Terlepas dari gejolak perdebatan antara azubi dibawa agen yang gagal dan mendapat masalah di Jerman serta respon yang baik-baik saja dari beberapa azubi yang berhasil, aku berusaha bersikap netral dan menampilkan data sebenarnya yang aku peroleh dari hasil survey tanpa menambahkan sedikitpun opini aku di dalamnya.

Sebanyak 41,7% peserta survey (10 orang) TIDAK MENYARANKAN  untuk datang ke Jerman melalui agen

8,3 % atau 2 orang menjawab jika tidak bisa datang sendiri, bisa juga menggunakan agen

1 orang menjawab sebaiknya TIDAK (yang artinya jawaban ini digabung dengan jawaban pertama >TIDAK menyarankan

1 orang lainnya menjawab: saya menyarankan supaya mencari secara mandiri

1 orang menjawab: jika bahasa belum bagus sebaiknya jangan berangkat

1 orang menjawab: silakan jika sanggup menerima resiko yang akan dihadapi

2 orang menjawab antara ya dan tidak atau 50:50

Artikel ini adalah murni testimoni dari para azubi yang datang ke Jerman melalui agen dan tidak ada sangkut pautnya dengan opini yang aku buat. Informasi yang aku salurkan di sini adalah 100% kata mereka dan tidak ada satu kata pun yang aku tambahkan untuk membuat agen terlihat baik atau pun buruk. Semoga artikel ini membantu mencerahkan kita dan membuat kita berpikir lebih jauh.
Untuk artikel berikutnya, aku akan membahas hasil survey azubi di Jerman melalui agen tentang tantangan terberat mereka saat menjadi azubi di Jerman dan mungkin kalian bisa belajar mengatasi bahkan sebelum datang ke Jerman
***
Klik Forum di sini. Registrasi dan ingat password kalian, kemudian klik ‘HOME’ >> ‘PILIH DISKUSI’ >> NEW TOPIC. Dengan menggunakan fasilitas forum ini, pertanyaan dan jawaban kalian akan terkunci dan mungkin akan berguna bagi siapa pun yang ingin mencari pertanyaan serupa, jadi tanpa perlu menjawab berulang-ulang, pertanyaan dan jawaban dapat diakses dengan mudah.
*
*

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.