Pemerintah Jerman menyediakan layanan kursus Bahasa Jerman untuk para pendatang yang menikah dengan orang Jerman, sukarelawan, yang bekerja di Jerman, para pengungsi, untuk orang-orang yang butuh belajar bahasa dan budaya Jerman. Nama program ini adalah integrationskurs.

Integrationskurs sudah dicanangkan sejak tahun 2005 dengan tujuan mengorientasikan warga negara asing yang berdatangan ke Jerman tanpa pengetahuan Bahasa Jerman yang mumpuni dengan memberi kursus Bahasa Jerman, agar mereka bisa bersosialisasi, mengatasi kesulitan berkomunikasi dengan pihak-pihak penting tanpa bantuan orang ketiga, misalnya saat mengajukan visa di kantor imigrasi (Ausländerbehörde), saat melamar dan wawancara kerja, saat mengajukan asuransi, mengajukan rekening bank, pergi berobat ke dokter, berbelanja ke supermarket, dan banyak lagi manfaatnya.

Apa saja kategori kursus ini?

Kursus integrasi Bahasa Jerman ini terdiri dari berbagai macam kategori, berdasarkan jenisnya, kursus integrasi ini terdiri dari:

  1. Kursus membaca dan menulis untuk para imigran. Memang terdengar janggal, hari gini belum bisa baca tulis. Eits jangan salah, ada juga kok orang Jerman yang sudah tua lahir sebelum perang dunia (mungkin) yang tidak bisa baca tulis dan masih belajar. Oleh karena itu, pemerintah juga memikirkan imigran yang juga (mungkin) belum mahir membaca dan menulis untuk mengikuti kursus ini. Jika kalian mengenal seseorang yang mungkin butuh belajar baca tulis, info lengkapnya, klik di sini!
  2. Kursus Integrasi Untuk Wanita. Kursus ini penting untuk para pendatang seperti kita yang mengalami kesulitan jika harus dihadapkan di situasi seperti: membantu anak mengerjakan PR (dalam bahasa Jerman), belanja ke supermarket, mengantarkan anak daftar sekolah, dsb. Agar lebih mandiri, ada perlunya mengikuti kursus ini. Di kursus ini, gurunya wanita, teman-teman kursusnya juga para pendatang wanita. Siapa tahu bisa kenalan dan jadi teman 🙂 Untuk info lengkapnya, klik di sini!
  3. Kursus Integrasi Untuk para orang tua (parents), info lengkapnya, klik di sini.
  4. Kursus integrasi untuk anak muda. Kursus ini penting untuk kalian yang umurnya masih di bawah 27 tahun, yang ada rencana untuk menetap di Jerman. Apa saja yang kalian pelajari, klik info lengkapnya di sini!
  5. Catch-up course. Kursus ini buat kalian yang sudah agak lama tinggal di Jerman, sudah pernah belajar Bahasa dan Budaya Jerman, tapi ingin memperdalam dan menambah wawasan seputar bahasa dan budaya Jerman.
  6. Kursus bahasa intensiv sampai level B1. Kursus ini terdiri dari 430 pembelajaran. 400 pertemuan belajar bahasa secara intensiv, 30 nya belajar budaya, politic, sejarah, dsb.

Nah, masing-masing kursus integrasi tersebut selalu terdiri dari kursus bahasa dan kursus orientasi:

*Sprachkurs, yakni kursus Bahasa Jerman yang difokuskan dalam pembelajaran bahasanya dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dan juga pada konteks penting yang akan kalian gunakan setiap saat, misalnya untuk menerima telefon, melamar dan interview kerja, dsb.

*Orientierungskurs, yakni kursus Bahasa Jerman yang tak hanya mempelajari bahasa, namun juga berorientasi kepada hal-hal penting lain, misalnya mempelajari kota tempat tinggal, sejarah dan kehidupan sosial masyarakat di Jerman. Jika kalian akan tinggal lama di Jerman, kursus ini sangat penting karena dengan menjalani kursus ini, kita bisa lebih terintegrasi dengan budaya Jerman, bisa terlibat pembicaraan atau diskusi dengan orang Jerman jika mereka ngobrol seputar politik, ekonomi, sejarah, dsb. Orang Jerman suka mengobrol hal-hal berat dan serius! Baca juga: Apa Yang dibicarakan Orang Jerman saat Nongkrong Bareng?

Siapa Saja Yang Bisa Mendaftar?

1. Orang asing yang punya visa ijin tinggal yang diterbitkan sebelum tahun 2005 (termasuk orang asing yang bekerja dan menikah di Jerman), jika dia: pengangguran (menerima uang pengangguran), dan dirujuk oleh Dinas Ketenagakerjaan untuk mengajukan kursus integrasi. Untuk syarat mendaftar dan biayanya, klik di sini!

2. Orang Asing yang visanya diterbitkan setelah tahun 2005 dan baru masuk Jerman untuk dengan latar belakang:

* Bekerja di Jerman,

* Menikah dengan orang Jerman atau kumpul keluarga di Jerman,

* Melakukan kegiatan sukarelawan (FSJ dan BFD), baca juga: Kabar Gembira Untuk Calon FSJ,

* Berencana tinggal dan menetap di Jerman atau tinggal untuk waktu yang lama (misalnya ikut suami dinas, dsb)

Yang wajib ikut kursus ini:

* Jika kalian masuk Jerman dengan kemampuan Bahasa Jerman yang pas-pas an dan sangat membutuhkan bahasa Jerman karena ingin tinggal dalam waktu yang lama,

* Jika kalian pengangguran dan mendapat uang pengangguran, serta disarankan oleh Dinas Ketenagakerjaan setempat untuk mendaftar kursus ini,

Kalian tidak diperbolehkan ikut Kursus Integrasi ini, jika:

* Kalian masih anak-anak dan bersekolah di Jerman (karena toh pembelajaran di sekolahnya juga mengajarkan hal serupa), para azubi juga tidak termasuk karena untuk mendaftar ausbildung, kalian sudah harus berada di level B1, dan juga pergi ke sekolah yang pembelajarannya full Jerman,

* Jika dirasa tak punya alasan untuk melakukan kursus ini, (misalnya dalam waktu dekat akan pindah ke negara lain, dsb),

* Jika sudah mampu berbahasa Jerman di level minimum B1,

* Jika pada waktu bersamaan, melakukan kursus bahasa di tempat lain,

* Jika melakukan kursus ini secara terus menerus dalam waktu yang lama,

* Jika ada tanggungan yang harus di asuh dan tidak memungkinkan untuk membagi waktu (misalnya harus mengasuh anak atau orang tua),

Kedua kategori untuk orang asing ini (yang sudah menerima visa sebelum dan sesudah tahun 2005), bisa mendaftar dengan memilih tempat kursus yang tersedia di kota terdekat. Caranya tinggal klik di sini dan mengisi data lengkap serta alamat kalian, nanti akan muncul sendiri, di mana tempat kursus terdekat.

Nanti kalian akan mendapatkan tes kemampuan bahasa dan diarahkan di kursus mana yang kalian butuhkan.

Berapa biaya kursus ini?

Kursus ini gratis bagi orang yang:

* pengangguran dan sedang menerima bantuan dana pengangguran dari pemerintah,

* sedang melakukan kerja sosial (FSJ dan BFD) di Jerman dan kemampuan bahasa Jerman belum di level B1,

* jika mengalami kesulitan keuangan dan tidak mampu membayar kursus, tapi benar-benar butuh kursus ini. Aku kurang tahu apakah Au Pair bisa mengajukan kursus ini. Tapi mungkin gast family bisa menanyakan ke tempat kursus jika memungkinkan. Lumayan juga!

Untuk orang-orang kategori di atas, mereka bahkan mendapat uang transportasi tambahan jika tempat tinggal dan tempat kursus jaraknya lebih dari 3 km dan harus membayar tiket kereta dsb.

Selebihnya kursus ini sebenarnya berbayar. Kita harus membayar 1,95 euro per pertemuan. Jika kita mendaftar sebelum 1 Juli 2016, biayanya 1,55 euro per pertemuan. Kursus integrasi yang normal (atau dimulai dari level paling dasar) rata-rata akan memakan waktu hingga 700 jam, jadi kira-kira, kalian diwajibkan membayar 1365 euro. Jika kita ingin tambah kursus orientasi dsb, bisa sampai 1900 euro. Cukup mahal juga ya!

Kabar baiknya, kita tak harus membayar langsung, namun bisa mengangsur setiap 100 kali pertemuan.

Kabar baik selanjutnya adalah, jika kalian lulus ujian akhir integrasi kurang dari 2 tahun dengan nilai yang sangat baik, biaya yang sudah kalian bayarkan akan dikembalikan 50%.

Selain 2 kategori warga negara asing tersebut, sebenarnya orang yang pindah kewarganegaraan (menjadi warga negara Jerman), orang yang berasal dari Uni Eropa, juga pengungsi, pemegang visa Asyllum dan orang Jerman juga bisa mengikuti kursus integrasi ini. Namun, akan sangat banyak untuk dituliskan semuanya di sini. Jika kalian ingin tahu info lengkapnya, kunjungi BAMF.

Untuk sementara ini, aku rasa informasi diatas cukup untuk kita (warga negara Indonesia yang ingin kursus integrasi di Jerman).

Jika kalian ingin mendaftar dan ingin tahu tempat kursus di kota terdekat, klik di sini!

Jika kalian ingin tahu info lebih lanjut, silakan utak-utik website BAMF, di sana ada ratusan informasi dalam 4 bahasa (Inggris, Jerman, Turki dan tak tahu bahasa apa satunya (Rusia atau Polandia) klik website BAMF. 

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa like facebook fanspage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (terima kasih banyak)

Liebe Grüße

 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.