Akhirnya Jerman beberapa negara Uni Eropa yang lain membuka kesempatan bagi unmarried couple untuk dapat berkumpul kembali meski di tengah-tengah era pandemie. Diberlakukannya Visa Sweetheart ini menjawab kampanye #loveisnottourism yang dimulai sejak Mei 2020 dan ditandatangani lebih dari 2000 orang.

Kali ini, aku akan sedikit menulis informasi seputar Partnership Visa atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sweetheart Visa berdasarkan pengalaman dari beberapa teman yang pernah apply Visa ini dari Indonesia.

Disclaimer: Beberapa applicant apply visa ini di pertengahan akhir tahun 2020, dan ketetapan birokrasi bisa saja berubah sewaktu-waktu, jadi jika ingin update, bisa langsung bertanya ke kedubes Jerman di Jakarta atau VFS Global ( Instansi yang ditunjuk Kedubes Jerman untuk Pengajuan Visa Jangka Pendek kurang dari 90 hari). Klik di sini untuk masuk ke laman VFS

Apa itu Sweetheart Visa?

Sweetheart Visa adalah jenis Visa untuk pasangan yang belum menikah yang ingin reunifikasi dan masuk ke Jerman (dan beberapa negara EU lainnya yang sebelumnya tidak memberlakukan Partnership Visa). Visa ini adalah jenis Visa Visit Jangka Pendek (kurang dari 90 hari).

Visa Sweetheart berlaku sejak tanggal 27 Juli 2020 setelah menteri dalam negeri, Horst Seehofer,  menyatakan dalam pidatonya, “Mulai hari ini, pasangan yang belum menikah dari negara ketiga dapat berkumpul (masuk)  Jerman. Saya menyambut baik fakta bahwa kami sekarang dapat membuat ini menjadi mungkin dalam kerangka kerja Eropa”.

Menteri dalam negeri sebelumnya mendapat tekanan yang meningkat karena pasangan binasional telah menyerukan petisi untuk membuat semuanya menjadi mungkin. Seorang juru bicara Komisi Uni Eropa hanya menekankan pada hari Kamis bahwa peraturan Uni Eropa akhirnya mengizinkan pengecualian untuk pasangan yang belum menikah. (sumber: dw)

Siapa yang boleh apply Visa Jenis ini?

Orang atau pasangan yang belum menikah, berasal dari negara ketiga (termasuk Indonesia), memiliki pasangan (orang Jerman atau selain Jerman yang menetap di Jerman) yang pernah bertemu sebelumnya (baik di Jerman, di Indonesia atau pun di negara lain). Ini harus dibuktikan dengan adanya bukti travelling bareng berupa foto, cap atau stempel paspor serta dokumen travelling lainnya.

Warga negara selain Jerman yang menetap di Jerman misalnya berasal dari Uni Eropa, warga negara Islandia, Liechtenstein, Norwegia, Swiss, atau warga negara negara ketiga dengan hak tinggal yang ada di Jerman (misalnya orang Indonesia yang memiliki Ijin tinggal jangka panjang, tak terbatas, Blue Card, dsb). (Sumber: BMI: Bundesministerium des Innern für Bau und Heimat)

Di mana apply Visa Jenis ini?

Pengajuan visa jangka pendek (kurang dari 90 hari), Schengen, turis, bisnis trip termasuk Visa Cinta eh Sweetheart ini :D, bisa dilakukan melalui VFSGlobal (Appointment Kedubes Jerman di Jakarta hanya menangani janji temu untuk Nationales Visum atau Visa jangka panjang (lebih dari 90 hari).

Klik di sini untuk masuk ke laman kedubes mengenai Visa jangka pendek

Kapan Visa ini Berlaku?

Visa sweetheart merupakan jenis visa jangka pendek yang hanya berlaku maksimal 90 hari.

Apa saja syarat untuk Apply Visa ini?

Syarat untuk bisa apply visa sweetheart adalah:

* Kamu punya pacar/pasangan, warga Jerman atau warga negara selain Jerman yang menetap di Jerman misalnya berasal dari Uni Eropa, warga negara Islandia, Liechtenstein, Norwegia, Swiss, atau warga negara negara ketiga dengan hak tinggal yang ada di Jerman,

* Undangan dari pasangan kamu tersebut bersama dengan salinan dokumen identitas orang yang mengundang,

* Erklärung dari BMI (deklarasi atau surat pernyataan yang disediakan oleh Menteri Dalam Negeri (BMI)) yakni surat pernyataan yang membuktikan bahwa kalian memang mempunyai hubungan. Ini bisa didownload di sini,

* Bukti lain dari pertemuan pribadi sebelumnya dalam bentuk yang sesuai, khususnya berdasarkan stempel paspor atau dokumen perjalanan / tiket penerbangan;

* Dokumentasi tambahan melalui foto, media sosial, korespondensi surat / surat dimungkinkan,

Selain syarat yang disebutkan di atas, ada beberapa kawan di sosial media (instagram dan Facebook) yang baik banget menceritakan pengalaman mereka apply Visa Sweetheart di masa Pandemi.

Pengalaman Monica (@littlelarkspur) :

“Aku apply visa melalui VFS, jenisnya visa visit with exceptional trips*. Kami apply 87 hari kak. Tapi sama kedutaan digranted 1 tahun multiple entry 90 hari (saya sudah pernah ke Jerman 2x sebelum apply visa ini) jadi masih bisa sekali kesana sebelum September 2021. Jadi kaya besuchen visum (Visa visit) pasangan gitu sih jatuhnya, cuma berbeda di Erklärung (pernyataan) yang dikeluarkan BMI itu aja menurut saya pribadi.”

* Mungkin karena birokrasi terkait visa ini masih baru banget, saat aku mencari di laman kedubes Jerman di Jakarta, tak kutemukan jenis visa ini. Begitu pun di VFSGlobal.

Cewek manis yang nama instagramnya @littlelarkspur ini baik banget sampe ngirim daftar check list persyaratan dia saat apply Visa Sweetheart. Listnya bisa dilihat di foto di bawah ini:

Jadi, bisa kita lihat di sana, bahwa ga cuma persyaratan yang ada di laman BMI saja yang harus dipersiapkan namun juga prentilan-prentilannya. Kamu bisa berkorespondensi dengan pihak VFSGlobal untuk bertanya-tanya perihal syarat tersebut dan bagaimana mendapatkannya.

Pengalaman Rita (@ritaayuningtyas) seputar kelengkapan dokumen: 

“Kemaren dokument dokument buat applynya itu: Pasport, Foto, Asuransi, VE dari pasangan, Surat undangan..
Lalu bukti bukti tentang relationship aku: Itu chatingan sama si pasangan aku Screenshot terus di print, Terus ss pas lagi video call..
Bukti dia pernah ke indo/ kita pernah ke jerman sperti stempl visa atau history dia booking pesawat.., lalu Bukti pernah tinggal / liburan bersama, Foto foto bersama, Kalo chatingan sama mamahnya boleh di lampirin juga, Terus surat pernyataan hubungan itu yang asli ada ttk dia sama aku..”

Berapa lama jadinya setelah apply?

Menurut pengalaman Iza Azizah (facebok), visanya diijinkan dalam kurang lebih 1 minggu atau 5 hari kerja (karena sabtu minggu kantor libur yes :D)

“Aku apply visa tanggal 18 September 2020 dan visa/passport aku terima ditanggal 25 Oktober 2020 (karena skrg passport dikirim ke alamat masing2). Ehh maaf ka salah maksudnya diterima tanggal 25 September 2020”
Apakah bisa diperpanjang dengan ijin tinggal lebih lama seperti nationales Visum untuk Au Pair, Ausbildung, atau pun Studium?

Tidak. Jenis visa ini, sama seperti Visa Schengen lainnya tidak bisa dirubah jadi visa izin tinggal, tapi ada bebarapa case yg bisa extend visa misalkan bandara tutup/tiket di cancel. Tetapi balik lagi tergantung kebijakan ABH. Seperti yang ditulis Nindy menjawab pertanyaanku terkait Visa ini:

Jangka pendek kak, sama seperti Besuch Visum pada umumnya, 90 hari max. Cuma kasusku, bisa diperpanjang karena tiket pulangku dicancel sama maskapai. Jadi dari Oktober 2020 sampai sekarang (Maret 2021) aku masih di Jerman, April tanggal 20 Visaku expired.”

Apakah ada syarat Bahasa Jerman level A1?
Berbeda dengan pengajuan Visa Kumpul keluarga (Familiennachzug) yang termasuk jenis Visa jangka panjang (lebih dari 90 hari) dan membutuhkan syarat kemampuan bahasa Jerman minimal di level A1 (dibuktikan dengan sertifikat lulus Ujian Goethe Insitute A1 atau pada saat pandemie dan Goethe Insitute belum menyediakan kuota ujian, bisa melampirkan bukti keikutsertaan kursus A1 (Teilnahmebescheinigung) dari lembaga Kursus Bahasa Jerman selain Goethe), jenis Visa jangka pendek tidak membutuhkan bukti kemampuan bahasa Jerman.
Apakah ada wawancara (interview) saat pengajuan Visa?
Ternyata untuk apply Visa sweetheart, ada sedikit proses interview dalam Bahasa Indonesia.
Menurut pengalaman Rita:
“Pas interview ditanyanya ..
Kapan kenal, kenal dimana berapa lama punya hubungan..
Aku sendiri dari apply sampe dapet visa kemaren cuma 5/6 hari doang itu juga karna kepotong sabtu minggu kak..”
*

Semoga artikel tentang Visa Sweetheart ini sedikit membantu memberikan informasi seputar Jerman.

*
Follow instagram: @denkspa Untuk mengetahui info kursus Bahasa Jerman dan program-program ke Jerman.

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

Sumber yang mungkin bisa kamu follow dan baca-baca terkait Visa Sweetheart:

https://www.dw.com/de/deutschland-l%C3%A4sst-partner-ohne-trauschein-einreisen/a-54492230

https://www.bmi.bund.de/SharedDocs/faqs/DE/themen/bevoelkerungsschutz/coronavirus/reisebeschraenkungen-grenzkontrollen/IV-reisebeschraenkungen-im-aussereuropaeischen-luft-und-seeverkehr-einreisen-aus-drittstaat/faq-liste-IV.html;jsessionid=2742C7D0B110E5F81250A399E9A560FE.2_cid373

https://www.bmi.bund.de/SharedDocs/faqs/DE/themen/bevoelkerungsschutz/coronavirus/reisebeschraenkungen-grenzkontrollen/IV-reisebeschraenkungen-im-aussereuropaeischen-luft-und-seeverkehr-einreisen-aus-drittstaat/welche-besonderheiten-gelten-fuer-die-einreise-von-familienangehoerigen-aus-drittstaaten.html

https://www.auswaertiges-amt.de/de/service/visa-und-aufenthalt/schengenvisa

https://www.change.org/p/ministry-of-foreign-affairs-love-is-not-tourism-help-couples-reunite

https://jakarta.diplo.de/id-de/service/05-VisaEinreise/-/1686954

Sumber gambar: Free picture from Pixnio (https://pixnio.com/people/boyfriend-hugging-love-panorama-pretty-girl-city-tourist-water)

*

Kamu juga bisa follow Instagram beberapa kawan yang pernah apply jenis ini:

https://www.instagram.com/littlelarkspur/

https://www.instagram.com/thatischels77/

https://www.instagram.com/nindiaprastiwi/

https://www.facebook.com/umiiza.azizah/

https://www.instagram.com/ritaayuningtyas/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.