dia, aku akhirnya daftar kartu kredit prepaid Visa di COMDIRECT dan berikut Girokontonya (rekening bank)

Terus terang sampai saat ini aku merupakan salah satu nasabah Comdirect yang sangat puas dengan pelayanannya. Comdirect Bank tidak sama dengan Sparkasse atau Volksbank. Tidak ada kantornya. Daftarnya online, berkas-berkas, kartu ATM dan Kartu Kredit semua dikirim lewat pos. Banyak dari temanku yang akhirnya juga berpindah ke Comdirect karena butuh Kartu Kredit sepertiku juga.

Bagaimana dengan Münchner Sparkasse?

Setelah tidak menjadi au pair dan pindah kota, aku dikenakan biaya 2,99 euro per bulan oleh Sparkasse. Yang menurutku lumayan banyak, sedangkan di Comdirect tak ada biaya bulanan, alias GRATIS.Di Hamburg, ada juga HASPA (Hamburger Sparkasse), dimana temanku ditarik 6,99 euro per bulan. Ada juga penawaran Haspa Joker yang agak menguntungkan karena kita bisa daftar fitnes, dapat diskon belanja di Budni dsb, namun tetap saja kalau biaya per bulannya segitu, tetap terbilang mahal, aku pun jarang belanja di Budni, karena DM lebih murah. Hehe.

Setelah 3 bulan menjadi nasabah Comdirect, aku memutuskan untuk tidak menjadi nasabah Sparkasse manapun :D.

Keuntungan yang aku dapat dari Comdirect?

Meskipun tulisan ini juga tidak dibayar oleh Comdirect sepeserpun, namun aku selalu jujur kepada kalian tentang pengalamanku selama di Jerman, termasuk pengalaman membuka rekening bank serta menyarankan kalian untuk lebih bijak dalam memilih. Dari Sparkasse, keuntungan yang aku dapat hanya kemudahan akses ATMnya. Sedangkan Comdirect:

– Aku dapat Welcome Prämie (bonus mendaftar) setelah aktif selama 3 bulan, sebesar 50 euro,

– Bonus 50 euro lagi karena aku memutuskan untuk keluar dari Sparkasse,

– Comdirect bahkan berani memberi jaminan kepuasan. Jika kita tidak puas dengan pelayanan mereka dan keluar dari Comdirect dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan, kita akan dapat uang 50 euro,

– Karena aku banyak menyarankan teman untuk beralih ke Comdirect, aku sering dapat bonus 25 euro per orang (yang terdaftar dan aktif),

– Kartu Kredit Prepaid Visa yang bisa aku gunakan di Indonesia saat pulang liburan tanpa dikenakan biaya tambahan sepeser pun saat mengambil uang di ATM berlogo Visa di Indonesia. Namun, dengar-dengar, Comdirect memotong kurs beberapa sen saat kita mengambil uang untuk biaya administrasinya.

– Biaya administrasi per bulan: 0 euro. Namun, sejak tahun 2017, kita dikenakan biaya 0,99 euro kalau menarik uang tunai kurang dari 50 euro. Kalau menarik uang tunai, sebaiknya >50 euro agar tidak dikenakan biaya tambahan.

Apakah orang Jerman pakai Comdirect juga?

Comdirect dinobatkan sebagai Bank ke empat dari 5 bank di Jerman yang paling fair versi Das Investment, tak heran banyak orang Jerman yang daftar. Teman, mantan pacar dan suamiku pun beralih ke Comdirect, karena bonus-bonus yang dijanjikannya memang nyata.

Bagaimana dengan ATMnya?

Comdirect memang tidak punya ATM sendiri, namun kita bisa menarik uang tunai gratis (min 50 euro) dari ATM Commerzbank, Postbank dan Deutsche Bank. ATM dari ketiga bank tersebut bertebaran juga di mana-mana, jadi aku tak pernah khawatir juga.

Bagaimana dengan Kartu Kreditnya?

Oia, Kartu Kredit Prepaid ini bukan master card yang ada limit dan kita bisa belanja dulu itu, melainkan kita transfer dulu ke kartu kredit lewat Girokonto kita sendiri, baru bisa membayar barang lewat kartu kredit (prepaid). Aku memang suka prepaid karena takut kalau pakai Master Card berhutang banyak-banyak. Aku sebenarnya jarang belanja online pada akhirnya, namun saat pulang ke Indonesia, kartu kredit ini bermanfaat banget untuk menarik uang di ATM. Sebelum pergi ke Indonesia, aku mentransfer sejumlah uang budget liburan dari Giro Konto ke Kartu Kredit.

Transfer dan Nabung?

Daftar Comdirect otomatis daftar online bankingnya. Berbeda dengan Sparkasse dimana kita boleh tidak memakai internet bankingnya. Dulu, saat masih memakai sparkasse, aku selalu transfer lewat ATM. Sedangkan kalau kita berada di kota yang berbeda, ATM hanya bisa digunakan untuk menarik uang.

Comdirect akan mengirimkan kartu berisi Benutzername dan password untuk log in ke internet banking. Untuk transfer, comdirect juga mengirim ITAN, yakni kertas berisi 120 tabel kode untuk memudahkan kita transfer. Kode-kode atau ITAN tersebutlah yang menjadi kunci rahasia kita sehingga transaksi tidak bisa dilakukan oleh orang lain.

Kartu Kredit juga dikirimkan lewat pos. Semua paswordnya dikirm lewat amplop yang terpisah supaya aman.

Untuk nabung, kita bisa pergi ke Commerzbank dan einzahlen di mesin ATMnya. Einzahlen artinya menabungkan uang kita. Caranya mudah saja, masukkan kartu ATM kita lalu klik einzahlen, kemudian masukkan uang ke mesin setelah diperintahkan. Ini menjadi keuntungan tersendiri jika akita punya banyak uang receh dan bingung atau malu untuk menggunakannya. Masukkan saja ke mesin itu, dia akan menghitungnya sendiri dan otomatis masuk ke rekening tabungan kita. 🙂

Cara daftarnya?

Jika kalian memang ingin daftar Comdirect atau ingin punya kartu kredit prepaid, sebaiknya daftar melalui rekomendasi orang lain yang sudah punya Comdirect sebelumnya. Ini bukan sistem MLM, kok.

Kalau kalian daftar melalui aku, otomatis, aku akan dapat 25 euro dari Comdirect karena aku menambah nasabah mereka. 25 euro itu akan masuk kas AFA untuk membantu pengurus dan ke-organisasian dan pertemuan tahunan anak-anak Au Pair, FSJ dan Azubi dari Indonesia di seluruh Jerman. Jadi, jika kalian berminat daftar, jangan lupa hubungi aku di girindrawiratnipuspa@yahoo.co.id, nanti aku akan kirim link yang akan kalian klik untuk daftarnya. Namun, aku juga tidak memaksa kalian untuk menghubungiku. Jika kalian ingin daftar sendiri, silakan saja google comdirect.de lalu cari kolom bewerben, di sana bisa daftar online dan ikuti prosesnya. 🙂

Baca juga:

Membuka Rekening Bank di Jerman, Tips dan prosedur

Sebaiknya Commerzbank atau Comdirect??

Bagaimana mengirim uang ke Indonesia?

F.A.Q seputar buka rekening bank di Jerman

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa like facebook fanspage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (terima kasih banyak)

Liebe Grüße

 

 

 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.