Banyak jalan menuju Jerman, masing-masing jalan tersebut juga disertai banyak alternatif untuk menggapainya. Contohnya datang ke Jerman melalui program au pair. Sebagai informan non-agen dan bukan konsultan pendidikan yang akan menjerumuskan kalian, di artikel ini, aku akan share info alternatif daftar au pair lewat agen, tapi agennya langsung orang Jerman.

Sebelumnya, baca dulu: Apa itu Au pair di Jerman?

Berapa Biaya daftar au pair?

Rincian biaya mandiri untuk daftar au pair, coba cek di artikel ini: Rincian Biaya Yang seungguhnya ke Jerman

Jika kalian daftar lewat agen di Indonesia, biasanya yang mahal adalah biaya lesnya, kalau kalian bisa belajar bahasa Jerman secara otodidak, dan berhasil mengantongi sertifikat A1 dari Goethe tanpa kursus di lembaga tertentu, silakan langsung apply au pair lewat jalur apa aja (kan kita nggak tau, kita bisa dapat rejeki dari mana, ya kan?)

PROSEDUR DAFTAR AU PAIR MANDIRI TANPA AGEN, BACA DI SINI!!

Situs pencarian host family dan au pair ini bisa gratis tis. Tapi kalau mau cepet dapet, bisa juga bayar untuk yang premium harganya bervariasi, bisa 50-150 euro. Untuk kamu yang cowok, coba baca: Au Pair laki-laki, susah dapat host family? Ini tipsnya!

Biaya daftar lewat agen di Indonesia juga bervariasi, harganya sekitar 10 juta an. Namun, mereka juga kadang akan mendaftarkan kamu lewat portal online dan dibantuin bikin profil. Jadi, daftar sendiri juga bisa kalau kayak gitu.

Biaya daftar au pair lewat agen di Jerman? Sesuai ketentuan pemerintah, sebenarnya agen nggak boleh narik biaya dari para calon au pair. Namanya juga tukar budaya, kok dibisnisin gitu? Tapi agen kan juga meluangkan waktu untuk kontak kalian, milihin host family, nyambungin, ngirim kontrak, belum lagi kalau nanti kalian bermasalah, dsb. Jadi, biaya yang ditetapkan, sebenarnya nggak boleh lebih dari 200 euro. Ada juga negara bagian yang memberlakukan maksimal hanya 150 euro.

Agen di Jerman akan mendapat uang dari host family, yang kisarannya 500 euro untuk membantu ngurus ini dan itu. Makanya, dari calon au pair, mereka nggak boleh narik banyak banyak. Bahkan ada beberapa agen yang gratis dan nggak narik sepeser pun dari au pair. Pihak au pair kan di sini nanti yang akan bekerja. Si agen tau betul au pair di Jerman dan penyesuaian budaya nggak selalu mulus, makanya au pair biasanya akan dapat masalah dan menjadi pihak lemah dan butuh bantuan.

Lalu mengapa agen di Indonesia narik biaya mahal? Karena mereka nggak dapat komisi dari host family secara langsung, mereka kan kerja sama dengan agen di Jerman. Jadi, agen Jermannya dapat komisi dari Host Family, agen di Indonesianya dapat komisi dari calon au pair.

Bagaimana cara daftar ke agen yang langsung di Jerman?

Mendaftar au pair lewat website, bisa dilakukan melalui situs:

www.aupairworld.com

www.aupair.com

Atau portal-portal au pair yang lain yang bisa kalian temukan di google dengan mengetik: Au Pair in Deutschland. Daftarnya kayak ngisi profil dan pajang foto di facebook gitu. Ada fasilitas yang harus berbayar, ada juga yang bisa dapat gratisan.

Nah, jika kalian ragu memakai jasa agen di Indonesia dan berpikir toh mereka juga kerja sama dengan agen Jerman, kalian bisa pilah pilih email agen Jerman yang ada di website resmi Dr. Cordula Walter di bawah ini:

Caranya tinggal cari aja alamat email di link berikut:

LINK DAFTAR AGEN AU PAIR DI JERMAN (ada sekitar 174 agen di seluruh Jerman). 

Agen-agen di atas sudah diseleksi kredibilitasnya oleh Dr. Codula Walter dan jika ada terdengar desas-desus yang tidak mengenakkan, akan dihapus dari list. Oleh karenanya, semua agen yang tercantum, masih dalam standard baik.

Kalau sudah ketemu email dari agen tersebut, kalian bisa mengirim pesan singkat yang isinya memperkenalkan diri, nama, asal dari mana, hobby, dsb. Kemudian meminta informasi kalau ada info host family yang membutuhkan au pair dari negara non-EU. Sekalian juga kirim foto sama anak-anak.

Email lebih baik ditulis dalam bahasa Jerman dengan gaya kalian sendiri. Tapi kalau nggak bisa banget, ya pakai bahasa Inggris dan bilang bahwa bahasa Jermannya masih belum bagus betul, tapi masih proses belajar dan kursus.

Pastikan agen tersebut menerima au pair Indonesia juga, karena kadang ada agen yang hanya fokus nyariin au pair dari Afrika saja. Jadi pilah-pilih dan tunggu saja.

Link di bawah ini merupakan thread dari salah satu anggota AFA Germany di grup facebook yang pernah membantu adik temannya mencari host family di Jerman:

* VIJ Nürnberg : https://www.vij-nuernberg.de/au-pair/au-pair-in-deutschland/

* InVia Würzburg : https://www.invia-wuerzburg.de/…/au-…/au-pair-in-deutschland

* Invia Nürnberg : https://www.invia-nuernberg.de/incoming-als-au-pair-nach-de…

* WeAuPair : https://www.weaupair.com/…/du-hast-lust-auf-deutschland-mit… (ini mengcover hampir seluruh jerman)

Salah satu anggota AFA juga share pengalamannya: ” VIJ Hamburg Aupair. Aku dulu pake agen itu, dan semuanya mereka yg urus + kostenlos. Mereka juga baik banget dan setiap bulan ngadain pertemuan gitu dengan sesama aupair sehamburg, dan agen ini juga nerima aupair laki2! Dulu pas dipertemuan ada beberapa aupair laki2 gitu soalnya:). Linknya: VIJ Hamburg “

Pengurus AFA, Clara Tyas yang pernah ganti host family saat di Jerman juga membagikan pengalamannya:

“Ini agentur aupair aku waktu aku ganti GF: Agentur Taunus

Yang punya Frau Sandra Sanchez, beliau membantu aku dalam Mencarikan GF baru dalam itungan seminggu. Dan saya tidak dipungut bayaran sama sekali sama Frau Sandra Sanchez, kalaupun bermasalah sama GF, beliau segera menyelesaikan nya. Agen Au Pair ini base camp nya di daerah Frankfurt-Wiesbaden. Tapi dengan agen ini bisa ke daerah mana di seluruh Jerman

Bagi yang mau ganti GF coba buka link itu, bagi yang masih di Indonesia juga bisa hubungi Frau Sandra Sanchez. TIDAK DIPUNGUT BIAYA!”

*

Selain mencoba daftar mandiri atau email langsung kepada agen di Jerman, salah satu kontributor aktif AFA juga membagikan pengalamannya mencari host family dengan cara gabung di sebuah grup facebook : Au Pair in Deutschland. Seperti yang dia tulis di salah satu thread:

” Hallo ,, kk dn temn2 untuk aupair cowok untuk cri lewt aplikasi sya rasa susah tapi bisa di coba,aku kmrin make aupair.com tapi jwbn negatif dn akhirnya2 aku masuklah di slh satu grup fb tuk aupair disitu bnyk gf yg nyri aupair mau cewek cowok pasti ada,nama fbny aupair in germany ,,disitu kita cuman promosi diri bikin postingan kek biodata,trus pnglmn sma ank2 trs hobby .ctaatan( bikin sesimpel dn semenrik mungkin) trus cantumin foto ama anak2 yg klihtn freundlichen dn mnyengkn ntar sisa tunggu aja ntr ada gf yg komen atau langsung cht kalian di massanger,, pnglaman aku aku posting di grup itu dulu setiap 2 hri 1x posting promosi dn catatn penting klo ada gf yg bikin postingn kamu komen juga dn langsung massanger mereka intinya rajin komen dn kirim pesn,tentunya harus sabr jugaa,,,nah mungkin itu aja yg aku bisa bagi ,,intinya cowok pasti bisa aupair,,bnyk tmn2 juga uda dpt gf dri fb itu slh satu tmn aku yg uda dpt visa juga kmrin Ikhsan Rizwan dia brngkt thun dpn buln 2 ..intinya bisa kokk tapi perlu kerja kers ..Rafles Jayadi II tmn2 juga bisa tnya ke temn aku rafles dia juga kmrin da dpt gf dn sempt urus visa,satu lagi temnku skrng dia tunggu visaa .. aku lupa namanya wkwkw ntr klo ingtt pasti gw tag dia disini klian bisa tanya dia juga … Viel glück”

*

Kita boleh nggak nyoba semua cara di waktu yang bersamaan? Boleh banget. Kan kita nggak tau keberuntungan kita lewat mana. Ada yang lewat aupairworld, ada yang beruntung lewat fb, ada juga yang daftar lewat agensi Jerman, ada juga yang dari agensi Indonesia.

Biasanya, kalau agen di Indonesia akan narik uang DP dulu sebelum nyariin host family, supaya mereka menjamin kalian nggak kabur dan nggak nyoba alternatif lain setelah mereka susah payah bikin profil buat kamu dan nyariin host family yang baik buat kamu. Kalau kalian OK with that, ya ga masalah ngeluarin uang pendaftaran beberapa ratus ribu atau juta untuk agen di Indonesia. Kalau ada agen yang nggak memungut DP sama sekali dan bayar ketika sudah dapat host family, daftar aja. Seperti yang aku bilang, kita nggak tau rejeki kita lewat jalur mana, ya kan?

*

Pokoknya: USAHAKAN ke Jerman dengan biaya seminimal mungkin dan dukung penyedia kursus bahasa Jerman yang NON CAPITALIST yang nggak hanya nyari keuntungan semata, tapi jujur mengedukasi dan menyiapkan mental kalian sebelum berangkat ke Jerman.

Baca juga: Waspadai AGEN berkedok Beasiswa. Tips Bijak Memilih agen ke Jerman.

 

Jika kalian merasa terbantu, tercerahkan atau mungkin terselamatkan dari info-info yang kami tulis, kami akan sangat berterima kasih jika kalian mau sedikit berdonasi untuk denkspa. Donasi tersebut akan sangat mendukung dan memotivasi kami untuk tetap memberi info secara jujur, transparan dan fair tentang apapun di Jerman. Caranya bisa klik di sini:
*
Follow instagram: @resep.anak.rantau  

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

 

 

 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.