Penulis: Dika Puspita

Untuk kontak dengan penulis follow IG nya dengan klik: @rae8220 atau klik di sini

Setelah menjalani program Aupair, kebanyakan dari kita pasti milih buat FSJ atau kerja sosial. FSJ bisa juga sebagai jembatan kalo kamu mau Ausbildung tapi belum yakin sama kemampuan bahasa Jermanmu atau kalo kamu masih nyari buat tempat Ausbildung.

Baca juga: Seputar FSJ/BFD di Jerman

Mudah gak sih buat FSJ? Jelas rumit lah. Jerman mana mungkin gak rumit hahaha. Tapi ya itu udah jadi resiko sih ya buat tinggal di Jerman haha. Hal pertama yang dilakukan adalah cari tempat FSJ atau Einsatzstelle. (Link untuk melamar FSJ/BFD, klik di sini) FSJ untuk orang asing biasanya di tempat orang cacat, panti jompo, TK, dll. Kalo udah nemu yang buka lowongan, langsung aja ngelamar terus nanti bakal diundang untuk Vorstellung Gespräch atau wawancara. Terkadang juga dilakukan Probezeit atau periode percobaan. Kalo sudah sama-sama cocok terus lanjut ke pembuatan Vertrag atau kontrak kerja. Untuk FSJ, tidak semua tempat menyediakan Unterkunft atau tempat tinggal. Setelah selesai langsung kirim Ke ABH atau Ausländer Behörde (Kantor Imigrasi).

Dalam case aku, pihak TK tidak membutuhkan sertifikat bahasaku karena aku mampu menjawab pertanyaan dengan baik. Jadi dengan kemampuan menjawab pertanyaan, pihak pewawancara tau bagaimana kemampuan bahasa pelamar kerja. Kalo kamu mau mendaftar FSJ langsung dari Indonesia, mungkin bisa tapi aku tidak merekomendasikan. Kamu butuh penyesuaian bahasa Jerman dan memahami perbedaan cara mendidik anak di Indonesia dan Jerman. Ketika kamu sudah tau kebiasaan anak kecil di Jerman dan Indonesia, akan membuatmu lebih mudah untuk bekerja di TK. Anak kecil sangat polos dan jujur, jadi ketika kita salah mengucapkan dalam bahasa Jerman, anak-anak akan otomatis membenarkan. Tapi ada saatnya ditertawakan juga. Nah jika ini terjadi kamu harus bisa menjelaskan kalo kamu masih proses belajar bahasa Jerman. Terlepas dari itu, anak kecil mempunyai rasa penasaran yang tinggi dan kita harus menjelaskan dengan jelas. Selain itu jika anak berbuat salah atau nakal, kamu harus tegas kepada anak tersebut dan menjelaskan kenapa tidak boleh begitu. Penjelasan tersebut harus diucapkan dengan bahasa Jerman. Kosakata yang digunakan untuk kegiatan sehari-sehari bisa didapatkan dari kegiatan Aupair.

Menurut pendapatku pribadi, setinggi apapun Niveau atau level bahasa Jerman kamu, kamu masih perlu membiasakan dan menerapkan kosakata seperti aufräumen, abräumen, einräumen, abwachsen, anziehen, umziehen, ausziehen, usw (dsb.). 

Baca juga: Cara mendaftar Asuransi Kesehatan di Jerman

Untuk FSJ, tidak semua tempat FSJ menyediakan Unterkunft atau tempat tinggal. Terutama untuk FSJ di Kindergarten, mayoritas tidak menyediakan Unterkunft. Dalam case aku, aku mencari Wohnung di Marketplace di Facebook dan akhirnya aku menemukan Wohnung yang murah seharga 230€ perbulan. Sesuai dengan budget yang diberikan tempat FSJ untuk Unterkunftskostenszuschuss atau biaya tempat tinggal. Aku bisa dapat harga murah karena di Wohnung aku tidak tinggal sendirian. Aku tinggal bersama Single Mom dengan anak laki-laki usia 3 tahun. Keuntungannya aku tidak memerlukan untuk membeli peralatan baru untuk kehidupan sehari-hari karena semua sudah ada di Wohnung. Untuk biaya listrik, wifi dan kebutuhan lain aku membayar uang tambahan 50€.
Biaya tempat tinggal di Jerman kategori mahal terutama di kota besar, karena itu beberapa orang tinggal di dalam satu tempat tinggal (Apartemen). Ada beberapa jenis penyewa rumah: Hauptmieter (penyewa rumah utama), Untermieter (penyewa rumah yang membayar sewa kepada penyewa rumah utama, Nachmieter (penyewa rumah yang melanjutkan kontrak dari penyewa rumah selanjutnya). Aku sendiri merupakan Untermieter, jadi aku membayar sewa ke Hauptmieter. Untuk pencarian tempat tinggal kamu juga bisa menggunakan aplikasi Ebay Kleinanzeigen, immonet, WG-Gesucht, dsb.
Aku sendiri pernah menjumpai ada tempat FSJ yang tidak menyediakan Unterkunft tapi tidak memberikan tambahan uang untuk biaya tempat tinggal. Kalo kamu punya pacar, teman atau kerabat yang bisa untuk tinggal bersama itu lebih baik. Karena jika uang saku terlalu kecil dan tidak ada baiaya tempat tinggal, akan ada kemungkinan perpanjangan visa akan ditolak oleh ABH atau Ausländer Behörde.
Buat FSJ di beberapa tempat dibutuhkan juga Führungzeugniss atau SKCK. Kalo ngurus ini bukan ke polisi, tapi ke Rathaus atau balai kota. Pembuatan SKCK untuk FSJ gratis, tapi kalo untuk kerja atau Ausbildung bayar 13€. Setelah kamu terdaftar di asuransi kesehatan, kamu juga bakal dapetin nomor asuransi sosial. Jerman punya banyak jenis asuransi. Selain itu buat FSJ juga butuh nomor pajak. Setiap orang yang tinggal di Jerman pasti punya nomor pajak. Tapi kalo kamu belum pernah dapet, kamu bisa menghubungi pihak Finanzamt atau pihak keuangan di kota kamu. Kalo kamu single dan belum punya anak, kamu termasuk pajak kamu masuk ke kelas 1.

Baca juga: Cara membuat SKCK (Führungzeugnis di Jerman)

Baca juga: 6 Kategori Pajak Penghasilan di Jerman

Bekerja di TK membutuhkan Impfung atau vaksin. Vaksin wajib dilakukan untuk menghindari penularan penyakit terhadap anak-anak yang rawan terhadap penyakit. Untuk case aku, aku FSJ di TK normal, jadi aku butuh 2x vaksin. Sebelum aku mulai kerja aku pergi ke ASAM PRAEVENT (Institute für Arbeitssicherheit, Arbeitsmedizin, Prävention). Itu kayak lembaga kesehatan buat make sure kamu sehat jasmani dan boleh buat bekerja di tempat FSJ kamu. Bukan main Jerman. Dan ini aku sempet ngambil posternya hehe.

Di Jerman itu ada beberapa jenis TK, yaitu TK normal, Waldkindergarten (TK Hutan/Alam) dan TK untuk anak cacat. Untuk vaksin sendiri Jerman punya Impfung Nachweis / Buku Vaksin. Buku ini warnanya kuning dan di Jerman butuh banget ini buat bekerja. Kita sebagai orang Indo kan memang waktu kecil pernah di vaksin ya tapi kertasnya itu kalo di Indonesia tidak begitu diprioritaskan. Jadi mau tidak mau kalo mau kerja di TK ya harus vaksin lagi.

Di foto tertera ada beberapa vaksin. Ini aku terjemahin sesuai apa kata dokter yg waktu itu aku temui ya.
Keuchhusten : aku cuma tau husten artinya batuk
Masern : campak
Windpocken : cacar air
Polio
Hepatitis A : kalo kamu kerja di tempat orang cacat kamu butuh vaksin ini
Hepatitis B : kalo gk salah ini yg buat kerja sama anak-anak

Sekalian aku mau cerita dari pengalamanku sebagai tambahan. Visa Aupairku berlaku sampai 8 Juni 2020. Namun karena Corona, penerbangan yang tersedia terbatas sehingga pihak Ausländer Behörde (ABH) memberikan Grenzübertrittsbescheinigung yang berlaku sampai 7 September 2020. Kemudian aku menghubungi pihak ABH apakah aku masih bisa FSJ dengan Grenzübertrittsbescheinigung di tangan dan ternyata aku bisa FSJ namun tidak boleh tinggal bersama GF. Sehingga harus mencari tempat tinggal baru karena Einsatzstelle (tempat FSJ) tidak menyediakan Unterkunft (tempat tinggal). Setiap ABH memiliki kebijakan masing-masing. Case temenku, dia masih bisa stay di GF. Jadi setiap ABH gak bisa disamain.

Penulis: Dika Puspita

*
Follow instagram: @denkspa

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.