Sekalipun sepele dan mudah sekali untuk dilakukan, namun siapa sangka membeli kartu perdana dan pulsa di negeri orang bisa membingungkan juga (terutama untukku yang katrok banget :D).

Bisa tidak memakai kartu Indonesia di Jerman?

Dulu kartu perdanaku (Im3), tidak bisa diakses sama sekali di Jerman, bahkan hpku jadi sering nge-hang. Namun, kenyataannya, banyak temanku yang bisa memakai kartu Im3, Telkomsel di Jerman, tentu saja, kita tidak bisa tlp atau sms, namun, bisa whatsapp (kalau ada WLAN).

Perlukah membeli kartu perdana di Jerman?

Kalau kamu berniat tinggal lama, pasti akan sangat perlu. Kalau hanya untuk berlibur tidak usah.

Kartu perdana apa yang bagus?

Tergantung kebutuhan kalian apa? Butuh internet? Cari provider yang menawarkan internet tak terbatas dengan harga yang murah. Atau lebih gampangnya untuk kalian yang ingin membandingkan harga tarif sim card, google aja: Handytarif zum vergleich. Nanti bakalan ada portal-portal layanan online yang bisa kalian gunakan untuk membandingkan tarif, contohnya verivox.de.

Kalian bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan dengan mengisi kolom datenvolumen ab. Bisa juga tidak diisi dan langsung klik: Jetzt Vergleichen
Tuh, muncul harga tarif per bulan. Ada yang mulai 5 euro sampai puluhan euro per bulan. Kalian tinggal membandingkan tergantung kebutuhan kalian. Ada juga keterangan 2GB daten, yang artinya dalam sebulan kalian mendapat 2GB kuota internet.
Jenis Kartu Perdana di Jerman

Perlu aku sebutkan, bahwa di Jerman ada banyak penawaran dari provider, kartu perdana plus Hp. Ini disebut Vertrag. Vertrag ini semacam kredit hp. Misalnya, yang paling lazim dan sering aku temui, temanku kredit iphone 7 di Vodavone. Mereka membayar tarif hp plus biaya pulsa bulanan 50 euro selama 2 tahun (harga tergantung jenis hp dan pulsa bulanan). Setelah 2 tahun, vertrag selesai, hp bisa dimiliki. Para provider suka saingan memberikan penawaran yang sangat murah. Terakhir, aku mengantarkan temanku bikin Vertrag untuk Iphone 8, DP nya 117 euro, cicilannya 20 euro per bulan selama 2 tahun, plus gratis internet 3GB perbulan, gratis telepon 100 menit dan sms sepuasnya. Aku sering nyebutnya, beli perdana dapat hp, soalnya kreditnya lumayan murah, kayak bayar tarif bulanan doank 😀

Sedangkan jika kita hanya membeli kartu perdana saja, bisa prabayar bisa pasca bayar. 

Bagaimana cara membeli kartu perdana baik Vertrag maupun pra bayar?

* Jika kita hanya membeli kartu perdana saja, kita bisa pesan online lewat verivox setelah memtuskan mana yang terbaik, bayar lewat online banking, kartu perdana dikirim lewat pos, lalu pasang sendiri deh di hp,

* Bisa juga pergi ke supermarket, cari di sana kartu perdana (namanya sim karte),

* Atau beli ke provider center di kota terdekat. Biasanya di pusat perbelanjaan, ada tuh yang jualan sim karte. Tinggal beli aja ke abangnya.

# Kalau kalian berencana tinggal lama di Jerman (lebih dari 2 tahun) lalu pengen ganti hp yang lebih canggih, bisa juga beli kartu perdana berbonus hp hehhe. Pergi aja ke provider terdekat dan bilang, “Ich möchte gerne einen neuen Vertrag abshließen”. Lalu nanti ditawarin tarifnya dan ditanyai mau pakai hp apa, Samsung, Iphone, tinggal pilih.

Tips: Sebaiknya jangan langsung setuju, kita bandingin juga di provider lain, bisa jadi di provider atau toko lain lebih murah Vertragnya. FYI, provider yang sama dengan toko dan penjual yang berbeda juga bisa membedakan harga loh! Namanya juga mereka nyari untung dari pelanggan, kan! Jadi, dengerin baik-baik tawarannya. Lalu bilang, “Sehr schön, dann werde ich mir erst überlegen. Ich komme aber morgen wieder. Danke”. Kalau sudah menemukan penawaran yang terbaik, balik lagi ke tokonya, lalu bilang, pengen Vertrag.

# Jangan lupa saat datang dan memutuskan untuk membuat Vertrag hp, bawa : paspor, visa dan Meldebescheinigung. Itu loh, yang kalian dapat dari Amt setempat saat anmelden atau lapor diri.  Kalau belum tahu gimana dapetinnya, baca: Cara anmelden saat baru tiba di Jerman. 

Apakah mereka percaya sama kita kalau kita kredit hp mahal begitu?

Ini juga menjadi pertanyaanku. Namun, nyatanya membuat vertrag hp tak susah kok dan banyak sekali teman-teman Indonesia yang juga melakukannya. Syaratnya ga ribet. Dan hp juga bisa diberikan saat itu juga. Parah banget kan?

Aku pernah punya pengalaman temanku yang hp lamanya jatuh saat sebelum datang ke rumahku. Sejam kemudian, dia bilang, “Eh anterin ke O2 donk, gue mau bikin vertrag.”. Saat itu juga dan hari itu juga, dia dapat iphone 8 nya dengan sangat mudah, kurang dari sejam prosesnya.

Provider apa yang aku gunakan?

Aku sendiri belum pernah membuat Vertrag. Pertama, aku kurang suka berhutang, kedua, aku nggak ganti hp kalau nggak rusak parah, ketiga, tarif hp yang aku gunakan sudah sangat murah.

Aku menggunakan Call Mobile dengan layanan pasca bayar. Aku dapat kuota hanya 500 MB perbulan (toh di rumah sudah ada WIFI, jadi pikirku tak perlu beli banyak kuota), gratis 100 sms per bulan, dan gratis tlp ke semua provider selama 100 menit per bulan. Tarifku hanya 4,95 euro per bulan. Tapi aku akan kena charge lebih jika aku tlp lebih dari 100 menit per bulan, dan kalau kuotaku habis, internet tanpa WIFI bakal lemot banget. Call mobile ini bekerja sama dengan Vodavone, jadi sinyalnya, pakai sinyal Vodavone. Kabarnya sih, sinyal Vodavone cukup kuat.

Sebelumnya aku pakai Blau.de dengan tarif pasca bayar 10 euro per bulan.

Bagaimana kalau kita ke luar Jerman?

Ada provider yang bisa dipakai di luar Jerman (selama masih EU), tanpa roaming, ada yang tidak bisa dipakai. Provider ku misalnya, tidak bisa dipakai kalau tak ada WIFI di Italia. Kecuali kalau sebelum ke Itali kita tlp customer servicenya dan minta untuk diaktifkan selama di Itali. Untuk itu, kita harus bayar lebih.

Bayar pulsanya bagaimana?

Kalau Vertrag dan pasca bayar, otomatis ditarik dari bank kalian! Oleh karena itu, penting sebelum bikin, vertrag, bikin bank dulu.

Baca juga: Membuka Rekening Bank di Jerman: Tips dan Prosedur!

Kalau pra bayar, kita bisa beli di supermarket atau provider terdekat pulsanya dan tinggal ngisi kode kayak di Indonesia aja. Nama pulsa dalam bahasa Jerman adalah GUTHABEN.

Nah, sampai di sini semoga bisa membantu kalian yang mungkin baru saja datang ke Jerman dan kebingungan memilih atau membeli kartu perdana untuk digunakan.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa like facebook fanspage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (terima kasih banyak)

Liebe Grüße

 

Comments

  1. Hai Girindra, sim card dari Indonesia bisa dipakai juga di Jerman ko, sblm pergi harus diaktifkan internasional roamingnya. Ada yg bisa diaktifkan per sms atau pergi ke kntr grapari utk produk simpati.
    Pakai sim card Indonesia grastis terima sms di LN, cuma kalau mau balas sms, telp atau terima telp ya bakalan jauh lebih mahal krn kena biaya roaming. Amannya ya terima sms aja, dan acuhkan klo ada panggilan masuk selama masih pakai no. Indonesia.

    1. Halo Mbak Nela, terima kasih infonya…sangat membantu. Temanku banyak juga yang masih pakai kartu Indo, tapi ya gtu ga bisa ditlp atau nlp, kadang kami jengkel juga kalau janjian sama dia, soalnya sulit dihubungi wkkkkkk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.