Saat membuka laptop, sebenarnya aku sudah niat banget untuk menulis informasi umum seputar Jerman. Tapi saat membaca lagi sumber-sumbernya, aku pikir kita semua bisa mendapatkan info tersebut dengan mudahnya di dunia maya dan boring banget untuk ditulis di sini lagi. Jadi, aku banting stir untuk menulis artikel yang aku pungut dari beberapa sumber, yakni fakta-fakta menarik seputar Jerman. Sudah siap? Yuk simak 🙂

  1. Jerman ternyata punya banyak nama. Dalam bahasa Indonesia negara ini disebut Jerman, Negara berbahasa Inggris tentu saja menyebutnya Germany. Jerman sendiri menyebut Deutschland,  begitu juga negara-negara berbahasa Jerman lainnya seperti Austria, Swiss, Luxembourg dan Lichtenstein.  Prancis, Arab, Spanyol menyebutnya Allemania. Finlandia menyebut Jerman Saksa. Italia menyebutnya Tedesco. Polandia dan sekitarnya menyebut Niemcy. Negara di Skandinavia menyebut Jerman Tyskland, dan masih banyak lagi.
  2. Luas wilayah Jerman kira-kira hanya 2 kali pulau Jawa.
  3. Jerman adalah negara pertama yang menerapkan ‘daylight saving time’ untuk menghemat energi. Artikel menarik seputar ini: Mengapa jam di Eropa dimajukan menjelang musim panas?
  4. Banyak orang tahu bahwa kota Venesia di Italy merupakan kota yang dipenuhi kanal dan jembatan. Namun, tak banyak orang tahu bahwa Ibu kota Jerman, Berlin memiliki jembatan lebih banyak dari pada Venesia, bahkan kota terbesar kedua setelah Berlin, yakni Hamburg, memiliki jumlah jembatan lebih banyak dibanding jembatan di Amsterdam dan Venice digabung menjadi satu.
  5. Melarikan diri dari penjara bukan merupakan tindak kriminal di Jerman. Hukum di Jerman mengutamakan kebebasan dan mengedepankan hak asasi manusia. Tidak ada hukuman eksekusi di Jerman. Bahkan melarikan diri dari penjara pun (meskipun tidak diperbolehkan), tapi tak ada undang-undang yang mengaturnya. Mereka akan ditangkap lagi kalau melakukan kerusakan atau kejahatan berikutnya. (sumber: expatica).
  6. Jerman negara yang liberal, tapi ironisnya, banyak peraturan yang mengekang. Kadang sebagai orang Indonesia, aku suka dibuat bingung oleh peraturan di Jerman. Tapi kalau aku pikir-pikir lagi, memang masuk akal dan demi kebaikan bersama juga. Seperti kewajiban memiliki Surat Ijin Memancing, membuat pagar,  kalau maupotong pohon (pohon di halaman rumah sendiri) harus ijin pemerintah setempat, dsb. Baca juga: 5 aturan Konyol dan Kurang Masuk Akal di Jerman
  7. Kehabisan Bensin di jalan tol merupakan sesuatu yang ilegal. Orang boleh ngebut sengebut-ngebutnya karena di 65% jalan tol (Autobahn) tak ada batas maksimum kecepatan, namun jika pengemudi sampai lalai mengisi bensin saat berkendara di jalan tol, mereka bisa kena denda 90 euro dan ditahan SIMnya hingga 6 bulan.
  8. Stasiun utama Berlin (Berlin Hbf) merupakan stasiun terbesar di Eropa.
  9. Seperti yang kita tahu, ibu kota Jerman adalah Berlin, namun tak banyak yang tahu bahwa sebelum Berlin, kota-kota berikut pernah menjadi ibukota negara Jerman: Aachen, Regensburg, Frankfurt am Main, Nurnberg, Berlin, lalu ganti Weimar, Bonn (dan Berlin timur), lalu ganti Berlin lagi hingga sekarang. (sumber: studying in Germany)
  10. Buku yang pertama kali di cetak di dunia adalah buku dalam bahasa Jerman, dan majalah pertama di dunia juga dicetak di Jerman, yakni tahun 1663. Baca juga: 10 Fakta Mengejutkan Seputar Bahasa Jerman
  11. Jerman merupakan negara yang menerbitkan jumlah buku paling banyak sedunia, yakni sekitar 94.000 judul tiap tahunnya.
  12. Jerman merupakan negara yang paling padat penduduknya di Eropa dan negara ketiga di dunia yang paling banyak pendatangnya. Meskipun demikian, sepertiga dari luas wilayahnya masih didominasi oleh hutan dan tumbuhan hijau.
  13. Orang Jerman menyebut orang Amerika ‘Amerikaner’, orang München disebut Münchner. Menyebut asal orang dengan ditambahin -er atau -erin adalah normal di Jerman. Namun, kedengaran lucu juga kalau ada yang bilang, ‘Ich bin ein Hamburger’ atau aku ini Hamburger (meskipun memang benar orang Hamburg di sebut Hamburger). Bahkan John F. Kennedy pernah menjadi bullian publik saat berkunjung ke Berlin dan berkata, “Ich bin ein Berliner”. Berliner adalah nama jajanan donat yang isinya selai rasa buah seperti stroberi, dll. 😀
  14. Donaudampfschifffahrtselektrizitätenhauptbetriebswerkbauunterbeamtengesellschaft merupakan kata terpanjang di dunia yang terdiri dari 79 huruf dan pernah dimuat di salah satu koran di Jerman. Ada yang bisa mengartikannya? 😀
  15. Ternyata bahasa Jerman juga punya banyak dialek. Tak sebanyak Indonesia, Jerman hanya punya sekitar 35 dialek saja.
  16. Ada lebih dari 300 jenis roti dan lebih dari 1000 jenis sosis dibuat di Jerman.
  17. Bir merupakan minuman yang paling sering dikonsumsi orang Jerman, ada lebih dari 1500 jenis bir di Jerman. Salah satu sumber yang mengatakan bahwa saking cintanya kepada Bir, orang Bavaria bahkan mengkategorikannya sebagai makanan, dan dikonsumsi saat sarapan pula. Baca juga: 10 Alasan Orang Jerman Membenci Orang Bavaria.
  18. Tradisi pohon natal ternyata berasal dari Jerman.
  19. Ada lebih dari 2100 kastil di Jerman.
  20. Fanta ternyata berasal dari Jerman. Dulunya, alih-alih mengimpor coca cola ke Jerman, peusahaan setempat membuat minuman sejenis yang memanfaatkan sari buah yang tersisa seperti apel untuk menggantikan coca cola. Saat ini, Fanta dikonsumsi lebh dari 130 juta orang per hari nya di seluruh dunia.
  21. Perguruan tinggi tidak dipungut biaya di Jerman, alias gratis, bahkan untuk pendatang sekalipun. Tapi beberapa negara bagian banyak yang masih memungut biaya.
  22. Jerman terkenal dengan sebutan Negaranya kaum Penyair dan Pemikir (das Land der Dichter und Denker). Tak mengherankan mengingat banyaknya musisi, penyair, para ahli filosofi dan penemu lahir di Jerman seperti Bach, Beethoven, Goethe, Händel, Schumann, Mendelssohn, Brahms, Einstein, dan masih banyak lagi.
  23. Berkaitan dengan poin 23, Jerman juga menghasilkan berbagai macam penemuan yang digunakan orang di seluruh dunia, bahkan penemuan-penemuan mutakhir yang merubah sejarah hidup umat manusia, seperti kalkulator, sepeda, mobil, pengembangan pesawat terbang, clarinet,  paraffin, petrol, mesin diesel, mesin jet, walkman, layar LCD, komputer (kerja sama dengan negara lain juga). Tak hanya itu, penemuan insulin yang sangat bermanfaat di dunia kesehatan juga ditemukan orang Jerman dan ratusan penemuan-penemuan lainnya.
  24. Jerman merupakan kekuatan ekonomi terbesar Eropa dengan GDP (Gross Domestic Brutoo) 3,49 trilliun dolar, juga merupakan negara dengan kekuatan ekonomi paling stabil pada tahun 2014.
  25. Warga negara Jerman atau pemilik Paspor Jerman merupakan orang yang paling bebas keluar masuk negara di seluruh dunia. Tercatat 178 negara bisa dimasuki pemilik paspor ini tanpa apply visa terlebih dahulu.
  26. Jerman merupakan negara pemroduksi terbanyak di seluruh dunia. Baca juga: 16 merk Mobil buatan Jerman
  27. Angela Merkel, Perdana Menteri Jerman sejak 2005, menempati peringkat nomor satu yang dinobatkan sebagai WANITA PALING BERPENGARUH SEDUNIA oleh majalah Forbes di tahun 2012.
  28. Jerman merupakan negara pelopor kebijakan iklim dan energi terbarukan.
  29. Sepertiga populasi orang Jerman merupakan penganut agama Kristen, yang terbagi menjadi kristen Protestan dan Katolik. Kalau kita berada di Jerman Utara, akan lebih banyak penganut Kristen Protestan, sedangkan di selatan lebih banyak penganut Katolik. Sekitar 4 juta penduduk beragama Muslim, dan sekitar 100 ribu beragama Yahudi.
  30. Pernikahan sesama jenis dilegalkan sejak musim gugur tahun 2017 (setelah bertahun-tahun menjadi wacana). Diskriminasi menentang kaum LGBT merupakan tindak ilegal dan bisa dihukum.

Masih banyak lagi fakta-fakta menarik seputar Jerman yang mungkin bisa aku tulis lain kali. Sementara 30 saja dulu (ini sudah banyak banget :D). Semoga artikel ini memberikan manfaat dan sedikit pengetahuan tentang Jerman dan budayanya. Like juga facebook fanpage Denkspa kalau ingin mengetahui melihat informasi, foto dan video yang aku update seputar Jerman. Tinggal scroll down atau klik Denkspa. Terima kasih 🙂

Viele Grüße

Comments

  1. Kebetulan di Yayasan tempat saya bekerja kedatangan 3 volunteer Jerman. Saya pernah diajarin sedikit Deutsch, bahwa dalam bahasa Jerman bisa menggabungkan berbagai kata-kata menjadi satu kata benda gitu… pantesan ada “Donaudampfschifffahrtselektrizitätenhauptbetriebswerkbauunterbeamtengesellschaft” sebagai kata terpanjang. Dan dalam Bahasa Jerman setiap kata benda diawali huruf besar, ya.

  2. Saya baru dapat artinya dari volunteer “Donaudampfschifffahrtselektrizitätenhauptbetriebswerkbauunterbeamtengesellschaft”.
    kurang lebih=
    union of officials (bauunter) for main operational electrical facilities for steam shipping on the Donau.
    Lagipula ada yang salah kata-katannya

  3. Saya baru dapat artinya dari volunteer “Donaudampfschifffahrtselektrizitätenhauptbetriebswerkbauunterbeamtengesellschaft”.
    kurang lebih=
    union of officials (bauunter) for main operational electrical facilities for steam shipping on the Donau.
    Lagipula ada yang salah kata-katanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *