Rasanya ingin teriak saking senangnya bisa berkorespondensi kembali dengan kalian semua, para pembaca denkspa. Aku mohon maaf karena 6 minggu terakhir belum sempat membalas semua komentar dan email yang masuk dari kalian semua. Sebagian sudah aku balas, sebagian masih dalam daftar list. Sejak 4 September sampai 11 Oktober 2017 kemarin, aku berlibur ke Thailand, Malaysia dan Indonesia dan bertekat tidak membuka blog sama sekali. Kalau kalian melihat blog ini masih tetap update tiap minggunya, itu sudah aku jadwalkan terbit pada bulan Agustus sebelum berangkat liburan. Jadi saat bulan Agustus, aku menulis puluhan artikel, lalu aku jadwalkan terbit saat liburan. Oleh karena itu, blogger ini masih terlihat aktif, padahal akunya sudah melanglang buana :D.

Akhirnya aku tiba di Hamburg lagi dan tak sabar rasanya menulis banyak hal kembali (masih seputar Jerman, mimpi, cita-cita, dan cinta, ?). Terima kasih banyak buat semua yang sudah komentar dan membaca blog ini, serta apresiasi yang luar biasa dari kalian yang mengirimiku pesan baik lewat email, facebook messanger, dan instagram. Juga yang sudah like fb fanpage denkspa. Terima kasih sudah memberi pertanyaan, bercerita lewat email seputar keluhan kalian, terima kasih sudah rajin membuka blog dan membaca tulisan-tulisanku dan penulis denkspa yang lain :).

Blogging sudah menjadi bagian dari kehidupanku satu tahun ini. Jadi, tak ada salahnya aku sedikit berbagi pengalaman tentang blogging selama aku di Jerman.

Bulan-bulan pertama ngeblog

Tahun 2015, aku sudah mulai mencoba blogging, tapi bukan lewat blogger melainkan lewat myfreewebsite, namun karena kesibukan FSJ, blog itu jadi terbengkalai dan tak pernah update. Hingga September 2016, di saat aku tak ada kegiatan sama sekali di rumah, aku iseng bikin tulisan seputar Seputar FSJ/BFD di Jerman. Lalu aku membuat blog baru di blogger ini.

Tak kusangka, tulisan tersebut langsung dibaca 11 orang (entah itu orang beneran atau cuma mesin yang jelas aku senang)?. Dari situ, aku semangat membuat tulisan-tulisan seputar Jerman dan budayanya.

Paling tidak, selama minggu pertama, aku rajin membuat tulisan dan rajin ngecek statistik. Berapa pengunjung blogku hari ini, dari mana saja, apa ada komen, dsb. Komentar pertama aku dapatkan setelah 6 minggu ngeblog?.

Selama 3 minggu pertama, pembaca blog denkspa masih sekitar 2-10 orang per harinya. Bahkan di minggu kedua (saat itu, artikel masih 7 biji), pageview-nya hanya 1 (orang Jawa bilangnya siji ndil) :D.

Saat pulang kuliah malam-malam, aku ingin mengejutkan diriku sendiri dengan melihat berapa pageview-ku hari itu. Betapa kecewanya aku saat itu, saat melihat pengunjung blogku di minggu ketiga kala itu 0 (tak ada pengunjung sama sekali). Alhasil, aku memang terkejut, kejutan yang menyedihkan :D.

Aku cerita pada Tobi (pacarku) tentang betapa sedihnya aku karena tak ada satu orang pun yang mengunjungi blogku. Hari-hari berikutnya, kulihat ada 5-10 pageview perharinya (yang ternyata kutahu setelahnya adalah Tobi). Tobi yang mengunjungi blogku tiap hari, artikel per artikel agar terlihat ada pageviewnya, agar aku selalu semangat menulis lagi, meskipun dia tidak mengerti Bahasa Indonesia sama sekali. Aku terharu sekali, tapi sekaligus kecewa karena nyatanya yang pageview itu bukan orang yang benar-benar membaca blogku, tapi Tobi yang hanya ingin menghiburku, dengan kata lain, tak ada yang benar-benar membaca blog ini.

Begitu lah seterusnya sampai 1 bulan pertama.

Daftar domain

Salah satu teman yang paling aku kagumi karena ke-piawai-annya menulis adalah Amouraxexa. Dia juga yang menyarankanku untuk mendaftarkan blogku ini agar punya domain sendiri (bukan blogspot.com lagi). Terima kasih untuknya juga yang telah menunjukkan domain host yang murah dan terpercaya. Selama satu tahun ini, aku pakai dracoola.com dan membayar Rp. 130.000,- per tahun untuk domain denkspa.com.

Sampai saat ini, pengetahuanku tentang domain, self hosted dan dunia blogging masih bisa dikatakan amat sangat minim, meskipun tiap hari rajin membaca tutorial blogging, SEO friendly, dsb. Jadi lebih baik aku nggak share seputar domain dan self hosting, takutnya salah 😀

Blog walking

Aku rajin membaca tutorial blog dan kusadari bahwa pengunjung blog tidak datang dari langit, melainkan dari ketekunan kita mengunjungi blog orang lain. Dari awal ngeblog, aku sudah berkunjung ke blogger lama, tapi tak pernah berkomentar. Itulah letak kesalahanku. Sejak tahu berkomentar itu penting, aku kunjungi, baca lagi, dan komentar. Lama-lama, blog walking jadi hobi tersendiri. Dari sana, aku jadi bisa dapat pengunjung dan juga teman blogger yang seru-seru.

Share sosmed

Tiga minggu pertama, aku mulai berani membagikan tulisanku di facebook: 80 Kata Yang Mirip Dalam Bahasa Indonesia dan Jerman dan tak kusangka ada beberapa teman yang membagikannya, dari situ, aku mulai semangat lagi untuk menulis hal-hal unik lainnya. Tulisan 15 Hal yang lazim di Indonesia, tapi aneh di Jerman juga mendapat apresiasi yang bagus oleh teman facebook dan di share 17x saat aku posting. Aku menjadi terus semangat menulis.

Tulisan berbahasa Jerman

Beberapa kali, aku ingin menulis artikel tentang Indonesia dalam Bahasa Jerman. Artikel pertamaku selesai aku tulis pada 26 November 2016: 10 Sachen, die in Deutschland Tabu sind, aber nicht in Indonesia dan sejak aku share di forum Orang Jerman yang tertarik pada budaya Indonesia di facebook, tulisan ini sudah dishare sebanyak 10 kali. Tulisan tentang wanita Indonesia, paling banyak di share, yakni: 10 Sachen, die Deutschen wissen müssen, bevor sie eine Indonesische Frau kennenlernen (10 hal yang perlu diketahui pria Jerman sebelum memutuskan untuk pacaran sama wanita Indonesia), yakni sebanyak 33 kali, dan mendapat beberapa protes dari perempuan Indonesia di grup facebook juga ?.

Karena begitu banyak hal yang ingin aku sharing tentang Jerman (dalam bahasa Indonesia), aku hanya sempat menulis 7 artikel saja dalam Bahasa Jerman. Semoga ke depannya, aku punya banyak waktu untuk menulis artikel tentang budaya Indonesia dalam bahasa Jerman lagi.

Pageview

Berapa pageview blog ini?
Saat aku ganti template bulan Februari 2017 silam, pageview blog ini melonjak dari 40 pv(pageview) perhari sampai sekitar 300 pv/hari. Aku pikir, yah mungkin karena Fajar Herlambang yang sering buka untuk me-lay-out blog ini atau aku sendiri yang ingin memeriksa apakah blog ini lebih keren atau tidak. Hhehhe.

Tapi setelah ganti template bulan Februari sampai Bulan Mei 2017, trafik blog mulai melonjak, minimal 300 di bulan Maret, lalu menanjak menjadi 800 pv/hari, lalu di bulan Mei, tak pernah kurang dari1000 pv/hari. Aku masih ingat di bulan Mei, pageview bisa sampai 1700 per hari.

Aku juga harus berterima kasih kepada Mbak Nella, salah seorang blogger yang amat sangat ramah, yang telah mengijinkan aku menjadi penulis tamu di pursuingmydreams.com. Mbak Nella adalah salah satu inspirator buatku. Di saat aku rajin berkomentar kepada puluhan blogger Indonesia di Jerman, hanya dia saja yang membalas dan mengunjungiku balik. Selebihnya, tak ada blogger Indonesia yang membalas komenku, apalagi mengunjungiku balik. Mungkin karena mereka pakai wordpress dan aku blogspot? Atau karena tulisanku kurang menarik karena mereka sudah tahu tentang Jerman. ?

Sejak aku menulis di pursuingmydreams.com perlahan-lahan, trafikku mulai meningkat. Dari situlah aku merasakan betapa bergunanya menjadi blog tamu di blog orang yang sudah populer.

Bulan Juli, aku mulai bosan dengan lay out yang lama, kemudian aku ganti lagi, berikut meta tag nya, dari German Culture jadi Denkspa Blog. Alhasil, trafik blog yang semula sudah lebih dari 1500 per hari, dari hari ke hari semakin menurun menjadi 700-1000 per hari. Lalu aku ganti lagi meta tagnya menjadi seperti semula (German Culture Blog) di pertengahan Bulan Agustus, dan masih saja tetap di angka 800 pv per hari. Mungkin google agak bingung karena meta tag blog ini berubah ubah.?

Bulan Oktober tahun ini tepatnya tanggal 3 adalah tepat satu tahun aku nge blog. Sayangnya, aku tak melihat berapa trafik blogku di tanggal itu. Namun, hari ini, satu hari sepulang dari liburan, dengan tak sabar ku-check lagi trafik blogku, pageviewnya agak meningkat, yakni:

Waktu aku buka pukul 05.30 (waktu Jerman), pageview kemarin 1342, dan pagi ini 534, bulan lalu rupanya agak banyak yang berkunjung karena pv bulan lalu meningkat dari bulan Agustus (sekitar 29 ribu perbulan, bulan September jadi 36 ribu). Saat aku tinggal liburan awal September lalu, pv seluruhnya masih 190 ribuan, setahun ini, sudah 223 ribu.

Ranking Alexa

Ranking Alexa blog denkspa. Entah itu bagus atau tidak untuk usia blog setahun ini. Semoga lebih baik lagi ke depannya. 


Artikel paling popular

Tulisan yang paling populer adalah 16 merk mobil buatan Jerman. Artikel yang saya tulis selama 6 jam itu bahkan tidak pernah saya share di sosmed, tapi berada di peringkat pertama google untuk kata kunci: merk mobil Jerman. 🙂

Masih banyak lagi hal-hal seputar blogging yang ingin aku sharing dan aku dengar dari kalian. Mungkin kalian yang pembacanya sudah puluhan atau ratusan ribu tiap harinya bisa berbagi pengalaman blogging di komen :). Untuk sementara ini, ini dulu saja yang aku tulis untuk melaporkan statistik denkspa di usianya yang masih bayi ini (mungkin merangkak kalau bayi ya :). Namanya juga masih bayi, jadi perlu dimaklumi kalau masih pelan-pelan jalannya.

Semoga bisa memberi semangat dan sedikit inspirasi.

Jangan lupa like facebook fanpage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (Banyak terima kasih)

Salam dari Hamburg

Comments

  1. Wiiiihhhhh hebaattt wkkw. Ih kakak mah ga heran blog nya bisa kaya begini, isinya bener2 berfaedah. Istilahnya mah, ensiklopedi tentang Jerman digital ^_^ semoga gak akan pernah bosan dan malas utk berbagi ttg Jerman ya kak ^_^ God bless you <3

  2. Hai Girindra selamat ya buat pencapaian blogmu, semoga semakin meningkat angkanya, trus makin rajin juga ngeblog 😉 . Bbrp kali aku ada nyari artikel seputar Jerman nah blogmu tuh ada di halaman 1 google, malah ada artikelnya di urutan pertama 🙂 . Aku jadi pengen kenalan dg Fajar juga ah mau minta cek blogku, soalnya sejak pindah ke self hosted trafiknya anjlok 50-60%nya, tp mungkin gara2 aku ganti permalink juga sih haha.

    Oh ya saran nih kan sdh menjelang natal, akhir tahun dan tahun baru. Bikinlah artikel dg tema tsb. Misalnya ucapan selamatnya dalam bhs Jerman. Suasana natal, pasar natal, masakan khas jerman saat hari raya. Hmm paling banyak sih yg nyari ucapan selamat deh, tuh paling nyumbang trafik pas akhir thn ke blogku 😀 .

  3. Dinikmati aja, toh proses ngeblog emang seperti itu. Kalau aku yang penting kuatkan konten dan sering BW. Pasti akan berdampak baik pada blog kita.

    Untuk urusan Alexa, sekarang jarang digunakan. Orang lebih mengacu pada DA/PA blog 🙂

  4. waaahh! Abis liburan ya! ditunggu postingan liburannya mbak? :))

    saya baru tau kalau kemarin-kemarin posting terjadwal wahahahaha.. mengenai pageview keren banget mba statistiknya, blogku ga sampe segitu T.T

  5. I see you don’t monetize your page, don’t waste
    your traffic, you can earn additional cash every month because you’ve got hi quality content.

    If you want to know how to make extra money, search for: Boorfe’s tips
    best adsense alternative

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *