Saat pulang ke Indonesia nanti, aku dan Tobi tentu saja akan tinggal di Batu untuk mengurus semua keperluan tinggal di Indonesia, seperti memperbaharui KTP, SIM, perpanjang ijin tinggal Tobi, lapor nikah, dsb.

Karena kami berjanji akan hidup layaknya orang Indonesia dan berusaha seminimal mungkin untuk tidak hidup ala orang Jerman dengan standart tinggi, aku akan bekerja untuk mencukupi kebutuhan kami. Karena Tobi orang Jerman, dia tidak boleh bekerja di Indonesia (sesuai peraturan imigrasi), namun dia boleh membantu istri sedikit-sedikit. Oleh karena itu, aku akan membuka les bahasa Jerman dengan rincian sebagai berikut:

Biaya Les : 2.000.000 untuk satu level

Mengapa mahal? Karena biaya ini mencakup:

– Konsultasi au pair jika kalian ingin menjadi au pair, mencakup konsultasi profil di au pair world dan situs-situs lain, motivation letter dalam bahasa Jerman, daftar riwayat hidup dalam bahasa Jerman, dan konsultasi gratis lainnya.

Biaya pengoreksian Motivation letter, daftar riwayat hidup, profil, dsb (jika kalian tidak les, akan mahal, karena Tobi harus bekerja sesuai standard gaji orang Jerman, tapi jika les, semua sudah all inclusive)

– Konsultasi FSJ jika kalian ingin ke Jerman sebagai FSJ, mencakup surat lamaran ke Träger, daftar riwayat hidup, motivation letter, dan konsultasi gratis lainnya. Sama seperti au pair, biaya pengoreksian Motivation letter, daftar riwayat hidup, profil, dsb (jika kalian tidak les, akan mahal, karena Tobi harus bekerja sesuai standard gaji orang Jerman, tapi jika les, semua sudah all inclusive)

-Konsultasi Ausbildung, ingat, saya bukan agen, tapi saya mengerti seluk beluk ausbildung karena saya melakukan penelitian untuk Masterstudi tentang Ausbildung di Jerman. Jadi, kalian bisa pakai agen, daftar mandiri, dsb kalau mau daftar ausbildung, pastinya saya akan membantu untuk membuatkan lamaran, dan daftar riwayat hidup, sampai konsultasi penyetaraan ijazah dsb.

-Konsultasi kuliah, studienkollege, kerja di Jerman, menikah dengan orang Jerman, segala persiapan dokumen dsb all inclusiv.

Selain biaya konsultasi terkait, 10 euro dari biaya yang kalian bayarkan akan otomatis masuk ke kas AFA dan akan membantu kalian sendiri nantinya jika ada masalah di Jerman. Akumulasi kas AFA ini akan membantu teman-teman Au pair, FSJ dan Azubi yang sudah di Jerman.

-Jam belajar:

Seminggu 3 kali @ 3 jam selama 6 minggu,

Minggu 1-4 materi pembelajaran, minggu 5-6 simulasi intensiv dan persiapan Ujian

Seminggu sekali kelas diskusi, seminar dan konsultasi (bersama Tobi atau aku) gratis (kami akan mengadakan seminar berbayar seputar kesempatan ke Jerman, jika kalian adalah peserta kursus, otomatis gratis)

Materi:

-Buku dan materi akan aku beri dan terserah kalian mau print atau foto kopi (tidak termasuk biaya).

Tujuanku mengadakan les ini bukan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, namun untuk mempersiapkan dengan benar sebelum ujian dan pastinya saat di Jerman nantinya. Oleh karena itu, aku benar-benar membatasi peserta kursus. MAKSIMAL 5 orang per kelas. Dan aku juga nggak mau ngajar terlalu banyak karena seperti yang aku bilang, aku tidak tinggal di Batu untuk selamanya, jadi maksimal 2 atau 3 kelas saja (tergantung level terbanyak level apa).

Biaya ini, tidak mencakup dan aku tidak membantu ataupun menjamin:

-Pencarian hostfamily di Jerman (aku bantu secara mandiri karena aku bukan agen, entah berapa lama kalian dapatnya, itu tergantung usaha dan kerja keras kalian sendiri, bukan dari aku)

-Begitu juga pencarian arbeitstelle FSJ

-Begitu juga pencarian ausbildung,

-Pencarian tempat tinggal di Jerman (jika kalian ingin konsultasi tuntas sampai bisa kuliah atau melanjutkan sprachkurs di Jerman, aku bisa usahakan dengan bantuan puluhan teman di Jerman dan pastinya dengan biaya tambahan yang disesuaikan). Konsultasi mengenai pendidikan di Jerman (kuliah, ausbildung, duales studium, kontak pengurus AFA, dsb, semua gratis).

-Tak ada jaminan untuk lulus ujian di goethe Institut. Kami (aku dan Tobi) akan menilai kesiapan kalian untuk ujian. Jika memang dirasa belum siap, kami akan jujur, dan kemungkinan, kalian harus mengulang materi, yang sudah kami berikan. (kami tidak memberikan remedi)

Saat ini, sudah ada beberapa peserta yang daftar dan karena kursi terbatas, semakin cepat daftar semakin baik. Biaya pendaftaran GRATIS. Hanya saja kalian harus transfer biayanya sebelum kami sampai ke Jerman. Mengapa? Supaya kami bisa estimasi berapa kelas nantinya, ngatur jadwal, menyiapkan materi, dan mengoptimalkan pembelajaran.

Jika kalian berasal dari luar batu, mohon beritahu, mungkin kami bisa atur akomodasi (biaya akomodasi dan makan, dsb terpisah).

Untuk pendaftaran les, silakan kontak emaiku, nanti akan aku kasih formulir dan cara pembayarannya: girindrawiratnipuspa@yahoo.co.id

 

Jika kalian ingin kami datang ke kota kalian untuk beberapa bulan, mungkin bisa diatur (kami belum tau) :*

Comments

  1. Wahh ide yg bagus nih, apalagi utk buka kursus bahasa Jerman. Saya pikir biayanya tidak mahal. Seandainya saya blum persiapan berangkat pasti mau deh kursus ke Batu Malang. Dan ujian di Goethe jakarta. Salam sukses mbak Girindra ❤

  2. KK itu 3 Kali seminggu @3 Jam.
    Maksudnya 3 Jam per pertemuan.
    Atau hanya 3 Jam dalam seminggu.
    Kalo misalnya seminggu Total 9 Jam.
    9*6= 54
    Bearti selama 1 Level 54 Jam
    Dan itu Sudah cukup untuk menguasai 1 Level menurut buku yg pernah Aku baca.

    1. Dede, itu seminggu 9 jam. Jadi kita lesnya jadwalin 2 hari sekali masing masing 3 jam per pertemuan, jadi seminggu 9 jam, plus acara diskusi atau nonton film bareng Tobi di akhir pekan untuk membiasakan diri dengan bahasa Jerman, itu di luar pembelajaran. Jadi, aku rasa memang lebih adri cukup dan kenapa 2 hari sekali, karena yang sehari kalian aku beri istirahat untuk mengerjakan tugas, menulis diary, dan supaya nggak jenuh, tapi tetap efektif.

  3. Hallo kak Girinda,
    Senang sekali rasanya mendapatkan kabar bahagia ini. Kebetulan saya dan teman-teman sdh mendaftar untuk ikut les di Batu, Malang.
    Tapi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan 1. Sy mendapat info bahwa kak girindra akan membuka les di beberapa kota juga, untuk Batu sendiri kelas di mulai dr okt-Nov, petanyaanya periode okt-nov ini untuk berapa level ka? Di buka hanya untuk satu level saja kah?
    2. Bagaimna jika kami ingin mengambil 2 level A1-A2? Karena saya rasa waktu 1 bln tidak cukup untuk belajar 2 level.
    Mohon infonya kak .
    Terimakasih

    1. Halo Deti,

      Itu juga yang kami pikirkan. Kami akan memutuskan paling lambat bulan Juli sembari konfirmasi ke kalian. Kalau kalian ber empat mau ikutan kami nomaden, silakan. Setelah ke Batu, kami akan ke Jogja 2 bulan. Tapi kami belum tau apakah bisa membuka kursus di sana, karena Jogja bukan kotaku dan aku juga masih baru di sana, mungkin akan sulit mengatur segala sesuatu.
      Tapi memungkinkan juga bahwa aku dan Tobi akan tinggal di Batu selama 3 bulan sampai semua urusan birokrasi tuntas dan kalian juga sekalian tuntas A2. Tapi sekali lagi, kita harus berdiskusi seputar itu lebih lanjut. 🙂

  4. Halo kak girinda. Terimakasih sudah bisa memberi informasi seputar jerman. Rencana saya ingin pergi ke daerah eropa, ingin kerja di sana di belanda atau nggak di jerman sebagai tenaga perawat. Tapi aku butuh banyak informasi kak. Kalo pun ingin kerja di jerman, saya juga butuh informasi disana. Saya tinggal di malang. Bisa kah saya minta informasi ke kakak?

  5. Hai kak girindra,aku saat ini berada di solo,aku membaca blog kakak yang datang ke indonesia dan mungkin akan mampir ke jogja,apa nanti kakak akan membuka kursus di sana atau konsultasi,aku berharap bisa bertemu untuk sharing,terimakasih kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.