Hamburg? Munchen? Berlin? Mungkin sudah biasa kita dengar sebagai kota-kota besar dari Negara Jerman. Tapi apakah kamu pernah dengar Kota Rostock? Kota Rostock ini bisa jadi tempat yang menarik untuk dikunjungi saat  kita melancong ke Jerman loh. Kota Rostock merupakan kota terbesar di Mecklenburg Vorpommern, Jerman bagian Utara. Dia berada di aliran Sungai Warnow-Warnemunde, dan karena letak kotanya dipisahkan dengan Sungai Warnow, maka penduduk setempat memberi nama Kota ini Rostock yang berarti mengalir terpisah yang diambil dari Bahasa Portugal Roz Toc.

Jika kamu sedang berada di Hamburg, mungkin nggak ada salahnya untuk mampir ke Rosctock. Kereta api yang membawa penumpang ke Rostock beroperasi tiap jam. Kamu bisa membeli Mecklenburg Vorpommern ticket seharga 23 euro yang bisa digunakan untuk berkeliling seharian dan balik lagi ke Hamburg di hari yang sama. Namun jika kamu hendak mengunjungi Rostock, aku sarankan beramai-ramai. Mengapa? Bukan karena di sana nggak aman, tapi tiket grup akan jauh lebih murah.

Jika seorang diri, kita harus bayar 23 euro untuk naik kereta kelas 2 (ekonomi), jika kita bawa satu penumpang dewasa lagi, hanya perlu menambahkan 3 euro saja, jadi berdua hanya 27, bertiga: 31 euro, dst sampai 5 orang maksimal. Tiket ini juga bisa bawa anak-anak di bawah usia 15 tahun (dengan syarat anak atau cucunya sendiri). Jadi buat sekeluarga hemat banget kan?

Kalau kamu kebetulan ga punya partner buat mengunjungi Rostock, aku sarankan pakai bus saja, dengan resiko lebih lama di perjalanan (sekitar 3 jam). Cek harga dan booking online bus di sini

Cek Harga kereta di sini: Deutsche Bahn

Nah, setelah sampai Rostock, objek wisata di bawah ini bisa jadi alternatif buat dikunjungi:

  1. Rostock Zoo (Kebun Binatang Rostock)

Kebun Binatang satu ini sangat unik, dia memiliki sejarah yang sangat panjang. Kebun binatang Rostock dibangun pada tahun 1899 dan sudah melalui banyak kejadian yang menyebabkannya harus direnovasi berkali-kali. Awalnya kebun binatang ini didedikasikan untuk tempat penakaran berbagai jenis Rusa dan Babi. Namun saat ini kebun binatang sudah memiliki banyak sekali  hewan-hewan untuk dilihat dan juga sebagai tempat penakaran Beruang Kutub yang saat ini terancam punah. Dan yang lebih hebatnya lagi pada 8 September 2012, di area Kebun Binatang Rostock dibangun sebuah museum yang sangat besar yang bernama Darwineum, yang dapat menambah wawasan kita. Menurutku, meskipun kamu bukanlah seorang penganut paham Darwin, namun museum ini tetap wajib kita kunjung karena berisikan:

© Sumwiki
  1. Eksposisi interaktif keanekaragaman hayati di muka bumi serta evolusi di baliknya, dimulai dengan Big Bang dan penciptaan Alam Semesta yang Dapat Diobservasi.
  2. Tema Box dengan fosil hidup, akuarium dan karang, Kuda laut dan tangki melingkar terbesar di Jerman untuk ubur-ubur.
  3. museum ini juga merupakan Pusat Pameran Tropenhalle, pameran tropis seluas 4.000 m² dengan Owa, Gorila, Orangutan, dan Monyet De Brazza, serta pameran yang menunjukkan evolusi budaya Manusia

Baca juga: 10 Objek Wisata Yang Wajib di Kunjungi di Hamburg

  1. Warnemünde Lighthouse (Mercusuar Warnemünde)

Mercusuar Warnemünde adalah mercusuar yang terletak di muara sungai Warnow di Warnemünde, sebuah distrik di wilayah Rostock. Mercusuar ini memiliki ketinggian 36,9 meter (121 kaki) dan mulai digunakan pada tahun 1898.  Setiap tahun terdapat sebuah acara yang diadakan secara besar-besaran yaitu “The lighthouse “in flames”” yakni dimana mercusuar akan mengeluarkan cahaya laser Indah yang sangat Romantis.  Hmmm, jadi pengen ke sana kan?

Coast Lighthouse Warnemünde Baltic Sea
  1. Karl’s Adventure Village Rovershagen

Wah, kali ini kita akan membahas tentang sebuah desa yang sangat indah dan saat berlibur di tempat ini jangan khawatir dengan kelaparan karena hal itu tidak akan terjadi. Tempat ini sebenarnya adalah pasar petani yang menawarkan berbagai produk lokal. Setiap tahunnya akan diadakan acara musiman yang menarik dan keren. Seperti panen strawberi, pasar labu, labirin jagung. Lalu pada musim dingin, ada acara membuat patung es yang luar biasa dan ada juga gelanggang es seluas 400 m².

© Norbert Kaiser

Di desa ini juga terdapat taman untuk anak-anak, mereka dapat bermain dan berlari sepanjang hari. Taman ini memiliki wahana traktor, ‘cowshed terbang’, taman bermain petualangan, peternakan anak-anak, pertunjukkan hewan harian di arena langsung, taman kupu-kupu dengan lebih dari 200 penduduk tropis, sirkuit Bobby Car, pengawal tiup, dan taman bermain Cap’n Karl dengan slide, bingkai pendakian, lubang bola dan banyak lagi. Lalu untuk orang dewasa juga ada hal yang bisa di lakukan, yaitu mendaki di dalam ruangan dengan 14 rute pendakian dengan dua tingkat kesulitan yang berbeda. Bagaimana seru sekali ya?

*Punya pengalaman menarik dan Tips seputar Traveling seperti ini? Daripada foto-foto nganggur dan dipajang di Instagram doank, bagikan infonya supaya banyak orang yang mendapat manfaatnya. Denkspa menerima tulisan traveling seputar Jerman dan Eropa yang berisi tips-tips dan info. Kalian akan dapat komisi dari pengiriman tulisan tersebut. Untuk info selengkapnya, klik di sini.*
  1. Alter Strom

Selanjutnya kita akan membahas sebuah kawasan di sepanjang Sungai Warnow yang sangat wajib untuk dikunjungi. Menurutku ini adalah daerah inti dari Kota Rostock. Di sepanjang sungai  ini penuh dengan perahu-perahu yang di parkir dengan rapi. Di jalanannya, terdapat berbagai toko yang menjual berbagai oleh-oleh untuk wisatawan. Selain itu saat malam hari kamu akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa, yang mana lampu-lampu jalan akan dipantulkan oleh permukaan air sungai, sangat cocok untuk jalan-jalan romantis dengan orang tercinta bukan?.

© Wikipedia Canal
  1. Doberan Münster

Kali ini adalah Gereja, Doberan Minster adalah Gereja Lutheran utama Bad Doberan di Mecklenburg, Jerman, dan merupakan warisan agama paling penting dari Rute Eropa Brick Gothic. Sebagai salah satu gejera tua di Jerman, gereja ini memiliki banyak sejarah. Tidak ada biara Cistercian lain di Eropa yang dapat mengklaim sejumlah besar interior asli yang tersisa. Di antara harta adalah altar utama yang merupakan altar bersayap tertua dalam sejarah seni, altar salib monumental dan makam Ratu Denmark Margarete Sambiria. Jadi bagi kamu yang suka wisata sejarah, tempat ini wajib untuk kamu kunjungi.

© Larry Myhre
  1. 2003 World Holticultural

Awal dari tempat ini adalah sebuah proyek, di mana pengembangnya ini membuat sebuah tempat untuk tanaman seluruh dunia, terdapat 30 negara yang berpartisipasi dalam proyek ini. Namun setelah poyek ini selesai tercetuslah ide untuk membuat bangunan permanen untuk proyek ini. Di dalamnya terdapat pameran tumbuhan dan peningkatan infrastukture. Dan dapat dikunjungi mulai jam 10 pagi hingga jam  4 sore setiap harinya.

©Wiki.common (Schwiwago)

 

  1. Mary’s Church Rostock

Sejujurnya, St. Mary’s Chunch adalah gereja yang umum di German, bahkan hampir di setiap kota di Jerman terdapat bangunan gereja dengan desain dan nama yang sama. Namun,  Gereja St. Mary, Rostock, di Marienkirche Jerman, adalah yang terbesar dari tiga gereja kota yang ditemukan di kota Hanseatic, Rostock, di Jerman utara. Dua lainnya adalah Santo Petrus dan Santo Nikolas. Yang keempat, St. James’, yang rusak berat selama Perang Dunia Kedua dan kemudian dihancurkan.

© Flickr upload bot
  1. Rostock Heath

Rostock Heath adalah salah satu dari lima hutan rakyat terbesar di Jerman, dengan luas wilayah 6.000 hektar dan dibangun sejak 1252. Dengan besarnya wilayah yang ada, pastinya juga terdapat banyak tumbuhan dan hewan yang tinggal di dalamnya. Dan juga dengan banyaknya keanekaragamaan hayati tempat ini juga di tetapkan sebagai cagar alam terbesar ke tiga dan diberikan sebutan “total reserves”. Selain untuk memulihkan ekosistem hutan kota ini juga dapat digunakan sebagai pemulih kesehatan wisatawan yang datang di hutan ini.

© Creative Commons
9. Gedenkstätte Revolutionärer Matrosen

Jika kamu penyuka wisata sejarah, monumen sekaligus museum untuk memperingati pelaut di jaman perang dunia ini akan menarik sekali untuk dikunjungi.

  1. Teepott Warnemunde

Teepott adalah tengara di distrik Warnemünde dari Rostock, yang atapnya dirancang oleh insinyur sipil Ulrich Müther dan restorannya oleh arsitek Erich Kaufmann. Rotunda tiga lantai dibangun pada tahun 1968 dan merupakan contoh arsitektur Hyparschalen yang menonjol. Teepott terletak di dekat pintu masuk pelabuhan di sebelah mercusuar di kawasan pejalan kaki danau Warnemünde. (wikipedia)

 

 

Tips berkunjung ke Rostock:

* Seperti banyak kota di belahan Jerman bagian utara lainnya, Rostock juga merupakan kota  yang sering diguyur hujan dan berangin, jadi meskipun musim panas menyengat, jangan lupa bawa jaket kalau bisa jas hujan

*Membawa payung bukan ide yng bagus karena payungku rusak saat seminar di Rostock diterpa angin kala itu. Jadi mending jas hujan atau jaket anti angin,

*Jika berwisata bersama keluarga dan anak-anak, paling enak dan nyaman berkendara pakai kereta api, selain itu lebih hemat daripada menggunakan mobil pribadi (jika hanya satu hari saja)

* Jika berencana untuk stay di Rostock lebih dari satu hari di Rostock, pastikan mengunjungi kota bukan di hari Minggu karena pusat perbelanjaan akan tutup semua dan ga asik untuk jalan-jalan jika semua toko tutup. Mending hari minggunya ke kebun binatang atau ke Desa Rovershagen, atau melihat mercusuar,

*Pastikan cek jadwal kereta dan prakiraan cuaca

*Selamat menikmati Kota Rostock!! :)*

Kemana Destinasi kalian selanjutnya?

Baca juga: Tips Mencari Tiket dan Penginapan Murah di Eropa

Jika kalian ingin booking hotel melalui booking.com, aku harap kalian bisa klik banner di bawah ini atau ketik destinasi wisata kalian di bawah artikel ini (di platform booking.com) dengan begitu, aku akan mendapat sedikit komisi dari tips yang aku berikan kepada kalian tanpa membuat harga yang kalian bayarkan menjadi lebih mahal. Terima kasih atas dukungannya dengan klik dari website ini.

.

Punya rumah, villa, kamar atau apartemen untuk disewakan atau dibuat penginapan? Daftarkan di booking.com dengan klik gambar di bawah ini.

***
*
Follow instagram: @resep.anak.rantau  
Follow instagram: @maharanisyandra

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.