Meskipun kesempatan untuk menjadi au pair lebih terdengar untuk kaum hawa, nyatanya banyak sekali teman pria yang aku temui dari Indonesia ynag menjadi au pair di Jerman. Aku sendiri sebenarnya kurang setuju kalau au pair hanya dikhususkan untuk wanita muda hanya karena (mungkin) naluri keibuannya ada, nyatanya di era modern ini, kaum pria tak kalah andilnya dalam mengurus anak, oleh karena itu, tugas utama au pair yang memang baby sitting ini, patut juga dicoba oleh para pria.

Untuk membaca lebih lengkap tentang au pair: Apa itu au pair di Jerman?

Baca juga: Au pair itu bukan PEMBANTU!!

Berikut adalah beberapa tips yang super duper menarik oleh Zür yang baru saja berhasil memijakkan kakinya di tanah Eropa, tepatnya di Jerman. Awal Januari 2019, Zür bertanya padaku tentang menjadi au pair sebagai laki-laki dan pada bulan April, dia sudah mengabarkan bahwa dia berada di Munich. Wow. Setahuku dari banyak teman laki-laki au pair yang aku kenal, proses pencarian hostfam terbilang cukup lama dan memakan waktu. Aku sungguh sangat salut oleh perjuangannya yang terbilang kilat dalam mendapatkan host family.

Tahap-tahap yang disarankan oleh Zür dalam mendapatkan host family:

1. Daftar lewat aupair.com

Baca juga: 5 Tips Agar Host Family tertarik Padamu!

2. Tidak disarankan daftar di Aupairworld karena untuk cowok indo tdk bisa(selalu ditolak), walapun bisa pakai trik dan di web ini mereka lebih fast respond, tetapi anda akan dibatasi untuk kirim apply ke GF dan susah menjelaskan ketika anda pakai triknya/mereka memahami trik yg kita pakai.

Sebaiknya melalui Aupair.com, meskipun agak slow respond atau bahkan kadang malah tidak dibalas, tetapi menurut saya ini lebih baik karena kita tidak dibatasi kirim lamaran/aplikasi ke GF (gast-family, kata lain dari host family). Bahkan saya sudah kirim bewerbung (lamaran) ke semua GF yang ada di website tsb. Totalnya keluarga yang ingin aupair laki2 berjumlah 550, ini jauh lebih kecil dibandingkan 2000 keluarga yang ingin au pair perempuan. Ironi dan sedih 🙁 . Saya sempat bergumam, yah cuma segini GF yang ada di aupair.com, saya bayar mahal tapi cuma segini aja GFnya. Akhirnya tidak ada hal lain yang bisa saya lakukan kecuali, tetap kirim pesan kembali ke GF2 tersebut (baca:spamming). Saya berpikir positiv aja mah, mungkin mereka sibuk, mugkin mereka tidak sempat balas, mungkin lagi berpikir. Saya tetap kirim pesan sampai mereka bener2 menolak dan saya tidak dapat kirim pesan lagi. Sampai2 ada yang kirim saya email, tetapi tetap saya kirim message, karena tidak ada foto, jadi tidak bisa membedakan hehe.

Baca juga: 5 Langkah menjadi Au Pair di Jerman

3. Saya pakai premium member 1 bulan harga 56$ 1 bulan. Karena:
– saya butuh cepat untuk segera dpt GF dan ke Jerman
– saya ibaratkan seberapa ikhlas kita mengeluarkan uang untuk ke jerman, karena toh nanti diganti ketika di jerman(jalan2 di jerman, kursus bahasa dibayarin GF, kayang di paris, buang upil di patung manekin pis :p
– saya suka ambil resiko, belum tentu 1 bulan saya dpt GF, tapi kalau tahu manfaat yang saya dapatkan lebih banyak warum nicht?, toh saya punya uang segitu, kalau tidak punya uang bisa pinjam teman, atau kerja atau nabung. Pasti ada jalan. Tinggal manusianya harus berpikir!
– pada aupair.com kita tidak bisa bersms ria dg GF, jadi salah satu antara GF atau kita harus jadi premium member, kalau tidak sms tidak akan terkirim. Aneh, ya aneh. Iya kalau sms kita ke kirim ke GF, kalau ke tukang bubur langganan kita, kan ga masuk akal. Tapi saya percaya tidak ada makan siang gratis. There is no free lunch. Jd ketika anda pingin dapat lebih, anda harus rela mengeluarkan lebih atau melepaskan barang anda miliki. Daftar premium tidak wajib, tetapi anda akan kalah cepat dengan saingan ribuan aupair lain. Apalagi untuk kaum adam, susah sekali menemukan GF.
– saran ketika apply ke GF, lebih baik pesan yg menjual, seperti contohnya:
Hallo, hidup hanya sekali, kenapa tidak memilih sesuatu yang berbeda, dengan memilih aupair laki yang banyak kelebihan. Aupair laki juga bisa melakukan hal rumah tangga dan menjaga anak. Bahkan untuk beberapa kasus, saya kira aupair laki harus dipilih jika anda memiliki anak laki2 :).
Pada profil anda, cantumkan semua tentang anda, anda bisa melihat contoh profil di aupairworld dan aupair hal2 apa yang harus dicantumkan di Profil. Jadi lengkaplah profil kita. Foto dengan anak2 dan foto pribadi pada profil.

Baca juga: Plus Minus Menjadi Au Pair di Jerman!

Dan apa yg terjadi, tepat pada akhir masa premium member saya, saya masih ingat 22 maret, saya dapat GF. Saya dapat 4 sebetulnya:
Gf no 1. Nunggu sampai April, iya kalau jadi kalau ndak?
no 2. Suruh kerja rodi, nyuci mobil dll
no 3. Ini bagus, tapi sy krg cocok aja= pdhal kayanya bagus 🙁 Anak2nya udah gede diatas 6 thun
No 4 yang menjadi GF saya saat ini.

*Punya pengalaman menarik dan Tips seputar budaya Jerman dan pendapat tentang orang Jerman seperti ini? Daripada opini nganggur dan jadi khayalan doank, bagikan infonya supaya banyak orang yang mendapat manfaatnya. Denkspa menerima tulisan traveling seputar Jerman dan Eropa yang berisi tips-tips dan info. Untuk info selengkapnya, klik di sini.*

*

Demikian tips dari Zür, semoga bermanfaat bagi para pejuang yang ingin ke Jerman secara mandiri. Ada juga pengalaman dari beberapa pengurus AFA:

Baca:

Dari Herdi : Au Pair Junge und Gast Familie

Dari Candra: Mencari Gast Familie untuk Au Pair Laki-Laki

Untuk korespondensi sama mereka, ada di artikel masing-masing contact personnya, untuk berkorespondensi dengan Zür:

rezhapu@gmail.com

(Pastikan kalian sudah banyak membaca dan sudah dalam proses mencoba, jangan tanyakan pertanyaan sepele dan general, karena akan menyita waktu mereka!)

Di Komunitas AFA, ada File seputar Au Pair dan pedoman menjadi au pair berikut puluhan link yang bisa dibaca, klik: DAFTAR LINK PEDOMAN MENJADI AU PAIR 

*
Follow instagram: @resep.anak.rantau  

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

Baca juga: Tips Membeli Barang Elektronik di Jerman

Comments

  1. Kak girindra aku mau nanya, aku kan udah interview dgn gf di jerman dan tdi pagi mereka wa aku klo mereka mau aku jdi aupair nya. Tapi aku bingung masalah tiket pesawat, aku baru ngecek hari ini tiket kesana bulan agustus itu hampir 10jt. Aku mau minta tolong sama calon gf aku untuk bayarkan tiketku tpi aku bingung cara ngomongnya gimana takut dibilang gimana” nnti. Aku minta saran dong kak krn aku harus segera kasih jawaban ke mereka.
    Vielen dank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.