Mengirim uang kepada keluarga di Indonesia (remittance) dari luar negeri sebenarnya super duper mudah. Hanya saja kalau kita baru tiba di Jerman dan masih bingung dengan situasi yang serba cepat dan modern, pasti bingung juga. Terlebih kalau kita datang sebagai au pair atau FSJ di mana host family, träger dan arbeitsgeber tak tahu menahu seputar mengirim uang ke luar negeri (mereka kan nggak pernah mengirim uang ke luar negeri) 😀

Nah, berikut ini cara aman, mudah dan murah mengirim uang dari Jerman kepada keluarga di Indonesia.

  •  Pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat rekening bank. Karena transaksi hanya bisa dilakukan melalui rekening bank kalian di Jerman. Kalau keluarga di Indonesia tak punya rekening bank, tak masalah, karena layanan yang akan aku sebutkan di poin selanjutnya bisa mengirimkannya lewat kantor pos. Keluarga hanya butuh KTP, kalau misalnya di Indonesia ada rekening bank, malah lebih baik lagi.
  •  Melalui aplikasi ONLINE. Lupakan western Union atau kirim melalui bank yang mahal. Sekarang ada aplikasi online (website dan aplikasi hp yang bisa didownload) yang memudahkan kalian mengirim uang ke Indonesia. Aplikasi-aplikasi ini juga tidak membtuhkan kode bank Internasional (BIC atau Swift Code) di Indonesia, hanya nomor rekening bank penerima dan mereka akan mendeteksi sendiri nantinya. Pokoknya mudah.

Apakah benar-benar aman dan sampai di Indonesia uangnya?

Aku pernah melakukan kesalahan memasukkan nomor rekening sehingga uangnya tidak masuk di bank keluargaku di Indonesia. Beberapa hari kemudian, uangku dikembalikan 100% ke bank oleh pihak mereka. Asumsiku, sangat aman dan terpercaya.

Caranya?

Oke, aku jelaskan dulu bahwa ada beberapa sistem layanan online yang bisa kalian gunakan. Karena aku hanya pernah menggunakan 2 aplikasi, jadi aku hanya bisa memberi 2 review yang bisa kalian pilih.

Pertama, melalui World Remit. 

Mengirim uang melalui World Remit. Untuk 1000 euro, kalian harus membayar biaya jasa 22 euro

World Remit adalah penyedia layanan pengiriman uang dari seluruh dunia. Sistemnya, kalian mengirim uang ke akun layanan world remit, lalu mereka yang mengirimkannya ke Indonesia. Biayanya tidak begitu mahal dan sistem pengirimannya mudah. Selain itu, kalau kalian sering mengirim, akan dapat bonus voucher 10 atau 20 euro yang bisa digunakan sebagai biaya transfer selanjutnya. Selain itu, penerima bisa memilih cara pengiriman, yakni lewat bank atau cash pick up (yakni penerima mengambil uang lewat kantor pos terdekat).

Aku sering menggunakan world remit untuk mengirim uang ke Indonesia beberapa tahun yang lalu. Dan aku sangat puas dengan pelayanannya. Jadi, kalian tidak perlu meragukan keamanan layanan online ini.

Barapa lama sampai?

Kira-kira dua sampai 5 hari kerja. Karena di Jerman, transfer membutuhkan 2-3 kerja, lalu world remit harus mengirimkannya ke Indonesia, jadi agak lama. Tapi karena itulah proses berjalan aman, karena jika uang cepat sampai, tidak terkontrol, akan rawan penipuan.

Apa yang harus dipersiapkan untuk mengirim uang melalui world remit?

a. Daftar akun bank. Kalau belum punya akun bank Jerman, coba baca tips dan prosedur daftarnya, di sini: Daftar Rekening Bank di Jerman, tips dan prosedur!

b. Daftar akun world remit. Daftar akun world remit ini kayak daftar Facebook doank. Silakan klik di sini untuk daftar world remit!

c. Kirim uang: Untuk mengirim uang, kalian butuh data penerima (No Rekening Bank manapun di Indonesia, No tlp atau hp penerima, alamat sesuai KTP penerima, dan alamat email penerima).

d. Pembayaran. Setelah semua data terisi lengkap, kalian akan disuruh membayar.

Kalian akan diarahkan untuk membayar melalui sofort (layanan transfer antar bank) atau kartu kredit. Kalau kalian cuma punya EC atau Girokonto (rekening bank biasa), sofort adalah satu-satunya cara membayar. Lalu tekan next.

e. Selesaikan transaksi. Setelah menekan next, kalian akan diarahkan ke layanan sofort untuk masuk ke online banking, siapkan nomor online banking, paspor dan TAN untuk transfer. Semua serba praktis. Kemudian kalian akan mendapat email pemberitahuan kalau uang kalian sudah masuk, kalau penerima sudah mendapatkan uang di Indonesia, dsb.

f. Promosi ke teman. Jika kalian promosi ke teman dan mereka mengirim uang minimal 125 euro, kalian akan dapat 20 euro voucher world remit. Aku sendiri belum pernah dapat, jadi aku nggak tau apakah voucher tersebut bisa ditukar uang, ataukah hanya bisa digunakan membayar transaksi pengiriman uang saja. Kalau kalian mau daftar lewat aku, silakan klik link pendaftaran di atas. Aku akan sangat berterima kasih, karena dengan begitu, kalian mendukungku untuk terus menulis dan memberikan informasi yang positif seputar Jerman.

Daftar World Remit klik di sini.

2. Mengirim uang melalui Transferwise

Setelah sekitar setahun aku mengirim uang melalui World Remit, aku kenal aplikasi lain yang ternyata lebih murah. Yakni Transferwise.

Untuk mengirim uang ke Indonesia sebanyak 1000 euro, biaya pengirimannya hanya 6,86 (kalian harus klik di sebelah angka itu> low cost transfer fee)

Transferwise juga sangat aman dan terpercaya. Cerita tentang kesalahan nomor rekening yang kulakukan kala itu juga melalui transferwise. Mereka mengembalikan uangku saat ternyata nomor rekening tak cocok dengan alamat penerima. Bahkan, customer servicenya ada orang Indonesia yang mengirimkan pesan padaku saat sang penerima meminta keterangan transfer lanjutan. Mereka sangat helpful dan terpercaya.

Cara mengirim?

Caranya hampir sama dengan world remit.

  1. Kalian bikin akun bank dulu.
  2. Bikin akun di transferwise. Bikin akun ini juga sangat mudah, dengan cara klik di sini.
  3. Lalu kirim uang. Untuk itu, kalian butuh data bank dari penerima (nomor rekening, nama bank) dan alamat email mereka.
  4. Kalian akan diminta memberikan alasan mengirimkan uang, ini bertujuan untuk menghidari pencucian dan penggelapan uang. Kalau kalian mengirim kepada keluarga, pilih opsi supporting family.

     

    Kemudian, pilihan akun pengiriman uang. Kalau kalian akan mengirim dari bank pribadi, maka opsinya bukan join account, tapi personal account. Karena kadang ada juga orang ynag sudah menikah punya join account (rekening satu buat berdua atau berramai-ramai)

     

    Untuk mengirim dengan cara yang murah, kalian akan diberikan opsi: mentransfer ke Transferwise, lewat Sofort (transferwise yang menarik uang dari online banking kalian), atau pakai trustly atau ideal (kedua opsi ini aku belum pernah coba). Jadi aku sarankan pakai transfer atai sofort saja.
    Untuk transfer yang cepat, kalian bisa pakai kartu kredit, bayarnya agak mahal, tapi sampainya cepat (sekitar 1-2 hari)

     

    Kalau kalian pakai opsi transfer, kalian akan disuruh transfer dulu melalui online banking ke akunnya Transferwise. Kalian tidak boleh pinjam akun teman, harus bank kalian sendiri.

     

  5. Sesudah itu, kalian klik ‘I’ve made my transfer’ kalau kalian sudah transfer. Kalau kalian pilih opsi sofort, lebih gampang lagi, kalian ga perlu transfer, tapi akan diarahkan untuk masuk ke layanan sofort, ke online banking, lalu masukkan no online banking, pin, dan iTan. Transaksi akan otomatis terproses.
  6. Transferwise akan mengirim email pemberitahuan jika uangnya sudah sampai di mereka, jika sudah dalam perjalananan dikirim, dan jika sudah sampai kepada penerima. Jadi kalian bisa lega.
  7. Promosi ke teman. Jika kalian promosi ke 3 teman dan masing-masing dari mereka mengirim uang minimal 250 euro, kalian akan dapat  60 euro voucher world remit. Aku sendiri belum pernah dapat, jadi aku nggak tau apakah voucher tersebut bisa ditukar uang, ataukah hanya bisa digunakan membayar transaksi pengiriman uang saja. Kalau kalian mau daftar lewat aku, silakan klik link pendaftaran di atas. Aku akan sangat berterima kasih, karena dengan begitu, kalian mendukungku untuk terus menulis dan memberikan informasi yang positif seputar Jerman.

Untuk daftar Transferwise melalui aku: klik di sini

Nah, bagaimana? Tidak susah bukan? Semua serba praktis. Tentunya masih ada opsi pengiriman lain. Namun, sementara ini, aku masih memakai 2 alternatif ini untuk mengirim uang ke Indonesia.

Baca juga:

Membuka Rekening Bank di Jerman, Tips dan prosedur

Membuka Rekening Bank dan Kartu Kredit Gratis di Jerman

Sebaiknya Commerzbank atau Comdirect??

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa like facebook fanspage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (terima kasih banyak)

Liebe Grüße

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.