Buat kamu yang belum tau apa itu program au pair, baca dulu di artikel ini: Seputar Au Pair (5W1H)

Lalu prosedur untuk mendaftar au pair secara mandiri, serta langkah-langkah yang bisa kamu tempuh: Prosedur mendaftar au pair secara mandiri

Tau nggak sih, kalau banyak au pair dan Ex-Au pair di Jerman tuh ngedapetin dan kenalan sama host fam mereka nggak lewat website pencarian au pair/host fam? Tapi melalui facebook?. Kesannya scamming dan ga official banget, tapi nyatanya banyak dari mereka yang dapet keluarga baik, dan berhasil ke Jerman. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan host family di Jerman:

  1. Lewat Website
  • Webite yang paling terkenal dan banyak banegt yang dapetin Host Fam dari sini: www.aupairworld.com. Tapi biasanya cowok susah banget dapetin Host Fam dari website ini karena mesin pencarian mereka menyeleksi jenis kelamin perempuan saja. Ada juga yang berhasil dengan cara mengisi kolom jenis kelamin menjadi perempuan. Buat kamu yang belum berhasil dari website di atas, tenang aja. Ada banyak website yang bisa kamu coba, diantaranya:
  • https://www.aupair.com/
  • Greataupair. com

Kamu juga bisa baca rangkuman website au pair yang telah ditulis oleh Kak Tessa di Link ini: Daftar Situs Au Pair selain Au Pair world

!!Penting: Jika kamu mencoba cara melalui website, hal yang paling menentukan apakah kamu cepet dapet atau nggak adalah profil dan foto kamu. Buatlah profil au pair semenarik mungkin dan foto bersama anak-anak.

Lalu jangan nyepamm dengan kirim puluhan pesan dalam satu hari, nanti bisa-bisa kamu diblokir.

Tunggu balasan sambil perbaharui terus profil kamu.

2. Grup Facebook
  • Melalui Grup Fb Au Pair Deutschland. Setiap harinya ada banyak au pair dan host family yang join di grup ini. 

 

Selain grup ini, ada PULUHAN Grup yang bisa kamu ikutin. Kamu tinggal ketik aja di pencarian: Au Pair Germany atau Au Pair Deutschland. Nanti pasti bakal muncul banyak grup yang terkait, mulai dari kumpulan au pair, au pair yang mau ganti host family, au pair di beberapa negara bagian (Stuttgart, München, Niedersachsen, dsb)

!!!Paling penting: 

Jika kamu mencoba cara lewat grup-grup Facebook ini, kamu kudu lebih berani, dan ga malu-malu. Biasanya host fam yang ada di grup mencari au pair yang sudah punya Termin di Kedubes. Host Fam yang nyari au pair di sini, sama seperti kita yang nyari mereka, maunya cepet-cepet dan kemampuan bahasa kalian udah kudu mumpuni (paling nggak udah pernah belajar A1).

Rajin cek dan tanya lewat dm. Kalau ada postingan au pair lain yang menarik dan banyak host fam yang tertarik, kalian bisa juga japri ke mereka untuk tanya.

Super penting!!!

Sebelum kalian kontak dan tanya-tanya, ada baiknya kalian sudah menyiapkan profil au pair yang sangat menarik. Kalian bisa membuatnya sendiri di canva.com atau di word dan jangan kirim pesan tanpa membekali diri dengan profil. Supaya host fam bisa langsung ngecek profil kalian. Profil bisa kalian buat dalam Bahasa Inggris atau Jerman.

Jika kalian butuh bantuan untuk cek profil atau grammar dalam bahasa Jerman, kalian bisa hubungi konsultan Denkspa di Instagram @denkspa.

3. Melalui Agen Jerman (Gratis)

Jika agen di Indonesia mahal sekali, mending jangan mau ikutin program au pair. Karena program au pair ini sebenarnya program tukar budaya bukan penyaluran tenaga kerja. Kalian pun ga dapat gaji, tapi hanya uang saku! Dan itu pun ga banyak untuk hidup di Jerman, hanya 280 Euro saja per bulan 8Sedangkan gaji normal orang Jerman adalah 10 kali lipatnya)

Lebih baik cari agen Jerman langsung dan gratis.

Nah, bagaimana cara kita tau agen di Jerman? Gampang banget. Kalian bisa google aja: Au Pair Agentur in Deutschland. Atau bisa juga lihat di List agensinya Dr. Walter.

Klik di sini buat tau list nya!

Selain itu, kalian juga bisa cek di link-link di bawah ini:

Au pair Vermittlung

/www.au-pair-agenturen.de

https://www.aupairzentrale.de/

Baca juga: Daftar Au pair di Jerman? Ini Link dan Rincian biayanya!

Penting: 

Jika kalian memutuskan untuk menggunakan agen di jerman, biasanya mereka akan menyuruh kalian mengisi banyak form dalam bahasa Jerman. KEMAMPUAN BAHASA kalian juga penting untuk korespondensi, kecuali mereka mau berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Jika kalian mengalami kesulitan dan butuh konsultasi (berbayar), kalian bisa hubungi konsultan au pair di Instagram @denkspa untuk pengarahan dan prosedurnya. Namun, kalian bisa kok mencoba semuanya sendiri.

4. Melalui Kenalan

Kenalan yang dimaksud di sini adalah kenalan au pair Indonesia yang sudah berada di Jerman. Biasanya Host Family yang sudah cocok dengan orang Indonesia, akan mencari au pair pengganti orang Indonesia juga. Dan au pair Indo yang sudah di sana di suruh mencarikan pengganti. Nah, kalian bisa tuh approach mereka dengan ngirimin profil yang sudah kalian buat.

Selain itu, au pair Indonesia biasanya punya banyak kawan dan komunitas sesama au pair juga. Bisa banget tuh terkoneksi ke mereka barangkali mereka butuh pengganti, ya kan? Dulu, aku pun mencarikan beberapa host fam nya temenku yang butuh pengganti orang Indonesia juga.

Penting!!

Biasanya orang Indonesia yang sudah ada di Jerman tuh sibuk, jarang punya waktu, jadi harap sabar jika tidak direspons. Ada buanyak kok au pair Indonesia di Jerman, jadi follow aja mereka di Ig dan jangan langsung to the point minta cariin host fam. Basa basi dulu kek beberapa lama dan ikutin IGStory nya, tahu apa yang mereka suka dan life style nya. Trus mungkin memohon dengan sopan.

!!Ga semua orang Indonesia yang udah di Jerman mau bantu kamu! Biasanya mereka enggan bantu kalau kamu resek dan maksa. Jadi, cari celahnya supaya kalian bisa berteman dulu baru minta bantuan.

5. Pantengin Grup AFA

Grup Fb AFA Germany adalah Grup kumpulan Au Pair dan Ex Au Pair Indonesia yang sudah ada di Jerman. Jadi, wajib banget buat kalian gabung di Grup ini.

Biasanya Au pair Indonesia yang membutuhkan pengganti akan posting di sana. Kalian juga bisa approach kakak-kakak FSJ yang dulu juga pernah au pair. Siapa tahu ada yang peduli dan mau bantuin nyari GF.

Penting!!!

Sebelum kalian approach au pair yang lagi nyari pengganti, mungkin ada baiknya kalian bikin profil yang menarik dan foto bersama anak-anak. Bahasa Jerman juga semakin ditingkatkan.

6. Lewat Koneksi

Biasanya influencer, youtuber dan blogger yang ngasih info seputar Jerman bakal punya banyak followers yang based nya di Jerman. Mereka biasanya juga dimintai tolong au pair atau FSJ-ler atau azubi untuk urusan birokrasi dsb. Nah, kalian bisa juga follow mereka dan cari tahu apakah ada au pair atau mantan au pair yang lagi nyari pengganti. Biasanya di Instagram @denkspa juga banyak yang minta tolong admin buat postingin host Fam mereka yang minta pengganti au pair di Jerman.

Penting!!

Biasanya akun atau influencer tsb hanyalah sarana koneksi antara au pair dan calon au pair. Jadi kalian jangan ngirim profil atau tanya-tanya ke akun yang bersangkutan. Langsung aja ke au pair yang membutuhkan. Biasanya sih siapa cepat dia dapat, jadi kudu pantengin akun mereka ya.

*

Nah gimana? Udah siap buat bikin profil dan nyari host family? Tips yang utama jika kalian mau ke Jerman adalah belajar Bahasa Jerman. Carilah lembaga kursus yang harganya terjangkau, tapi juga menawarkan konsultasi program-program ke Jerman.

Jika kalian butuh info kursus Bahasa Jerman, silakan Follow IG @denkspa dan ikuti terus promo menarik di sana. 🙂

Follow dan Like facebook fanspage denkspa untuk mengapresiasi kerja aku sebagai blogger yang menyediakan informasi akurat seputar kehidupan au pair, fsj, azubi, mahasiswa dan pekerja di Jerman. Untuk itu, aku akan sangat berterima kasih kepada kalian.

Follow instagram: @denkspa

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *