Sekalipun aku sudah pernah menulis topik serupa tentang Asuransi Kesehatan di Jerman, masih banyak juga email yang masuk seputar cara mendaftar asuransi kesehatan di Jerman.

Baiklah, di artikel ini, aku akan bagikan beberapa tips dan cara mendaftar asuransi kesehatan di Jerman yang sebenarnya gampang banget untuk dilakukan.

Sebelumnya, baca dulu: Asuransi Kesehatan di Jerman: Gesetzliche dan Privat

Kalian mau datang ke Jerman sebagai apa?

  •  Au apair: Asuransi kesehatan untuk au pair biasanya sudah diorganisir oleh host family, biaya per bulannya sekitar 45-60 euro. Kalian yang datang ke Jerman sebagai au pair, tidak perlu lagi repot-repot daftar askes.
  •  FSJ. Kalian datang langsung dari Indonesia atau sudah di Jerman? Jika masih di Indonesia, biasanya Träger sudah mengorganisir semua keperluan persyaratan pengajuan Visa, termasuk askes. Namun, jika tidak, kalian bisa mendaftar askes sementara sampai tiba di Jerman dan daftar askes asli. Askes ini berupa asuransi perjalanan. Cara daftarnya: Cara membuat Asuransi Perjalanan sebagai syarat pengajuan Visa ke Jerman .
  •  Jika kalian Ausbildung langsung dari Agen, pastinya agen sudah mengorganisir, yang ausbildung langsung dari Jerman, kalian bisa memperpanjang Askes saat FSJ dengan mengganti arbeitsgeber saja.
  •  Nah, artikel ini akan sangat berguna jika kalian: Student yang datang ke Jerman tanpa agen dan harus mengurus semuanya sendiri, Mau nikah sama orang Jerman, Calon FSJ yang juga wajib mengurus askes sendiri. Info prosedur pendaftaran asuransi di bawah ini adalah Geseztliche Krankenversicherung (GKV) atau polis kesehatan Umum, bukan Private Krankenversicherung (PKV) atau polis kesehatan pribadi. Untuk tahu bedanya, baca: Asuransi kesehatan di Jerman (GKV dan PKV).

Jika kalian baru masuk Jerman dan saat ini masih bingung mengenai asuransi apa yang sebaiknya dipilih, saranku adalah memilih GKV. PKV cenderung mahal dan bukan untuk pelajar karena privat tidak dibantu oleh pemerintah bayarnya. Au pair askesnya memang privat karena seluruhnya ditanggung oleh host family. Namun perlu diperhatikan, askesnya au pair beda dengan askes private sekelas Allianz atau Signal Iduna yang mengcover biaya kecantikan dan perawatan tubuh yang mahal. Sekalipun privat, askes au pair justru lebih murah dari pada polis umum (biasanya 45-60 euro per bulan). Askes privat (PKV) untuk pekerja biasanya mahal (sekitar 400-700 euro per bulan) dan mengcover banyak biaya.

Untuk pelajar, mahasiswa, azubi dan FSJ, askes yang diterima Universitas dan Pihak Imigrasi adalah GKV (Polis Umum), jadi, dari pada capek-capek mikir, langsung daftar saja!

Berikut Tipsnya:

* Semua bisa dilakukan Online dan Per pos!!! Dulu aku dibantu oleh host mother ku untuk daftar dan mengisi formulirnya. Namun, I swear, ini ga susah. Kalian bisa melakukannya sendiri. Pilih saja asuransi yang menurut kalian bagus.

Info:

  • Semua polis umum itu sama bagusnya. Ada puluhan polis umum (GKV) yang bisa kalian pilih, mulai dari TK, AOK, HEK, namun berdasarkan kepuasan pengguna, ada 10 peringkat GKV di Jerman:
  •  Yang di cover asuransi satu dengan yang lainnya relativ sama. Terkadang ada beberapa bonus dari salah satu asuransi, misalnya voucher untuk ke taman rekreasi atau berenang, dsb.
  •  Biaya yang dikenakan juga sama. Jika pelajar di bawah 30 tahun, biaya asuransinya adalah 90 euro (tahun 2017-2018), jika lebih dari 30 tahun, dikenakan seperti biaya pekerja, yakni sekitar 160-180 euro (kalau salah mohon dikoreksi)
  •  Karena polis umum ini merupakan polis pemerintah, jadi mereka tidak bersaing satu sama lain. Jika ingin pindah ke polis umum yang lain, mereka pun tidak keberatan
  •  Aku dulu pakai HEK (Hanseatische Krankenkasse) dari Hamburg, kemudian setelah menikah, aku pakai TK (Tekniker Krankenkasse) karena suami juga pakai TK dan biaya sekeluarga dijadikan satu, yang artinya suamiku tak perlu membayar asuransi tambahan untukku jika aku juga terdaftar di asuransi yang sama.

Baca juga: 8 Keuntungan yang diberikan pemerintah Jerman kepada pasangan yang menikah

  •  Kalian tinggal ketik di google: bei der (nama asuransi yang kalian inginkan) (nama kota tempat kalian tinggal> opsional) ANMELDEN. Contohnya: bei der TK Hamburg anmelden
  •  Lalu muncul formulir online  untuk beberapa pilihan yang sesuai mulai untuk pelajar, azubi, pekerja, dsb, yang bisa kalian isi. Kalau tidak mengerti salah satu pertanyaannya, tanya orang Jerman atau pakai google translate.
  •  Setelah itu, semua berkas akan dikirim melalui pos. Kalian akan diminta tanda tangan, mengirimkannya balik beserta pas foto. Pas foto ini juga bisa dikirim online lewat website yang semuanya diberitahu lewat surat dan berkas yang kalian terima tersebut.
  •  Sebelum kalian mendapat kartu kesehatan, kalian sudah mendapatkan surat bukti bahwa kalian sudah terdaftar di Askes tersebut. Surat bukti ini yang biasanya diminta Träger, arbeitsgeber, universitas dan ausländerbehörde untuk memperpanjang visa. Simpan baik-baik! Jika hilang, kalian tinggal email ke customer servicenya dan meminta ulang. Mereka biasanya mengirimkan ulang dalam waktu beberapa hari, namun kalian akan disuruh mengisi formulir dsb.
  •  Dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu, kartu kesehatan akan dikirimkan lewat pos ke alamat rumah dan taraaaaa…. jadi deh Kartu kesehatan kalian.

Semua serba mudah. Kalian tak perlu datang ke kantornya! Namun, jika kalian mengalami kesulitan mengisi formulir karena tidak bisa berbahasa Jerman, ada baiknya datang langsung ke kantor askes setempat dan mereka akan membantu kamu dengan senang hati. Prosesnya biasanya lebih cepat ketimbang lewat pos. Aku tidak pernah sih, tapi aku sarankan, kalau datang langsung, bawa:

*Paspor,

*Anmeldebescheinigung (surat lapor diri dari Landratsamt),

* pas foto,

* LoA dari Universitas (kalau kalian mahasiswa),

* Surat Keterangan dari Träger atau Arbeitsgeber (Teilnehmerbescheinigung für FSJ), dan,

* Visa yang masih berlaku.

Bagaimana? Tidak susah bukan? Tunggu apalagi, semakin cepat daftar semakin baik. Jika kalian masih di Indonesia, sebaiknya daftar online dan alamat bisa ditujukan kepada kenalan, agar saat datang ke Jerman, kalian tinggal tanda tangan dan mengirinkannya kembali. Kalau tidak, daftar asuransi perjalanan dulu, lalu saat sudah di Jerman, ganti polis asuransi dengan polis umum dengan datang langsung ke kantor polis umum setempat.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa like facebook fanspage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (terima kasih banyak)

Liebe Grüße

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.