Menengok judulnya, pasti kesannya tipu-tipu kan bahwa kita bisa kirim uang ke luar negeri dan dari luar negeri ke Indonesia secara GRATIS. Di artikel ini, aku akan kembali membuat artikel tentang cara mengirim uang secara gratis dari Luar Negri ke Indonesia maupun sebaliknya. Namun, tak hanya itu, ada beberapa opsi berbayar yang mungkin bisa kita gunakan juga.

GRATIS

Meskipun gratis, aman, terpercaya dan sebenarnya gampang banget untuk menggunakannya, aku heran kenapa banyak sekali yang tidak yakin pada metode ini. Metode paling modern dan sering aku gunakan untuk mengirim uang ke Indonesia maupun melakukan pembayaran online ini bisa juga kalian pakai (aku bayar domain web ini dari Jerman menggunakan paypal kepada perusahaan domain di Indonesia, loh!). Yakni melalui PAYPAL.

Caranya?

Masing-masing dari pengirim dan penerima harus punya alamat email dan rekening bank. Heloooo hari gini siapa sih yang ga punya email?. Yang satu daftar paypal di Indonesia, yang satunya daftar paypal di luar negeri. Yang satu punya rekening di Indonesia, yang atunya punya rekening bank di luar negeri.

Ada banyak artikel yang menjelaskan bagaimana cara mendaftar paypal di Indonesia. SUPER DUPER GAMPANG. Klik di sini untuk daftar di Indonesia

Ini Link Paypal Indonesia.

 

Jika kalian di luar Jerman, daftar paypal Deutschland (Jerman). Daftarnya pun sangat gampang. Ini artikel bagaimana cara daftar paypal di Jerman: Membayar Online lewat paypal di Jerman dan Cara bikin Paypal

Atau langsung klik di sini untuk daftar!

Setelah kedua akun set up, tinggal kirim uang lewat paypal, caranya:

Klik tombol ‘senden’ /send/kirim

 

Lalu klik ‘an freunde im Ausland senden’ yang artinya kirim uang ke teman di luar negeri

 

lalu tinggal kasih alamat email yang sudah mereka daftarkan lewat paypal

 

Mereka akan menerima email pengiriman. Nah, bagaimana setelah itu? Kan uangnya ada di paypal. Iya, tinggal di Claim aja. Caranya:

Klik tombol di bawah jumlah uang tsb. Lalu klik ‘abbuchen /claim’

 

Lalu klik ‘weiter/next/selanjutnya’

 

Nah, paypal akan menawarkan apakah kalian mau uangnya ditaruh di rekening bank yang sudah kalian lampirkan, ataukah menggunakannya untuk mengirim ke orang lain atau membeli online, atau mau digunakan untuk pembayaran di giro pay.

 

Kalian akan menerima uangnya di Bank dalam jangka waktu 1-2 hari. Kenapa lama, memang begitu karena kalau ada kekeliruan dan pembatalan, uang bisa ditarik kembali dan memperkecil kemungkinan penipuan.

Manfaat menggunakan paypal selain untuk mengirim uang mancanegara?

Jika kalian tinggal di Jerman, rugi banget kalau nggak punya paypal. Karena daftarnya gratis dan memudahkan kita untuk membayar ke hampir semua jenis e commerce dan pembelian online. Kalau kita mau bayar di ebay atau amazon dan ga punya kartu kredit atau bahkan mau bayar bus, pesan tiket online, hampir semua perusahaan memanfaatkan paypal. Aku pun malas buka-buka dompet untuk mengetikkan nomor IBAN BIC saat beli online. Tinggal ketik alamat email dan lalu password paypal, semua beres.

Amankah?

Empat tahun menggunakan paypal, aku tak pernah ada masalah dan bahkan kalau kita bayar ke penjual lalu penjualnya nipu, paypal Jerman geraknya cepat dan akan mengembalikan uang kita jika kita proses bayarnya lewat paypal.

Jika kalian klik ini untuk daftar paypal, aku akan dapat komisi 10 euro, yang 5 euro nya akan aku bagi dengan kalian. Jadi masing-masing dari kita akan dapat 5 euro dengan syarat dalam jangka waktu 2 minggu, kalian harus beli sesuatu online atau bayar, atau transfer uang ke teman melalui paypal. Klik di sini atau di gambar di bawah ini, ya. Terima kasih telah mendukungku untuk terus menulis dan memberi informasi yang bermanfaat buat kalian. 🙂

Klik di sini untuk daftar paypal di Jerman
Aku masih malas dan ga yakin menggunakan paypal,

Masih ada kok cara lain untuk kirim uang dari luar negeri ke Indonesia, yakni melalui transferwise. Setelah aku bandingkan dengan banyak app, transferwise adalah cara termudah, termurah dan ratenya paling bagus untuk transfer uang mancanegara. Untuk baca cara dan perbandingannya dengan Western Union, Azimo dan World Remit, Klik artikel ini: Cara Kirim Uang Dari Luar Negeri. 

Untuk Daftar Transferwise dan kirim 1000 euro cuma bayar 2,5 euro, klik referal dengan klik gambar di bawah ini. Kalau kalian daftar sendiri, biasanya akan ditarik lebih mahal, temanku harus bayar 7,8-24 euro untuk pengiriman uang yang sama (1000 euro) karena tidak menggunakan link referal.

Klik di sini untuk daftar transferwise dan mengirim uang ke Indonesia

 

Lalu untuk kirim dari Indonesia ke Luar Negeri selain menggunakan paypal?

Kalau misalnya ibu kalian atau saudara di Indonesia kesulitan daftar paypal, ada beberapa cara yang tidak gratis. Yakni menggunakan Scrill. Hampir sama dengan PayPal yang menggunakan email untuk transaksi pembayarannya, Scrill juga menjadi salah satu fasilitas keuangan yang banyak sekali digunakan di dalam berbagai transaksi online. Scrill memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran / transfer sejumlah dana secara online. Aku belum pernah daftar skrill, tapi mungkin tak ada salahnya mencoba, untuk daftar skrill, klik: Scrill.com. Yang perlu diperhatikan adalah, scrill menarik biaya 1,9% dari jumlah yang dikirim, so…?

Berikutnya adalah tentu saja cara yang cukup mahal, yakni melalui Western Union. Jika ortu atau saudara masih belum familiar dengan kecanggihan teknologi dan lebih suka menggunakan telegram, maka western union adalah salah satu pilihan yang tepat. Namun, cara ini cukup ribet, kita harus datang ke kantor pos atau bank berlogo WU untuk transfer dan menarik uangnya.

Selain itu, biaya pengiriman pun tergolong mahal, berikut rincian biayanya kalau dari Indonesia:

Rp100 ribu – 1 juta = Rp45.000
Rp2 – 10 juta = Rp90.000
Rp11 – 20an juta = Rp180.000
Rp30an – 49 juta = Rp360.000
Rp50 juta = Rp720.000

Kalau mau cek perubahan biaya, atau mau kirim online (Setahuku, metode online juga bisa dilakukan sekarang ini.) Bisa klik website Western Union.com

MIHAPE.Com

Startup yang baru established di Indonesia  tahun 2019 ini merupakan startup buatan ahli IT yang tinggal di Jerman. Selain cara yang aku sebutkan di atas, cara transfer ini sangat simple. MIHAPE adalah buatan anak bangsa yang WAJIB kita support supaya tetap lancar jaya. In fact, yang bikin mihape ini adalah teman aku sendiri, Vitri Indriyani. 🙂 . Dia punya blog juga: beautifulnugget.com. Yuk, cek Mihape.com buat transfer simple dari Indonesia ke Eropa.

Selain metode yang aku sebutkan di atas, cara kirim uang dari Indonesia ke luar negeri bisa lewat ATM dan Bank to Bank. Meskipun akan ribet dan mahal. Tapi semua tergantung pilihan kalian sendiri.

Jika kalian masih punya saran selain yang aku sebutkan di atas, yang praktis, murah atau pun gratis, bisa di share di  kolom komentar. Dan akan aku update lagi jika ada tambahan. Kesimpulan yang aku berikan: Kita bisa kirim uang secara gratis dan aman melalui PAYPAL atau cara lain yang berbayar. Misalnya transferwise, WU, Bank, Atm, Worldremit, Azimo, dsb. Sayangnya, selain paypal, alat bayar seperti Transferwise belum well established untuk mengirim uang dari Indonesia. Jadi, hanya bisa digunakan untuk mengirim dari Luar Negeri ke Indonesia saja. Semoga nanti bisa dibenahi sih supaya ortu di Indo punya pilihan lain untuk kirim uang ke anaknya yang ada di luar negeri.

Klik di sini untuk daftar paypal di Jerman

Klik di sini untuk daftar transferwise dan mengirim uang ke Indonesia

Baca juga: Bagaimana mengirim uang dari Luar Negeri ke Indonesia?

**
*
*
Follow instagram: @resep.anak.rantau  

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

 

 

Comments

  1. Mbak rinda, temen ku Kirim uang ke Aku lewat paypal, Aku udah dapet email minta klaim, terus Udah aku klaim tapi ga ada balasan apa2. Gimana tu mbak?

    1. Kalau claimnya udah berhasil, biasanya uangnya udah ada di bank kamu beberapa hari kemudian, kalau nggak berhasil, uang tersebut masih ada di akun paypal kamu dan bisa kamu claim ulang. Kalau ada masalah, kamu bisa email customer service atau telp. mereka akan mejawabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.