Tips membuka rekening bank di Jerman:

* Di Jerman banyak bank yang menguntungkan nasabahnya, banyak juga yang merugikan. Kita harus cermat. Sebaiknya google dulu apa keuntungan yang di dapat sebelum memutuskan untuk mendaftar,

* Cari rekomendasi (bewertung) dari sebuah bank. Misalnya kalian ingin mendaftar Volksbank Münster, klik aja bewertung google bank tersebut.

* Jangan mendaftar bank karena bank tersebut terkenal, carilah bank yang menguntungkan. Aku dulu menyesal mendaftar Sparkasse, karena tak ada untungnya juga. Di Jerman, ada bank yang memberi uang kepada nasabahnya berupa Welcome Prämie (premi pendaftaran rekening), memberi bonus jika mendaftarkan teman, dsb. Nah di Sparkasse atau Volksbank tidak ada semua itu. Kecuali Sparkasse Frankfurt yang memberi bonus 200 euro kepada nasabah baru dengan syarat nasabahnya menggunakan Sparkasse sebagai bank penerima gaji (gajinya minimal harus 1200 euro)

* Jika kamu tinggal di kota kecil, mungkin Sparkasse atau Volksbank terlihat paling dekat dan paling terjangkau. Namun kita bisa mensiasati untuk daftar Commerzbank atau Comdirect agar tidak sering ambil uang di ATM, kita ambil sekali sebulan di kota besar, lebih irit.

* Comdirect dan Norisbank misalnya, menawarkan Kartu Kredit Visa (Comdirect) dan Mastercard (Noris) yang gratis, sehingga jika kalian daftar, tidak perlu capek-capek mencari dan daftar kartu kredit di bank lain.

* Kita bisa membuka LEBIH DARI SATU BANK dan bisa Keluar (KÜNDIGEN) kapan pun jika tidak puas sebagai nasabah.

* Jangan mau jika ada biaya bulanan, terlebih jika kalian au pair atau FSJ! Banyak bank yang tidak memungut biaya bulanan sepeserpun.

* Bank di Jerman relativ aman. Berbeda dari Bank di Indonesia yang transfer satu menit sudah sampai, di Jerman prosesnya bisa memakan 2-3 hari kerja sehingga jika terjadi kekeliruan atau penipuan, misalnya digendam dan transfer kepada orang tak dikenal, kita bisa claim bank di hari yang sama, dan uang bisa kembali sebelum sampai ke nomor rekening yang berbeda.

Bank yang aku Rekomendasikan:

COMMERZBANK: merupakan Bank terbesar ke 4 di Jerman setelah Deutsche Bank, DZ Bank dan KfW. Commerzbank sering menawarkan Welcome Prämie yang besar kepada nasabah barunya. Saat daftar dulu, aku mendapat 200 euro secara cuma-cuma dari Commerzbank setelah 3 bulan karena aktif menggunakannya untuk nabung dan transfer uang perbulan. Kemudian kalau kita merekomendasikan nasabah baru, Commerzbank akan memberi 50-100 euro (tergantung promo). ATM ada banyak di kota besar dan tak ada biaya bulanan sama sekali.

COMDIRECT. Kita bisa mendapat kartu Kredit yang bisa kita gunakan untuk menarik uang tunai di Indonesia tanpa pungutan biaya sepeser pun, tak ada biaya bulanan, mendapat premie nasabah baru sekitar 50-125 euro (tergantung promo), bonus jika mendaftarkan nasabah baru sebesar 20-25 euro

Selebihnya, aku pernah daftar Ing Diba yang juga rekomedasinya bagus, dan juga Post Bank karena ada Premie nasabah baru sebesar 150 euro saat itu, namun ditolak karena mahasiswa kantongnya kering, rupanya mereka pilih-pilih nasabah. Namun Commerzbank dan Comdirect, aku jamin kalian bisa juga mendaftar.

Baca juga: Cara mengirim Uang ke Indonesia dari Luar Negeri (dari Jerman)

Mengapa aku menyarankan 2 bank tersebut?
  •  Karena aku sendiri puas dengan bank tersebut,
  •  Dengan mendaftar di 2 bank tersebut melalui aku atau Bendahara AFA (Fatima Tuzzahro), kalian juga turut membantu kami mengembangkan AFA dan menyokong organisasi untuk kalian sendiri, karena premi rekomendasi melaluiku (baik Comdirect maupun Commerzbank) akan aku sumbangkan sepenuhnya untuk AFA (Au Pair, FSJ, und Ausbildung aus Indonesien) Germany. Jika kalian ingin membuka rekening di kedua bank tersebut, mohon hubungi AFA: lewat fbku: Girindra Puspa Denker atau Bendaharanya: Fatima Tuzzahro (lewat messanger). Kami akan sangat berterima kasih dan membantu kalian dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Cara membuka Rekening Bank dan Kartu Kredit di Jerman

Cara daftar Bank di Jerman:

Sekalipun aku menyarankan 2 bank tersebut lewat AFA, namun aku juga tidak memaksa kalian untuk melakukannya. Oleh karena itu, berikut juga aku tuliskan prosedur mendaftar bank di Jerman jika tidak lewat rekomendasi seseorang:

a. Secara online: Tinggal google (bank apa yang kalian minati) (konto eröffnen). Misalnya: Sparkasse Konto Eröffnen. Nanti akan muncul secara otomatis langkah-langkah yang bisa kalian ikuti. Nanti setelah submit, mereka akan mengirimkan berkasnya ke alamat yang kalian isi (sesuai anmeldebescheinigung), lalu kalian datang ke kantor pos untuk legitimasi (semua petugas pos sudah tahu apa yang harus mereka lakukan untuk membantu kalian), tinggal tunjukkan paspor saja. Setelah semua berkas yang dibutuhkan sudah terkirim, kalian akan menerima kartu ATM, pin, dsb lewat pos beberapa minggu kemudian.

b. Datang langsung ke bank: kita bisa daftar langsung ke bank dengan membawa surat anmeldebescheinigung dan paspor serta Visa yang masih berlaku. Prosesnya lumayan cepat dan beberapa minggu, mereka akan mengirimkan berkas-berkas lewat pos.

Cara mendapat anmeldebescheinigung, baca: cara anmelden saat baru tiba di Jerman

Tidak ribet kan? Tunggu apa lagi? Daftar saja, melalui AFA atau sendiri.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa like facebook fanspage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (terima kasih banyak)

Liebe Grüße

 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.