Saat menuliskan judulnya aku merasa geli sendiri karena memang ‘click bait’ banget. Sebenarnya sama seperti pria dari belahan dunia manapun, pria Jerman punya sifat dan karakter yang berbeda-beda, berikut selera mereka terhadap wanita atau partner yang diidamkannya. Sama dengan kita sendiri, kita pasti mendambakan pasangan sesuai dengan selera. Ada yang suka pria hitam manis, ada yang suka pria berkulit putih, ada yang suka agak gendutan, chubby, kurus tinggi, dsb. Betul tidak?

Namun, percaya nggak percaya, selera seseorang itu banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan definisi cantik menurut apa yang lingkungan tanamkan pada benak kita. Contohnya, pria Indonesia (meski nggak semua) pasti suka wanita yang memenuhi beberapa kriteria; kulit kalau bisa terang, hidung mancung, rambut lurus atau kalau orangnya agamis, juga mendambakan wanita yang agamis, lalu idealnya wanita tersebut nggak kurus-kurus banget, agak semok dan montok gitu lah. Gambaran wanita-wanita selebritis yang bermunculan di TV banyak mempengaruhi konsepsi cantik itu sendiri.

Begitu pun dengan orang Jerman. Orang di Eropa demen banget sama kulit yang agak gelap, wanita yang kurus banget dan dadanya rata, pokoknya bayangan model-model Prancis meliuk-liuk di cat walk yang kalau kena angin bakal terbang tuh mengena banget.

Baca juga: Mengapa Kulit Gelap Lebih digemari di Jerman?

Eiittttsss tapi aku kurang setuju dengan konsepsi cantik tunggal yang dielu-elukan baik di Eropa maupun di Asia tersebut, karena meskipun ada ideal cantik yang didambakan, banyak banget orang Jerman yang suka pasangannya A, B, C, ga cuma gelap dan kurus, banyak juga mereka yang ga memikirkan fisik, yang penting hatinya terpaut. Ngomong-ngomong tentang keterpautan hati, ini menjadi kunci yang aku sering amati dari banyak kenalan dan teman yang aku temui di Jerman. Bagaimana sih sebenarnya orang Jerman itu tertarik pada calon pacarnya? Apa yang dinilai dari pasangannya sehingga mereka terlihat tak hanya cantik namun juga atraktif?

Cantik dan atraktif merupakan konsep yang berbeda. Di Indonesia, aku hanya mengenal cantik dan menarik. Di Jerman mereka menyebutnya atraktif, yakni mereka yang terlepas dari penampilan dan tampang yang cantik atau tampan, juga mempesona dan memancarkan aura yang membuat lawan bicaranya terpaut. Pria dan wanita bisa saja jatuh cinta dari mata, begitupun pria Jerman, mereka akan terpikat pada penampilan atau wajah yang menurut mereka cantik. Namun menurut pengalamanku dan banyak temanku, jika pada akhirnya mereka menemukan bahwa orang tersebut tidak begitu atraktif, mereka akan melepaskannya.

Nah, meskipun terkesan general, aku akan mencoba menguraikan sifat-sifat apa saja yang disukai oleh Pria Jerman. Perlu diperhatikan di sini bahwa 10 sifat ini merupakan observasi pribadi serta pengalamanku dan teman-teman. Aku tidak bermaksud men-generalisasi bahwa semua orang Jerman suka sifat seperti ini, karena sekali lagi, pria bule, terutama Jerman, punya karakter yang bervariasi. Kalau kalian punya opini lain, silakan berkomentar 🙂

Baca juga: 10 Karakter Wanita Jerman

Pria Jerman suka wanita yang…..

  1. Tahu Apa Yang Dia Mau

Terserah kamu mau sereligius atau seliberal apapun, tak peduli kamu suka musik metal atau suka baca kitab suci, entah kamu mau nikah atau cuma mau tidur dengannya doang, jika kamu tak plin plan dan tahu apa yang kamu mau, itu terkesan mempesona tak hanya bagi pria namun bagi orang-orang di sekitarmu. Feminisme telah tersebar luas di Jerman dan bahkan pria Jerman sendiri setuju bahwa wanita itu punya haknya yang utuh dan tak bergantung pada siapapun dan tak ikut siapapun. Ketika menikahpun, dia punya privasi nya sendiri. Tahu betul apa mimpimu dan tahu betul apa yang kamu mau serta terkesan tegas. Orang Jerman suka sifat itu.

2. Pandai Menempatkan Diri

Mereka suka wanita yang pandai menempatkan diri, tahu saatnya bermanja dan tahu saatnya tegas. Pria Jerman aku sangat penasaran jika kita pandai menarik ulur hati mereka dan tidak terlalu merengek akan cinta.

3. TIDAK MENEKAN

Sifat menekan merupakan salah satu sifat ‘NO GO ‘ di Jerman. Kalau kepada pria Indonesia kita bisa membicarakan pernikahan di pertemuan pertama, kepada pria Jerman membicarakan tentang anak atau pernikahan akan aman ketika sudah menjalin hubungan karena mereka akan merasa tertekan banget ketika saat baru pertama kenal sudah disuruh menikahi. Kecuali mereka yang sudah kebelet menikah. Hhehhe, tapi sebagai wanita, kita harus tahu dulu apakah pria ini memang bener mau nikahin kita atau pengen mengenal kita lebih jauh. Jangan sampai kita menekan mereka dengan membicarakan hal-hal yang terlalu jauh. Aku jamin mereka akan cepat kabur. Santai dan jalani saja dulu.

4. Mandiri

Pria Jerman kurang suka wanita yang needy (dikit-dikit butuh si pria). Jangan bayangkan pacaran dengan orang Jerman itu selamanya enak. Mereka nggak akan sms kamu setiap detik setiap waktu atau telefon sepanjang malam. NO WAY, mereka yang tinggal di Jerman pasti memiliki kesibukan yang padat sehingga meskipun hubungan kalian menjadi sebuah prioritas, namun mereka suka jika kalian lebih mandiri dan tahu mengatur segala sesuatunya sendiri.

Baca Juga: 9 Ciri Cowok Jerman yang serius menjalin hubungan

5. Mengerti Keadaan Si Pria

Pria Jerman itu bukan pria yang mengagungkan kecantikan semata. Jika kita sering kenal pria Indonesia yang pengalah demi sang wanita, pria Jerman tak akan peduli kamu secantik apa kalau pas debat mereka merasa benar, mereka akan mempertahankan pendapatnya sampai mati. Sekalipun banyak orang Jerman yang romantis, tapi kebanyakan pria Jerman itu kaku dan tegas. Jika kamu nggak mengerti keadaan dia, dia nggak akan segan meninggalkan kamu, mereka nggak akan mau jadi pihak yang selalu memberi pengertian, namun juga harus dimengerti.

6. Jadi Diri Sendiri

Jika pria Jerman memilih kamu yang notabene bukan berasal dari budaya mereka, maka sudah dipastikan mereka akan suka jika kamu jadi dirimu sendiri dan tak berusaha jadi wanita Jerman. Jangan berusaha menjadi putih, bening seperti idealnya wanita dambaan pria Indonesia, jadilah dirimu sendiri saja. Itu lebih mempesona. Tapi di sini kamu juga harus pandai melihat apakah mereka memang suka pada dirimu atau suka pada budaya mu (budaya Indonesia).

Baca juga: Mengapa kita harus hati-hati menjalin hubungan dengan bule yang sudah kenal Budaya Indonesia?

7. Wawasannya Luas

Pria Jerman juga banyak yang bego kok. Percaya deh, aku sering ketemu banyak pria yang pikirannya sempit dan nggak begitu terbuka pada budaya asing. Meski demikian, mereka akan terpesona pada wanita yang smart dan tahu serta penasaran akan banyak hal. Jangan cuma diem dan menunggu dia bicara, cobalah membuka obrolan karena banyak orang Jerman yang pemalu juga. Mereka suka jika kita banyak bertanya dan bercerita serta melucu, meskipun mereka pendiam dan pemalu, mereka akan super duper tertarik pada wanita yang pandai mencairkan suasana dan nggak boring.

Baca juga: Pacaran Dengan Orang Jerman??

8. Tidak Terburu-Buru

Buru-buru yang aku maksud di sini adalah jangka waktu kalian untuk mengungkapkan segala sesuatu. Tahu sendiri kan orang Jerman itu orang yang amat sangat terperinci dan melakukan segala sesuatu sesuai rencana? Jika dipertemuan pertama atau kedua kalian udah buru-buru menyatakan cinta, ngajak nikah dan memaksa dia menyatakan perasaannya atau tak sabar pengen tau apakah dia benar-benar serius atau cuma maen-maen doank, mereka akan ketakutan dan merasa tertekan.

Pria Jerman lebih suka menjalani hubungan sesuai dengan apa kata hati bukan apa kata orang. Kadang ada juga temanku yang baru kenal pria Jerman, 5 bulan langsung dinikahi, ada yang sudah 5 tahun tapi si pria tak kunjung yakin bahwa wanita tersebut adalah wanita yang tepat untuknya. Jadi, sebagai wanita kita juga harus peka terhadap pria dan apa maunya mereka.

Baca juga: 8 TANDA COWOK JERMAN TERTARIK PADAMU!

9. Punya Banyak Kesamaan dan Nyambung Kalau di ajak ngobrol

Percaya nggak percaya, banyak orang Jerman yang memutuskan untuk tidak melanjutkan berpacaran dengan orang yang ditemuinya hanya karena selera musiknya berbeda. Sebagai orang Indonesia, aku tak pernah menemui kasus seperti itu karena kebanyakan baik pria maupun wanita Indonesia suka pada jenis lagu yang sama. Ya nggak sih ?

Namun, di Jerman banyak orang alternatif yang suka aliran musik metal, techno, electro dan benci banget sama rock, jazz atau pop. Jadi orang lebih berwarna warni di Jerman. Hhehhe, sehingga aliran musik menjadi penting dalam jalinan sebuah hubungan, bahkan ada juga yang menganggap kesamaan hobi atau aliran musik serta gaya hidup/makan (vegan,dsb) lebih penting ketimbang kesamaan AGAMA.

Namun, kalian juga nggak harus serta merta suka dengan apa yang mereka sukai, sekali lagi, jadi diri sendiri dan jangan memaksakan sesuatu. PERCAYALAH, JIKA DIA MEMANG JODOHMU, maka TUHAN akan mengikat hatinya hanya untukmu.

*Punya pengalaman menarik dan Tips seputar budaya Jerman dan pendapat tentang orang Jerman seperti ini? Daripada opini nganggur dan jadi khayalan doank, bagikan infonya supaya banyak orang yang mendapat manfaatnya. Denkspa menerima tulisan traveling seputar Jerman dan Eropa yang berisi tips-tips dan info. Kalian akan dapat komisi dari pengiriman tulisan tersebut. Untuk info selengkapnya, klik di sini.*
10. LUCU, Easy Going dan Menyenangkan

Ketiga hal ini sangat relatif karena berhubungan dengan selera humor. Lucunya orang Jerman dan lucunya orang Indonesia pastinya sangat berbeda. Namun, jika kamu tau apa yang bisa membuatnya bisa tertawa dan kamu selalu bisa membuatnya tertawa karena lelucon yang kamu buat, bisa jadi dia terpikat padamu. Pria Jerman tak suka orang yang hanya berdiri mematung dan pasif. Kelihatan banget kalau orang kayak gitu gak asik dan kurang menyenangkan.

Baca juga: Cari Bule Lewat Dating Sites? Perhatikan 10 Hal berikut! 

*

Semoga opini pribadi ini bisa menjadi diskusi yang memberikan manfaat kepada siapapun yang mencari info tentang orang Jerman atau mau ke Jerman.

Baca juga:Cari Pacar Bule? Review Dating Sites di Jerman

*
Follow instagram: @resep.anak.rantau  

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.