Artikel ini adalah pertanyaan dan jawaban yang aku kutip ulang dari forum:

Hallo,
Jadi begini, aku sekarang dalam masa FSJ dan visa FSJ ku berakhir di 13.06 tahun ini. aku ada beberapa kendala dalam pengalihan visa ke Sprachkurs.

Aku memiliki keluarga di Düsseldorf dan mereka bersedia menjamini ku selama masa Sprachkurs dan sampai aku lulus gelar master nanti.. Aminnn (Dokument penjaminannya ada). Oleh karna itu aku mencari Sprachkurs yang ada di sekitar Düssel (biar bisa nebeng. soalnya Gila harga Miete di Dussel). Setelah mempertimbangkan beberapa saran dari keluarga, aku mendaftar di salah satu Sprachkurs di bochum. Sprachkurnya gak hanya tak menyiksa kantong tapi juga bagus. Masalahnya prachkursnya di mulai pada 13.08 (2 bulan setelah visum habis). kuartal sebelumnya aku tidak bisa ikut, karna masih harus bekerja sebagai FSJ.

jadi kemarin sudah menghubungi ABH di Straubing, mereka bilang harus cari Sprachkurs lain.
setelah itu saya coba mencari yg lain,, ehh.. gak ada yang di mulai awal Juni ini. sedangkan Anmeldebescheinigungnya harus sudah di serahkan sebelum visum nya habis.

Itu tuhh kronologinya, jadi pertanyaan ku adalah :
1. Apa ada visa yang bisa di gunakan untuk menunggu waktu gap 2 Bulan, tanpa harus pulang ke Indo,? (soalnya denger dari temen katanya bisa pakai Fictionbescheinigung atau sejenisnya)
2. Klw memang harus cari Sprachkurs lain bisa di empfehlen gak ?
3. Pernah denger Universitas yang menawarkan studienvorbereitende Deutschkurse untuk calon pelajarnya gak ? tau gimana cara daftarnya ? dokumen apa aja yang butuh?
4. Ada yang tau cara Anerkennung ijasah S1 gak, biayanya berapa ya ?

Oke, makasih teman-teman, ich wünsche euch was

JAWAB:

Halo,

Masalah kamu adalah tenggang waktu 2 bulan antara FSJ dan sprachkurs dan sebenarnya jika ada verpflictungserkärung (keluarga penjamin), ini tak jadi soal. Aku pernah dengar ada yang kasusnya seperti kamu dan dapat fiktionbescheinigung dengan mudah kok, tentunya dengan keluarga gf sebagai penjaminnya. Opsi lain adalah dengan menyediakan uang sebesar sekitar 1400 euro di tabungan dengan asumsi 700 euro perbulan sebagai jaminan bahwa kamu di Jerman punya uang untuk hidup (700 euro per bulan), itu untuk membuat fiktionsbescheinigung selama 2-3 bulan biasanya bisa.

1. Bisa memang pakai fiktionsbescheinigung dengan jaminan atau uang tabungan yang kamu miliki (namun kamu tidak boleh bekerja secera resmi degan visa itu, setahuku)
2. Sprachkurs yang buka setiap bulan itu pastinya ada misalnya DEutschakademie, itu bagus. Dan kalau pun nggak jadi kursus di sana, uang boleh kembali (konfirmasi dulu), kalau di VHS biasanya kamu nggak akan dapat Visum, harus sprachkurs intensiv. Dulu aku daftar di deutschakademie untuk bulan Januari, daftarnya bulan Juli (6 bulan sebelum) dan prosesnya cepat, bisa online, aku yakin ga akan ada masalah.
3. Aku belum pernah mendengar soal itu, setahuku kamu bisa ambil ini kalau udah dapat zulassung dari Uni. Coba cek : http://www.daf.ruhr-uni-bochum.de/svbk/anmeldung.html.de  di sana kamu bisa tahu syarat2 nya apa aja untuk bisa apply di Bochum
4. Ada banyak info mengenai annerkennung ijazah S1, biayanya bervariasi tergantung bundesland. Coba cek ini untuk bochum, aku baca kostenlos (Diese Anerkennung kommt dann in Betracht, wenn Sie eine berufliche Tätigkeit, Ausbildung oder Umschulung in Nordrhein-Westfalen anstreben, für die der Schulabschluss der Hochschulreife als Zugangsvoraussetzung erforderlich ist, oder wenn Sie deutsche/r Staatangehörige/r sind und in Nordrhein-Westfalen studieren möchten.), tapi kamu harus klarifikasi:
http://www.brd.nrw.de/schule/schulrecht_schulverwaltung/Zeugnisanerkennung_-_G___Kosten.html
http://www.brd.nrw.de/schule/schulrecht_schulverwaltung/Zeugnisanerkennung.html
tapi temanku bayar 120 euro kalau nggak salah.

Viel Erfolg….

Jawaban lain:

Hallo. Aku bisa bantu jawab untuk poin nomor 4, karena aku baru aja melakukan Anerkennung ijazah S1. Kalo di Niedersachsen, biaya anerkennung ijazah adalah 200 euro dan jangka waktunya 3 bulan. Utk proses anerkennung kamu bisa beantragen di website: www.kmk.org
Dari homepage nanti klik menu ZAB. Nah disitu bisa kamu liat banyak soal Zeugnisbewertung/anerkennung

Semoga membantu 🙂

Tanya:

@Denkspa
– jadi jikalau saya menggunakan fiktionsbescheinigung yang harus saya butuhkan lagi hanya dokumen seperti Asuransi kesehatan (yang sekarang masih di bebankan kepada Arbeitgeber) dan dokumen pendukung lainnya. dan batas max dari fiktionsbescheinigung hanya 3 bulan ya?
– jikalau memang tidak bisa bekerja secara resmi, apa bisa jika nanti saya bekerja di tempat sosial sesuai dengan latar belakang FSJ yang aku kerjakan sekarang. dan minta mereka membayar secara Bargeld. apa untuk itu ada kemunginan ? karna sangat membosankan tidak melakukan sesuatu selama 3 Bulan. atau apa ada recommend untuk pekerjaan yang lain?

@Denkspa @deedeemyr
Apa bisa, jika dalam kasus yang sekarang, aku tinggal di München dan mencoba Annerkenung dari Duessel atau Bochum, karna jika memang memakan waktu 3 Bulan (akan selesai di juni) itu berarti aku sudah tidak di München lagi. karna jatah Urlaub ku aku habiskan di akhir masa FSJ ku. jadi akhir bulan 5 sudah tak di münchen lagi. tolong sarannya.

Terimakasih und schönen Abend :)

Jawab:

Jika kamu lepas dari pekerjaan FSJ, otomatis asuransi itu akan harus kamu bayar sendiri, bukan Träger yang membayarnya. Dan itu sudah termasuk di biaya 1400 itu kok, jadi kalau kamu punya uang 1400 itu, artinya aman dan bisa bayar2 yg lain dan itu juga untuk bukti pengajuan Visa.
Dan jwaban kedua, nggak bisa, mereka ga akan mau bayar bar geld karena itu kan jenis pekerjaan resmi harus ada laporannya, dan harus ada asuransi kecelakaan kerja dsb, seumpama kamu mencelakakan pasien, ada tanggungannya dan mereka bisa dipenjara kalau memperkerjakan kamu secara gelap dan memabyar bargeld. Pekerjaan lain yg bisa dicoba misalnya babysit atau putzen. Bisa cari di betreut.de, atau ebyakleinanzeigen.
Jika tak banyak kegiatan, mgkin bisa nyari2 aktifitas di Volkhochschule, misalnya les apa gt yg murah, atau ya itu tadi putzen dan babysit.

Setahuku, kamu gabisa beantragen annerkennung ditempat selain kota tempat kamu anmelden. Tapi bisa langsung ditanyakan dengan menghubungi petugasnya sih

Salam

*

*

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *