Saat ini, cara baru membayar barang atau pesanan lewat online sudah tak asing lagi, di Indonesia ada go pay misalnya. Aku sendiri belum pernah mendaftar dan menggunakan go pay karena saat berangkat ke Jerman awal 2014 dulu, sistem pembayaran online tersebut masih belum populer di Batu.

Setelah 1,5 tahun tinggal di Jerman, aku mulai terbiasa dengan sistem teknologi Jerman yang serba canggih. Terus terang saat masih tinggal di Batu, tak pernah terpikirkan olehku membayar di kasir supermarket menggunakan kartu kredit atau ATM, bagiku hal itu hanya berlaku di kalangan orang kaya saja, sedangkan aku sendiri bukan salah satu di antaranya.

Namun di Jerman, setelah lepas dari host family, mau tak mau, aku harus terbiasa hidup mandiri. Dulu saat tinggal bersama mereka, apa-apa dibantuin sama host mother, pesan tiket kereta, beli sesuatu online, membayar pesanan buku dsb, semuanya serba bergantung. Tapi setelah menjadi FSJ dan pindah ke Hamburg, rasanya kok tidak etis selalu merepotkan mereka untuk urusan pribadiku. Akhirnya, aku pun berinisiatif untuk membuka rekening Bank comdirect beserta kartu kreditnya yang gratis. Karena terkadang ada sesuatu di Jerman yang hanya bisa dipesan dengan menggunakan kartu kredit, bukan ATM atau Girocard biasa, seperti contohnya waktu itu memesan tiket bus (megabus) yang super murah hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit (bus tersebut sudah tidak beroperasi di Jerman lagi dan dibeli oleh flixbus).

Baca juga:

Membuka Rekening Bank di Jerman, Tips dan prosedur

Membuka Rekening Bank dan Kartu Kredit Gratis di Jerman

Nah, saat aku berpacaran dengan Max (nama samaran), dia mengenalkanku pada sistem pembayaran online yang sampai saat ini sangat populer, TERPERCAYA, dan sangat mudah digunakan oleh siapapun. Ceritanya, saat itu aku ingin beli laptop bekas secara online di Lapstore.de , mereka hanya menerima pembayaran transfer atau paypal saja. Saat itu, aku ingin agar laptop segera datang karena sangat aku butuhkan, sedangkan melalui transfer, laptop akan datang seminggu kemudian. Akhirnya si Max menyarankanku untuk membuka aku paypal.

Baca juga: pacaran dengan orang Jerman, romantis nggak sih?

Awalnya sih aku juga takut dan tak percaya. Tapi aku tidak kenal orang Jerman yang tak punya akun paypal karena memang saat ini sistem pembayaran ini sangat memudahkan transaksi setiap orang yang sibuk, jadi ya sudah aku percaya saja dan buka akun paypal juga tidak susah.

Apa itu Paypal?

Paypal adalah sistem pembayaran online dimana kita bisa menerima dan membayar sesuatu hanya dengan menggunakan email dan password. Siapa sih yang tidak punya email hari gini? Email adalah kota pos kita yang sudah menjadi bagian dari kita sehari-hari. Nah, ide dari paypal ini adalah memudahkan siapapun untuk menerima dan membayar barang secara online.

Lewat email? Apakah aman?

Aku sendiri bahkan dulunya juga tidak percaya bahwa paypal sangat aman digunakan, fakta mengejutkan lagi: PAYPAL DI JERMAN MEMBERI GARANSI 100% Uang kembali kepada pelanggan yang kena tipu.

Ini terjadi pada temanku yang ingin membeli barang dari Inggris dan penjual menyuruhnya membayar lewat paypal sejumlah 3000 euro. Rupanya, dia sedang ditipu dan tak ada barang yang dijanjikan. Bayangkan 3000 euro melayang. Saat itu dia transfer jumat malam dan dia menyadari bahwa itu penipuan keesokan harinya. Sabtu minggu Bank tutup. Jadi, dia tidak bisa meminta bank menghentikan proses transfer yang dilakukannya melalui paypal tersebut. Namun saat senin, pihak paypal menginfokan bahwa uangnya yang 3000 ditarik kembali dari pihak penjual di Inggris dan dikembalikan utuh ke temanku tersebut.

Selain itu, suamiku sendiri pernah berjualan lewat ebay dan menggunakan akun paypal untuk menerima transaksi. Dia bilang paypal sangat menjamin keamanan nasabahnya dan akan menarik uang dari oknum yang dicurigai penipuan dan mengembalikan uang kita secara utuh sekalipun uang kita tersebut sudah lenyap diambil oleh pihak penipu. Itu garansi yang diberikan. Jadi, masih mau bilang tidak aman?

Cara Daftar?

Cara daftar paypal pun tidak lah susah, ikuti saja langkah-langkah yang diminta di paypal.com / paypal.de. Ini pun tergantung kebutuhan kita, apakah kita mau menggunakan paypal untuk jualan (bisnis) atau untuk pribadi saja. Saat daftar, kita akan disuruh memilih: Private (pribadi) atau Geschäftlich (bisnis).

1. Lalu, kalian akan diminta mendaftar seperti mengisi identitas dsb (sama seperti daftar facebook).  Yang terpenting adalah: Berikan nama, alamat nomor telepon, dan alamat email yang benar.

2. Lalu kalian akan diminta untuk memberikan identitas rekening bank. Misalnya IBAN dan BIC. Berikan identitas bank yang selalu ada uangnya, karena kalau kita membayar lewat paypal, mereka akan otomatis menarik uang dari identitas bank yang kita berikan, jika tidak ada uang di rekening tersebut, paypal akan membatalkan transaksi kita. Kita bisa memberikan 2 -3 identitas Bank atau kartu kredit kita pada paypal.

3. Kemudian kita akan diberikan pertanyaan yang mana pertanyaan tersebut hanya kita yang bisa menjawabkan, semacam pertanyaan test agar jika akun kita di hack, orang lain yang diberikan pertanyaan, tidak bisa menjawabnya. Misalnya: Siapa nama tante kesayangan kamu, siapa sahabat yang paling kamu sayangi, dsb…

Nah, kalau sudah mendaftar, kita bisa membayar online lewat paypal. Tak hanya itu, kita juga bisa transfer uang ke sesama pengguna paypal. Misalnya aku membayar biaya penerjemah ijazah di Indonesia melalui paypal.

SEMUA GRATIS

Jika kita menerima uang (misalnya ada orang yang membeli barang kita) lewat paypal, kita bisa mencairkan uang di akun paypal tersebut dan memasukkannya ke akun bank kita.

Demi keamanan dan mencegah pencucian uang, paypal memberlakukan pembayaran untuk transaksi lebih dari 2500 euro dalam 12 bulan. Dan jika kita transaksi secara berlebihan, keamanan juga akan dicek oleh pihak paypal, misalnya apa pekerjaan kita sehingga kita punya banyak uang untuk transaksi, dsb. Semua demi keamanan para nasabah dan mencegah adanya penipuan dan pencucian uang.

Pengalamanku menggunakan paypal?

Selama ini, aku menggunakan paypal hanya untuk belanja online karena praktis dan mudah. Bayangkan, aku duduk saja di kereta, bisa pesan tiket kereta, pesawat, belanja di ebay dengan hanya satu kali klik dan memberikan password tanpa repot-repot membuka online banking bankku. Betapa mudahnya.

Pengalaman buruk pernah terjadi saat aku berlangganan netflix (streaming film berbayar). Saat itu, aku harus membayar 10 euro perbulan untuk bisa menonton film lewat netflix sepuasnya. Tau sendiri kan di Jerman kita tidak boleh download dan streaming film sembarangan, karena dianggap melanggar hak cipta dan akan didenda ribuan euro. Dari situlah aku berlangganan netflix, portal resmi Amerika yang juga tenar di Jerman untuk menonton film online sepuasnya hanya dengan membayar 10 euro perbulan.

Ceritanya aku daftar netflix dan membayarnya lewat paypal (karena itu cara yang paling mudah), aku pun menyetujui bahwa tiap bulannya netflix akan menarik 10 euro dari paypal.

Suatu kali, gaji bulananku tertunda karena suatu hal (aku lupa) dan tak ada uang di akun bankku sama sekali. Aku pun lupa bahwa aku harus bayar netflix melalui paypal setiap bulannya. Parahnya, aku mengabaikan pesan dari paypal untuk membayar tagihan netflix di bulan tersebut. Sehingga setelah 3 bulan ada surat peringatan dari pengacara yang disewa netflix untuk menuntuku membayar 12 kali lipat karena aku lalai tidak membayar tagihan. Waduuh, aku kelabakan, aku harus membayar 120 euro.

Aku pun menghubungi pihak paypal dan netflix, paypal saat itu lepas tangan karena sudah memperingatkanku. Memang salahku sendiri sih sudah lalai membayar dan tidak mengecek email dari paypal. Setelah diserahkan ke pengacara, aku akhirnya hanya membayar 50 euro saja. Tapi tetap 5 kali lipatnya huuuft.

Pengalaman buruk tersebut sebenarnya terjadi atas kelalaianku sendiri sih, jadi bukan salah paypal juga. Jadi, overall pengalamanku dengan paypal baik-baik saja.

Nah, kalian yang tinggal di Jerman? Sudah punya dompet online paypal? Oh iya, paypal juga punya applikasi yang bisa didownload di hp kalian (baik apple maupun android).

Promosi ini tidak disponsori oleh paypal, paypal tidak punya promo afiliasi link. Jadi baik mendaftar maupun tidak, aku tidak dapat untung apa-apa dari menulis ini. Jadi pure share pengalaman aja 🙂

Baca juga: Bagaimana mengirim uang dari Luar Negeri ke Indonesia?

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa like facebook fanspage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (terima kasih banyak)

Liebe Grüße

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.