Setelah membahas perbedaan FSJ dan BFD di Jerman, yang bisa kalian baca di sini!, sekarang mari kita bahas persamaan kedua program tersebut.

Pada dasarnya, kedua program ini sama-sama program relawan yang disupport sepenuhnya oleh pemerintah Jerman. Kalau kamu ingin tau lebih lanjut seputar program FSJ/BFD ini, silakan baca dulu: Seputar FSJ/BFD di Jerman

  1.  Preferensi Gender

Baik FSJ maupun BFD tak ada preferensi gender atau pun jenis kelamin bagi para pesertanya. Baik pria, wanita, maupun deverse (orang2 yang tak mau dikategorikan pria atau wanita), boleh melamar.

2. Lamanya program berlangsung

Kedua program ini berkisar antara 6 sampai 18 bulan. Dalam case khusus seperti di masa pandemie, program boleh diperpanjang hingga dua tahun.

3. Uang saku

Uang saku yang didapat peserta juga tidak ada bedanya, yakni sekitar 300 hingga 460 euro per bulan.

4. Akomodasi dan uang akomodasi (Wohngeld)

Jika pihak Träger atau Arbeitgeber menyediakan akomodasi, maka baik orang yang melakukan FSJ ataupun sama-sama punya hak untuk mendapatkan fasilitas ini.

5. Jaminan sosial (Sozialversicherung)

Peserta yang mengikuti program ini, akan mendapatkan jaminan sosial yang dicover oleh pihak pemberi kerja.

6. Fasiltas lain

Seperti asuransi kesehatan, seminar, kursus bahasa Jerman untuk orang asing, dsb juga tak dibedakan.

7. Persyaratan

Prosedur dan persyaratan untuk melamar kedua program ini juga sama. Träger atau instansi penyalur FSJ BFD yang diakui pemerintah setempat atau pemerintah pusat biasanya juga instansi yang sama. Mereka yang akan mengarahkan lamaran kamu dan kita tidak perlu ambil pusing mau pilih program yang mana, FSJ atau BFD keduanya sama-sama program relawan yang disupport pemerintah.

*

 

Liebe Grüße

Sumber :

https://www.bundes-freiwilligendienst.de/fsj-freiwilliges-soziales-jahr/unterschiede-fsj-bfd

https://www.sozialeinsatz.de/infos/unterschied-fsj-und-bfd-bundesfreiwilligendienst

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.