Artikel berikut merupakan rangkuman dari tanya jawab di forum yang aku tulis ulang:

Perkenalkan nama saya Icha, saat ini saya sedang proses visa nasional saya setelah menikah dgn WN Jerman di Indonesia. Ada yang saya tanyakan ttg izin kerja setelah menjadi status istri WN Jerman. Setelah mendapatkan visa nasional itu bolehkah kita mencari kerja? Adakah izin kerja yang ditulis di visa kita? atau adakah ketentuan waktu setelah berapa lama kita bisa bisa cari kerja di Jerman. Kebetulan saya akan menyusul suami di Berlin dan sayapun pemegang ijasah master di bidang pariwisata dan mempunyai sertifikat B1 Goethe dan Sertifikat B1 DELF.
Terima kasih atas perhatiannya

Jawab:

Hi Icha,
Selamat menempuh hidup baru ya. Setelah kamu mendapatkan visa kumpul keluarga, nanti kamu tak ada batasan apapun untuk tinggal dan beraktivitas di Jerman, hak kamu seperti orang Jerman dalam hal mencari pekerjaan, kamu tidak ada batasan apapun. Apalagi kalau kamu sudah memegang B1, artinya kamu tak perlu ikut kursus integrasi lagi (mungkin ikut untuk kursus budaya saja). Info selengkapnya mengenai kursus integrasi:

Klik di sini: Info Lengkap Seputar Integrationskurs di Jerman

Perlu diperhatikan di sini, saat kamu apply visa, kamu akan dapat Visa 3 tahun untuk kumpul keluarga, baru setelahnya Visa seumur hidup yang membebaskan kamu mencari pekerjaan apapun. Jadi jangan heran kalau kamu nanti dapatnya 3 tahun dulu, itu bisa diperpanjang. Mungkin di Berlin beda, aku di Hamburg sih. :)

*

Halo Girindra,

Terima kasih atas penjelasannya 🙂 🙂 🙂 oya mau nanya lagi boleh yaaa, saat pengisian Lembar Perjalanan ada tulisan masuk Jerman dari tanggal berapa sampai berapa atau berapa hari, itu nulisnya berapa hari ya 90 hari (3 bln) atau 1095 hari (3 tahun) hehe seperti yang disebutkan Girindra mengenai visa kumpul keluarganya itu 3 tahun :):):)

Jawab:

Oh, itu kamu isi 90 hari, karena segala jenis visa, setelah 90 hari akan diperpanjang lagi di Jerman nantinya, jadi visa yang 3 tahun itu akan kamu dapat nanti setelah perpanjangan di ausländerbehörde (kantor imigrasi) di Jerman, bukan di Indonesia.

Semoga membantu :)

Icha: Vielen Dank!! sangat membantu sekali  :) :) :)

*

*

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.