Aku akui sih kalau makanan orang Jerman itu bukan hanaýa plain alias hambar tapi plain buangetttt. Hhehhe.

Terus terang, tinggal di Jerman bertahun-tahun membuatku sadar bahwa orang Jerman tuh sedikit banget yang passionnya makan. Nggak kayak orang Indonesia yang kalau kumpul-kumpul bawaannya makan atau masak, orang Jerman, paling minum kopi sambil makan kue itu udah maksimal banget. Meskipun demikian, ada juga kok chanel-chanel TV tentang masak memasak, dan keuntungannya buat orang Jerman sendiri, karena produk makanan mereka yang rasanya ga kemana-mana itu (ups), menjadikan orang Jerman lebih terbuka terhadap makanan-makanan asing. Buktinya, ada banyak sekali restoran Asia, Afrika, dan Amerika yang bertebaran di Jerman. Ini juga salah satu hal yang aku sukai dari tinggal di Jerman: bisa bertandang ke berbagai restoran mancanegara sesuka hati kita.

Nah, iseng-iseng beberapa waktu yang lalu, aku bertanya lewat instagram story kepada teman-teman maupun follower yang tinggal di Jerman: Makanan Jerman apa yang menurut mereka paling cocok di lidah orang Indonesia? Ini dia jawabannya:

  1. Schnitzel

Schnitzel ini semacam daging filet yang digoreng pakai tepung panir, disajikan dengan kentang goreng, saos, dan salat. Meski makanan ini terkenal banget di Jerman, namun Schnitzel sebenarnya bukan berasal dari Jerman melainkan dari AUSTRIA.

Dulu asal makanan ini merupakan daging sapi muda yang digoreng tepung, tapi saat ini sudah banyak dimodifikasi, ada yang pakai ayam maupun babi. Jadi jika kalian nggak makan babi, pastikan tanya dulu saat pesan.

© Rkolarsky~commonswiki
2. Sauerkraut

Ada banyak teman di instagram yang menjawab sauerkraut. Aku pribadi kurang suka dengan fermentasi kubis yang asamnya minta ampun ini. Namun, kalau dimakan sama yang lain sih, oke lah.

sauerkraut itu kalau diterjemahkan: asinan kubis. Biasanya dimakan dengan sosis atau daging.
3. Currywurst
banyak sekali penjual currywurst asongan yang nggak mahal. Ini juga alternatif santap siang yang singkat di sela-sela trip kita.

Yup, kalau ini makanan khas Berlin banget. Yang mau ke Berlin, harus nyoba makanan yang satu ini. Tapi kalau kalian nggak makan babi, tanya ke penjualnya apakah mereka menyediakan geflugelwurst (sosis dari unggas).

4. Kartofelpuffer atau Reibekuchen mit Apfelmus

Kartofelpuffer itu adalah perkedel kentang, namun jangan dibayangkan kayak perkedel kentangnya Indonesia, puffer ini kentangnya diparut kasar lalu dikasih tepung dikit dan garam dikit lalu digoreng. Nah makannya pakai apfelmus yakni saus apel yang agak asam manis. Awal nyoba makanan ini kayak aneh gitu kan kita nggak makan kentang pakai selai, tapi lama kelamaan suka juga perpaduan saus apel dan gurihnya kentang jadi satu. Kalian bisa pesan ini untuk dessert. Nama lain dari kartofelpuffer itu adalah reibekuchen.

5. Rouladen

Seperti roulade atau daging gulung, rupanya daging gukung ini makanan asli Jerman yang rasanya jika dibandingkan dengan hidangan lainnya, cukup berwarna-warni. Maaf banget nih, ya, makanan Jerman tuh biasanya satu rasa, kalau asin ya asin doank, manis manis doank. Namun Rouladen ini cukup kaya rasa dan gurih. Bikinnya pun cukup susah ketimbang bikin snitzel, currywurst atau kartofelpuffer. Kalau kalian ke Jerman dan ingin mencoba masakan asli yang kaya rasa, silakan pesan Rouladen.

6. Gulasch
Yang bulat-bulat kuning itu Knödeln, yakni kentang rebus yang terbuat dari kentang lengket, jadi hasilnya kenyal gitu (ada juga yang mention bahwa Knödel merupakan salah satu makanan Jerman yang cocok di lidahnya).

Sudah aku tebak, pasti banyak teman Instagram yang memilih Gulasch karena memang semur daging ini rasanya enak. Tapi eittsss, sebenarnya Gulasch ini juga bukan masakan asli Jerman, melainkan HUNGARIA. Namun, kita bisa menjumpainya di banyak restoran Jerman. Rasanya mirip-mirip rendang tapi rendang masih kaya rempah sih, kalau gulasch kaya paprika dan bawang bombay. :). Gulasch ini biasanya dihidangkan sebagai hidangan pembuka alias sup, jadi porsinya kecil, aku biasa makan pakai roti mini (brotchen) atau kentang. Tapi kita biasanya juga bisa pesan menu gede.

*Punya pengalaman menarik dan Tips seputar Traveling? Daripada foto-foto nganggur dan dipajang di Instagram doank, bagikan infonya supaya banyak orang yang mendapat manfaatnya. Denkspa menerima tulisan traveling seputar Jerman dan Eropa yang berisi tips-tips dan info. Kalian akan dapat komisi dari pengiriman tulisan tersebut. Untuk info selengkapnya, klik di sini.*
7. Blätterteigpastete
© Marco Verch, Flickr under the licence of creative common

Ini adalah sejenis kudapan berupa teig (adonan tepung roti) yang dibentuk sedemikian rupa diisi sayur atau daging. Rasanya mirip pastel gitu lah. Worth it banget buat dicoba.

8. Senfeier

Senfeier ini adalah telur rebus yang dimasak pakai mustard. Rasanya agak pedas dari mustard dan gurih dari telur.

Source: Youtube
9. Weißwurst&Bretzel
Sosis putih rebus yang dimakan pakai mustard manis dan roti kepang ini merupakan tipikal sarapan orang Bavaria

Aku dulu sering banget makan hidangan ini saat masih au pair, maklum, karena tinggalnya di München. Tapi aku suka banget rasanya. Awal makan roti kepang yang alot dan asin itu, aku mikir: ini produk gagal dijual juga. Wkkkkk. Lama-kelamaan suka juga.

10. Spargel mit hollandaise sauce
Asparagus rebus yang dimakan dengan saus ala belanda dan kentang serta daging (opsional)

Nah, kalau kalian tinggal di Jerman atau pas kebetulan melancong ke Jerman, jangan lewatkan mencoba dari salah satu hidangan di atas ya. Masa’ iya mampir ke Jerman makannya cuma Döner (kebab) yang dibawa oleh orang Turki atau Spagetti dan Pizza Italia mulu. :).

Kemana Destinasi kalian selanjutnya?

Baca juga: Tips Mencari Tiket dan Penginapan Murah di Eropa

Jika kalian ingin booking hotel melalui booking.com, aku harap kalian bisa klik banner di bawah ini atau ketik destinasi wisata kalian di bawah artikel ini (di platform booking.com) dengan begitu, aku akan mendapat sedikit komisi dari tips yang aku berikan kepada kalian tanpa membuat harga yang kalian bayarkan menjadi lebih mahal. Terima kasih atas dukungannya dengan klik dari website ini.

.

Punya rumah, villa, kamar atau apartemen untuk disewakan atau dibuat penginapan? Daftarkan di booking.com dengan klik gambar di bawah ini.

***
*
Follow instagram: @resep.anak.rantau  

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

Comments

  1. Currywurst cocok banget di lidah asia 😀 . 6 thn lalu jalan2 sama keluarga asal Indonesia, mereka pada suka currywurst, sangking sukanya, kita makan itu selama 5 hari di Berlin haha. Btw sudah 3 bulan di Indonesia, aku jadi kangen masakan Jerman 😉 .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.