Sekarang jalan-jalan ke luar negeri sudah bukan lagi hal yang wow. Bisnis menawarkan jasa traveling atau penginapan semakin menjamur dan juga nggak ada matinya. Bukan hanya hotel berbintang yang bisa meraup keuntungan, saat ini, kita bisa memanfaatkan salah satu kamar di apartemen atau rumah kita untuk di alokasikan menjadi uang. Caranya? Sangat mudah.

Jika kalian tinggal di Indonesia:

a. Kalian punya satu atau lebih kamar, vila, maupun apartemen untuk disewakan atau dimanfaatkan sebagai B&B, daftar di Booking.com adalah solusinya . B&B adalah semacam penginapan non-hotel yang dikelola oleh pemilik rumah. Jadi setengah rumah setengah penginapan. Jadi, kalian bisa tetap tinggal di rumah itu dan mendapatkan tamu yang menginap dan kalian mendapatkan keuntungan dari sewa harian.

b. Terlebih jika kalian tinggal di daerah wisata yang banyak dikunjungi turis baik lokal maupun mancanegara, siapkan B&B mu!

c. Atur kamar dan fasilitas yang akan kalian berikan supaya tamu menjadi nyaman dan merekomendasikan kamar kalian dengan memberi referensi yang bagus di platform online booking.com, Misalnya:

  •  Dengan menata tempat tidur serapi, sebersih dan senyaman mungkin,
  •  Dengan memberikan welcome-pack, yakni paket selamat datang (ini tak wajib) tapi pengunjung akan suka jika diberi hadiah kecil saat kedatangan (misalnya kantong berisi jajanan khas dan city guide)
  •  Dengan memberikan fasilitas sebaik mungkin
  •  Dengan memberikan informasi yang mereka butuhkan,
  •  Mungkin dengan tawaran sarapan atau makan malam (tergantung harga yang kalian patok)

Banyak sekali wisatawan yang memilih untuk menginap di B&B ketimbang di hotel. Mengapa? Karena di hotel kita tidak bisa berkenalan dan berkomunikasi dengan pemiliknya, namun di B&B, karena tinggal serumah dengan pemiliknya, mereka bisa tanya-tanya, mungkin tanya-tanya tentang wisata apa yang paling bagus untuk dikunjungi, orang lokal biasanya ke mana kalau akhir pekan, plus mereka juga bisa berkenalan dengan orang lokal.

d. Jika kalian suka bertemu orang baru dan beramah tamah atau menjamu tamu, bisnis ini adalah bisnis yang pas banget buat kalian.

Jika kalian tinggal di Jerman atau Eropa?

Ini agak tricky karena kalian harus meminta ijin kepada Landlord apakah kalian boleh menyewakan apartemen yang kalian tinggali sekarang. Ada yang mengijinkan ada yang tidak dan juga tergantung kebijakan pemerintah di masing-masing Bundesland (negara bagian), jadi kalian harus bertanya dulu sebelum memasang property yang kalian punya. Seperti di Hamburg misalnya, hanya kalau tidak ada ijin, kalian bisa dapat masalah. Seperti di Hamburg misalnya, sekalipun itu apartemen milik sendiri, kita tidak bisa berbuat sesuka hati, jika ingin menyewakan untuk b&b, kita wajib registrasi pajak dan usaha penginapan. Namun, jika disewakan untuk jangka panjang, bisa tanpa registrasi. Jadi, dari pada mendapat masalah, lebih baik kita bertanya dan membaca peraturannya terlebih dahulu.

Jika semua perijinan sudah siap,

Langkah menyewakan kamar:

1. Jika kalian sudah mempertimbangkan kamar untuk disewa dan sudah tidak sabar untuk menerima tamu, ambil foto dari kamar dan fasilitas yang akan disewakan (misal, kamar, dapur, kamar mandi) lalu,

2. Daftar ke plattform yang paling mendunia saat ini: Booking.com. Kalian tinggal klik gambar di bawah ini untuk mendaftar

Jika kalian daftar langsung dari booking.com, juga bisa namun, mereka akan langsung charge biaya sewa dari tamu pertama yang menyewa tempat kalian. Jadi, lebih baik daftar dari link ini.

3. Booking.com akan menarik biaya dari harga sewa yang kalian tentukan, 10-25% tergantung lokasi tempat property kalian dipasang. Jadi pertimbangkan baik-baik untuk menentukan biaya sewa per malam. Kalian bisa juga mengecek berapa harga sewa yang ditawarkan orang lain di daerah yang sama, lalu tawarkan harga yang rasional.

4. Jika kalian mendaftar lewat situs ini, aku akan mendapatkan sedikit komisi dari booking.com dan kalian juga mendapat keuntungan, yakni: booking.com tidak menarik biaya dari harga sewa per malam sampai 5 tamu. Jadi, tamu pertama sampai ke 5, kalian akan mendapatkan harga sewa utuh tanpa ditarik booking.com 10-25%. Dan 5 tamu pertama ini penting untuk mempromosikan betapa nyamannya penawaran yang kalian berikan. Jadi, berikanlah pelayanan yang maksimal.

5. Isi formulir, pasang harga, pasang foto dan tunggu tamu datang. Setelah semua beres, booking.com berhak mem-verifikasi tampilan property kalian, apakah layak atau masih harus diperbaiki listingnya. Setelah semua beres dan penawaran kalian muncul di booking.com, paling tidak kalian harus menerima tamu dalam kurun waktu tiga bulan supaya penawaran kalian di tamu pertama sampai ke 5 itu tidak kena charge, lebih dari kurun waktu itu, booking.com akan tetap menarik 10-25% dari harga sewa yang kalian tetapkan. (Penting di sini : Tamu yang check in bukan saudara atau orang yang kalian kenal, karena pihak booking.com akan tau)

6. Ayo, tunggu apalagi, ada jutaan orang yang travel tiap harinya dan butuh penginapan murah. Coba tawarkan kamar kalian dan dapatkan manfaatnya!

*

Booking.com adalah platform internasional, jadi penawaran yang kalian pasang dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, akan otomatis ditampilkan dengan bahasa pencari kamar (tamu), jadi kalian nggak perlu khawatir akan terbatasnya tamu yang datang.

Punya saudara, kerabat, teman yang mungkin tertarik menyewakan kamarnya? Share artikel ini!

Ingin berpergian dan mencari penginapan? Klik gambar di bawah ini dan cari penginapan di seluruh penjuru dunia.

.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.