Terus terang aku selalu membeli barang elektronik, baik laptop, hp, kamera, sampai mesin cuci secara ONLINE. Di Jerman, meskipun aku suka window shopping, tapi karena super duper sibuk, bagiku, melihat-lihat daftar barang dan memilah-milah kualifikasi secara online sangat menyenangkan PLUS mempersingkat tenaga dan waktu.

Di artikel kali ini, aku akan memberikan Tips membeli barang elektronik secara online dan toko-toko mana saja yang direkomendasikan:

TIPS- nya

* Semua toko di Jerman sudah ada webnya, kita bisa pesan online dan meminta mereka mengirimnya lewat pos atau pun menjemputnya secara langsung. Baca baik-baik KUALIFIKASI BARANG yang akan kamu beli, berapa lama GARANSI yang ditawarkan, apakah BOLEH DIKEMBALIKAN (namanya Widerrufsrecht). Biasanya semua memberikan hak untuk mengembalikan barang jika terjadi kerusakan yang bukan dilakukan oleh pembeli (dalam proses transport) 1 sampai 2 minggu. Bahkan kalau mau beli baju atau sepatu online, kita bisa mengembalikan gratis kalau tidak cocok, apalagi barang elektronik.

TOKO ONLINE PALING BAGUS: 

EBAY Vs Amazon?

*Menurutku sendiri, EBAY  yang paling bagus, seru dan murah. Ini tergantung cocok-cocokan sih, banyak yang bilang amazon, tapi amazon selalu menawarkan harga yang jauh lebih mahal (aku udah sering cek barang-barang seperti hp atau laptop). Amazon selalu menarik biaya dari kita lebih dari ebay. Selain itu, aku suka ebay karena aku bisa bidding (menawar barang yang dilelang). Aku dapat Iphone 6 4 tahun lalu yang waktu itu di amazon harganya 500-600 euro, aku dapat bidding 350 saja di ebay. Tentu saja, itu juga karena keberuntungan dan tanpa garansi karena bidding tuh semacam tawar menawar antara pembeli satu dengan yang lainnya pada barang yang dilelang.

Namun ebay juga punya ribuan real seller dan perusahaan yang menawarkan barang. Banyak juga yang dari china, banyak juga yang ada di Jerman.

Untuk lihat barang-barang di Ebay, klik di sini

SATURN

Terakhir beli barang online di saturn super simple banget. Aku tinggal ketik aja yang aku mau, waktu itu aku sedang mencari memory card untuk kamera dengan kapasitas 64 GB, kalau aku harus tanya dan melihat satu per satu di toko, bakal berjam-jam. Saturn tuh toko eletronik yang gede banget. Jadi aku pesan online, bayar lewat paypal, dan ambil di resepsionis dengan nunjukkin bukti pembayaran email.

Coba cek barang yang akan kamu cari di SATURN, dengan klik di sini

Kalau kamu masih belum punya paypal, bikin donk! Masak hari gini udah tinggal di Jerman belum punya paypal ajah. Klik di sini untuk daftar Paypal

Baca juga: Cara daftar Paypal di Jerman

MEDIAMARKT

MediaMarkt tuh pusat penjualan barang elektronik yang juga setenar saturn. Keduanya sama-sama bersaing. Ada yang lebih suka Saturn, ada yang suka media markt. Menurutku sendiri sih, Saturn menawarkan banyak diskon dengan kualitas barang dan pelayanan yang bagus ketimbang media markt (Tapi sekali lagi ini subjektif) tergantung pengalaman masing-masing ya.

Kalau kamu mau nyari barang online lewat mediamarkt, klik di sini

ALTERNATE (Bequem Online)

Berbeda dari Saturn atau Media Markt, Alternate tak punya filliale alias toko, jadi semua barang yang kita pesan akan dikirim dari gudang ke tangan kita melalui pos. Meskipun aku belum pernah nyoba, tapi refernsi di google dan banyak chanel, alternate merupakan toko online yang terpercaya.

Klik di sini untuk melihat barang yang kamu cari lewat ALTERNATE

NOTEBOOKSBILLIGER

Kamu pasti sering lihat tayangan iklan dari toko ini. Ya, notebooksbilliger. Aku dan beberapa teman pernah beli laptop di sini, harganya selalu lebih murah daripada di Saturn atau di Media Markt. Kalau kamu mau nyari laptop, aku saranin sih di notebooksbilliger.

Klik di sini untuk mencari laptop di Notebooksbilliger

REBUY

Kalau kamu seperti aku yang penyuka barang bekas, (aku sih memang selalu nggak punya duit buat beli barang baru, selain itu untuk mengurangi produksi dan limbah industri, aku lebih suka membeli barang bekas, wkkk) aku sarankan membeli barang di Rebuy.

Saat memulai S2, aku beli iPad mini yang waktu itu di amazon harganya 300-400 an, aku dapat 90 doank di Rebuy. Garansinya sampai 3 tahun pula. Tapi ya ini tergantung stock barangnya ada apa nggak.

Kamu juga bisa menjual barang eletronik (laptop, hp atau tablet melalui Rebuy)

Klik di sini untuk mencari barang dan membeli online melalui Rebuy

CYBERPORT

Cyberport juga merupakan toko barang elektronik online yang menawarkan harga cukup bersaing. Terakhir aku disarankan oleh salah seorang teman ahli IT yang sering bongkar pasang komputer untuk beli barang di Cyberport karena lebih murah.

Coba cek barang yang kamu cari di Cyberport dengan klik di sini

LANGSUNG DARI MERK-nya:

Kalau udah capek mencari dan akhirnya memutuskan, coba cek dulu harga-harga barang tersebut di toko aslinya:

Untuk produk HP Jerman, klik di sini

Untuk Produk Medion, Klik di sini

Untuk produk Olympus, klik di Sini

Untuk Produk ACER, klik di sini

Untuk produk APPLE, klik di sini

*

 

*Punya pengalaman menarik dan Tips seputar budaya Jerman dan pendapat tentang orang Jerman seperti ini? Daripada opini nganggur dan jadi khayalan doank, bagikan infonya supaya banyak orang yang mendapat manfaatnya. Denkspa menerima tulisan traveling seputar Jerman dan Eropa yang berisi tips-tips dan info. Kalian akan dapat komisi dari pengiriman tulisan tersebut. Untuk info selengkapnya, klik di sini.*
Jika kalian klik link yang aku berikan, aku akan mendapatkan sedikit komisi dari barang yang kalian beli tanpa menjadikan harga barang tersebut lebih mahal. Dengan demikian, kalian juga membantu support kerja kerasku menulis dan memberikan informasi penting seputar Jerman.  Untuk itu, aku mengucapkan terima kasih yang tak terhingga.

Semoga opini pribadi ini bisa menjadi diskusi yang memberikan manfaat kepada siapapun yang mencari info tentang orang Jerman atau mau ke Jerman.

Baca juga:Cari Pacar Bule? Review Dating Sites di Jerman

*
Follow instagram: @resep.anak.rantau  

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Liebe Grüße

Baca juga: Mengapa Harga Iphone di Jerman lebih murah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.