Tema Ausbildung ke Jerman melalui salah satu agen merupakan topik panas yang sering diperbincangkan oleh calon azubi maupun azubi yang sudah berangkat. Tak hanya itu, topik ini juga menjadi bahan pembicaraan di kalangan guru les bahasa Jerman di Indonesia yang menyiapkan peserta didiknya untuk ke Jerman serta meresahkan para orang tua yang anaknya sudah tinggal maupun akan berangkat ke Jerman.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya? Seburuk itukah kinerja agen? Haruskah saya ke ke Jerman melalui Agen? Apa kata azubi yang sudah berangkat ke Jerman melalui Agen?

Tulisan ini saya buat semata-mata untuk dokumentasi penelitian dan tidak bermaksud menjatuhkan pihak manapun. Jika pembaca adalah seorang agen maupun sub agen di Jerman maupun di Indonesia, mungkin artikel ini bisa menjadi bahan acuan sebagai perbaikan kinerja di masa yang akan datang.

Tulisan ini saya buat berdasarkan survey yang di isi oleh 27 orang azubi yang datang melalui agen (tak perlu saya sebutkan agennya siapa)

  1. Harga yang ditawarkan oleh agen dan problematikanya. Apakah harga yang ditawarkan oleh agen cukup rasional menurut anda?

Agen mematok harga 100-300 euro dari para azubi dan menurut asumsi dari azubi:

69,2% menjawab bahwa harga yang ditawarkan agen cukup rasional dengan alasan sebagai berikut:

– Saat itu biaya Agen yang saya bayarkan 100 Euro,saya rasa itu harga yang cukup bersahabat

-Saya rasa cukup rasional, jika melihat dari besaran angka dibawah 350€

-Wajar dan murah ,karna saya tau banget dan punya pengalaman pribadi susahnya klw sendiri

-Menurut pendapat saya harga yang di tawarkan agen kepada saya sudah cukup rasional, dan dengan fasilitas yang saya dapat kan di sini tidak lah buruk

-Saya membayar 300 euro. Saya anggap wajar karena penghasilan agen tidak tetap dan agen pastilah mencari untung.
-Karena lebih murah
-Dijemput, diantar ke Betrieb, didaftarkan asuransi.

-Murah banget

-Kami harus membayar 5 juta rupiah atau 300€ yang diketahui uang untuk Agent

-Karena termasuk dikatakan terjangkau harga yang ditawarkan dibandingkan dengan agen lain.
-Harga yang saya bayar sudah mencakup semua (biaya kursus sampai lulus ujian di Goethe, pengurusan paspor, visa, dsb)
-Biaya yg sy bayarkan cuman €300. Dan itu diluar kursus (kursus sy kemarin Gratis dr Agen) dan prüfung di goethe. Juga Visa dan Translate Dokumen (Ijazah) Totalnya sekitar 5jutaan. Diluar 300 euro td. Dan saya rasa masih wajar dibanding agen-agen lain.
-Harga yang ditawarkan agen di bandung menurut saya sangat rasional dengan harga 18 juta+ 400 euro untuk agen Br*** Educa****. Kami sudah dapat les 6 bulan setiap Senin-Jumat disetiap harinya 4 jam dan ditambah hari sabtu untuk les tambahan. Dengan bantuan agen saya juga bisa mengurus berkas berkas yang terbilang sulit menjadi mudah, dan ditambah lagi biaya tersebut sudah termasuk biaya passport ke imigrasi,biaya visa, workshop,biaya legalisir dll.
-Agen memasang harga yang sangat murah dari yang biasa ditawarkan oleh agen kebanyakan.

30,8% menjawab bahwa tersebut tidak rasional dengan alasan sebagai berikut:

– Awalnya sebelum kita brangkat harganya masih rasional. Ketika kita sampai di Jerman, kita di suruh bayar banyak sekali yang tidak pernah disampaikan di Indonesia. Seperti nginap di tempat agen, ongkos bensin, trus tahigan tlp. Bahkan kita di harus bayar denda sebesar 50 juta rupiah, kalau kita berhenti Ausbildung.

– Terlalu banyak mengambil keuntungan

– Ada biaya2 tambahan yang hrus saya bayar ketika saya tiba di jerman, dan biaya tersebut tidak diberitahukan saat saya msaih di indo, seperti biaya nginap d tempat agen, biaya Zug (kereta api), bahkan biaya telefon agent dengan Arbeitgeber, dia juga minta. Sayajuga harus bayar apartemen padahal sesuai kontrak, sewa apartemen gratis.Bahkan saya bayar tiket pesawat harganya dobel, alih2 dibayarkan dulu oleh agen.
– Karena saya diminta membayar 300€ untuk biaya administrasi selama di indonesia, tapi saya merasa tidak dibantu dalam hal administrasi apapun. Keperluan dokumen semuanya saya yang mengurus, lalu untuk apa saya membayar 300€.
– Karna apa yang saya dapatkan sesuai dengan yang dibilang agent, masalah dipotong versicherung saya kira wajar2 saja karna toh itu untuk kebaikan kita, di indo juga di potong bpjs juga
– Terlalu mahal
– Hanya membayar 300 € kepada agen, hanya saja untuk cicilan tiket pesawat saya rasa agak berat, dari Jakarta ke tempat kerja saya.. Sekali berangkat 985 €. Namun bulan ini saya lihat struk gaji saya cicilan ini naik jadi 1.185 €, saya tanya ke bos blom ada jawabannya.. Tapi teman2 bilang itu pajak.. Saya juga bingung apakah ongkos yg dibayarkan pun kena pajak juga.
– Untuk biaya yang harus dibayar ke agen selain akomodasi masih Oke, tapi saya tidak terima untuk biaya akomodasi ketika tiba disini dan tidak ada transparansi biaya dan bukti” yg diberikan ke kita, hanya berdasarkan total biaya keseluruhan saja.
– Harus bayar 300€ dan harus membayar uang transportasi ke Jerman yang juga cukup besar, namun untuk biaya agen tidak pernah disosialisasikan sebelumnya
2. Dengan Harga yang ditawarkan oleh agen tersebut, bagaimana anda menilai kinerja agen penyalur?
(dari 27 participant, hanya 26 yang menjawab dan hasilnya sebagai berikut)
7 orang atau 26,9% menilai kinerja agen sangat buruk
2 orang atau 7,7% menilai kinerja agen buruk
12 orang atau 46,2% menilai kinerja agen biasa saja
4 orang atau 15,4% menilai kinerja agen baik
1 orang atau 3,8% menilai kinerja agen sangat baik
Testimoni dari para azubi dalam menilai kinerja agen berdasarkan pada alasan-alasan berikut:
– Sangat membantu di awalnya karena Agen mengatur dan mengurus berkas berkas yang kita butuhkan. Mungkin ketika sudah memasuki bulan ke 3 atau 4, agen hampir lepas tangan, wajar saya dia sedang mengurus peserta baru, jadi tidak memiliki waktu banyak untuk mendengarkan keluh kesah kita.
– Sangat tidak bertanggung jawab ketika kita ada masalah dengan Arbeitgeber kita dia jarang untuk menyelesaikan secara baik dengan kita. Katanya nanti saya urus, tapi tidak ada pelaksanaan.
– Lepas tangan Saat Azubi bermasalah. Lebih condong membantu Betrieb
– Tidak ada penjelasan biaya secara rinci. Lalu uang tiket yang dibayar terlebih dulu oleh agen dan betrieb harganya berubah dan tidak dijelaskan kenapa bisa ada kenaikan harga tersebut.
– Karena prosesnya yang saya kira prematur, tanpa ada tahap interview dengan Ausbilder/Betrieb yg bersangkutan, dan dengan tingkat bahasa yang dipersyaratkan masih agak beresiko,
– Aku punya masalah dan pingin pindah tapi tidak bisa
– Yang sangat disayangkan dari pihak penyalur adalah, ganti rugi yang sangat besar ketika kita para azubi tidak mampu menyelesaikan ausbildung dalam masa waktu 2-3tahun (sesuai kontrak)
– Karena setelah di jerman, kami hampir tidak pernah lagi ada komunikasi, saya juga belom ada masalah besar dengan betrieb yang harus dibicarakan dengan agen.
–  Saya kasih 3 karna menurut saya, masih ada beberapa yang perlu dibenahi,,seperti diadakan penyeleksi yang akurat agar para azubi yg datang dari indonesia terutama nya tidak mengalami kesulitan ketika ditempat kerja dan sekolah
– Sejauh yang saya amati dan pengalaman yang saya rasakan tidak terlalu bagus dan tidak buruk juga. Masih ada hal hal yang perlu diperbaiki dan perlu ditingkat kan lagi kinerjanya
– Saya sempat punya masalah terkait kontrak. Kontrak yang saya dapat selama dua tahun, tetapi ternyata hotel mau mengubah jadi tiga tahun. Saya awalnya tidak mau menghubungi agen karena kurang yakin agen mau membantu dan saya sudah berbicara baik-baik dengan pihak hotel. Ternyata pihak agen mau menerima keberatan saya dan paling tidak bisa memberi saran, termasuk bersedia menginformasikan kepada agen **. FYI, ausbildung saya sebagai Fachkraft im Gastgewerbe.
– Lumayanlah, tidak terlalu buruk
– Agen tidak transparan dari awal masalah biaya yg harus kita keluarkan, agen keseringan marah-marah tidak jelas, agen kebanyakan menekan,mengancam dan menerror Azubi yg bermasalah, Realitanya NOL.
– Masih berhubungan.
– Tidak ada follow up dari agen sehingga saya merasa tidak ada lagi peran lanjut dari Agen
– Sesuai harapan
– Tidak pernah ada informasi yang Jelas
– Karena agen tersebut memperhatikan para azubinya sampai menyelesaikan Ausbildungnya. Ketika ada masalah antara Azubi dengan pihak Arbeitgeber maka agen segera bertindak dan membantu menyelesaikan masalah yang ada serta memberikan solusi.
– Cukup baik, karena ketika saya punya masalah atau kendala di tempat kerja saya, mereka (agen) mau membantu saya, walaupun hanya memberikan saran 🙂 ..setidaknya ada respon dari agen tersebut
– Baik, karena sampe sekarang belum ada masalah yang saya maupun agen timbulkan, semoga tidak sih. 🙏
– Mereka termasuk tanggung jawab sekali, dari saya yang tidak tau apa apa ttng program ini- sampai diurus segalanya dan diantar hingga bandara. bahkan saat kami disini, kami selalu kontak dengan sang pemilik
– Yang ditawarkan tidak sesuai dengan yang terjadi di lokasi.
***
Jika kita melihat sudut pandang azubi, meskipun dari ratusan yang berangkat, hanya 27 orang yang mau berpartisipasi, paling tidak dari 27 jiwa ini kita bisa melihat kembali bagaimana tindakan agen dalam menyelesaikan masalah para azubinya dan bagaimana azubi menilai agen mereka. Perlu diperhatikan di sini, bahwa formulir ini tidak di isi oleh peserta azubi dari satu agen, namun, dari beberapa agen penyalur. Dan harga yang ditawarkan kepada masing-masing peserta kemungkinan berbeda.
Artikel ini adalah murni testimoni dari para azubi yang datang ke Jerman melalui agen dan tidak ada sangkut pautnya dengan opini yang aku buat. Informasi yang aku salurkan di sini adalah 100% kata mereka dan tidak ada satu kata pun yang aku tambahkan untuk membuat agen terlihat baik atau pun buruk. Semoga artikel ini membantu mencerahkan kita dan membuat kita berpikir lebih jauh.
Untuk artikel berikutnya, aku akan membahas hasil survey azubi di Jerman melalui agen tentang apakah mereka merekomendasikan kalian untuk datang ke Jerman melalui agen dan apa-apa saja yang bisa diperbaiki oleh agen penyalur azubi demi meningkatkan kinerja mereka.
***
Klik Forum di sini. Registrasi dan ingat password kalian, kemudian klik ‘HOME’ >> ‘GENERAL DISCUSSION’ >> NEW TOPIC. Dengan menggunakan fasilitas forum ini, pertanyaan dan jawaban kalian akan terkunci dan mungkin akan berguna bagi siapa pun yang ingin mencari pertanyaan serupa, jadi tanpa perlu menjawab berulang-ulang, pertanyaan dan jawaban dapat diakses dengan mudah.
*
*

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.