Ich möchte dir die Welt zeigen und ich möchte dich der Welt zeigen (I want to show you the world and I want to show you to the world)

Siapa bilang orang Jerman tak bisa ROMANTIS? Mereka memang tak seromantis orang Prancis, namun kalau mereka sudah cinta sama satu orang, mereka akan berusaha sekuat tenaga membahagiakan orang yang mereka cintai dan mereka akan susah berpindah ke lain hati. Orang Jerman memang suka fokus. Kalau ternyata mereka berubah atau selingkuh, mereka biasanya sejak awal sudah tahu bahwa mereka akan tidak cocok dalam sebuah hubungan.

Cowok Indonesia biasanya paling anti jadi jomblo, mereka akan bertahan pacaran dengan satu cewek meskipun mereka tidak cocok secara karakter, akademis, pola pikir dan gaya hidup. Sambil bertahan mereka akan mencari peluang untuk mendapatkan cinta yang lebih sesuai. Kalau sudah dapat, yang lama tinggal. Tapi kalau nggak dapat-dapat ya berdoa agar suatu saat berubah dan cocok. Hhehe.
Cowok Jerman atau cowok dengan budaya barat pada umumnya, kalau mereka sudah merasa tidak cocok, begitu perasaan berubah, langsung dengan lugas dan tegas bilang, cukup sampai di sini. Tanpa selingkuh. Orang Jerman memang suka frontal dan apa adanya, itu yang terkadang bikin bingung dan merana sendiri. 😀

Tapi, dibalik semua kekakuan dan ke-frontal-an mereka, cowok Jerman itu nggak pandai menyembunyikan perasaan, loh. Dia suka ngasih sinyal yang jelas kalau dia tertarik padamu, ciri-cirinya baca di: 8 tanda cowok Jerman tertarik padamu!. Kalau dia tertarik dan kamu juga, belum tentu kalian pacaran sebelum ada kesepakatan bahwa hubungan ini adalah hubungan boyfriend and girlfriend. Kalau dia minta kamu jadi pacarnya, ya berarti kalian pacaran. Kalau nggak ya tanya (frontal ala orang Jerman, hubungan ini hubungan apa sebenarnya). Lalu, kalau sudah pacaran, apa tanda orang Jerman itu serius menjalani hubungannya denganmu?

1. Membicarakan tentang masa depan!

Orang Jerman itu hidup dengan penuh planning. Mereka hidup hari ini tapi planning untuk tahun depan sudah terencana dengan baik. Oleh karena itu, orang Jerman yang rela merubah planningnya demi kamu atau memasukkan kamu ke daftar planning liburannya atau kegiatannya di bulan-bulan mendatang sudah dipastikan dia serius denganmu! Tak hanya dibicarakan tapi dilakukan ya :D.
Kalau cowok Jerman lebih suka liburan sendiri dengan teman-temannya ketimbang sama kamu, bisa diragukan tuh keseriusannya.

2. Suka memberi kejutan dan ingat hal-hal kecil

Meskipun tidak romantis, orang Jerman itu pintar membuat senang pasangannya dengan memberi kejutan-kejutan kecil. Orang Jerman yang memang cuek akan sangat cuek kepada orang lain namun akan mengingat hal kecil orang yang disayanginya. Misalnya kamu nggak sengaja bilang kalau kamu suka banget sama kacang, waktu dia masak (cowok Jerman banyak yang pintar masak), dia akan membubuhi kacang dan bilang kalau ini buat penyuka kacang. Kadang cowok Jerman suka keren abis kalau ngasih kejutan kecil untuk orang-orang yang disayanginya.

3. Mengenalkanmu pada TEMAN dekatnya

Orang Jerman tidak mempunyai teman bejibun, bagi mereka beberapa teman yang dekat jauh lebih baik ketimbang banyak teman tapi cuma saling menggunjing dan memanfaatkan. Baca juga tentang bagaimana orang Jerman berteman
Kalau kamu begitu spesial baginya, dia ingin kamu tahu dunianya. Seperti kalimat yang tertulis di awal artikel (aku ingin menunjukkan dunia padamu dan aku ingin menunjukkanmu pada dunia). Teman dekatnya adalah dunianya, jika kamu terlibat atau di kenalkan pada dunianya, itu salah satu tanda bahwa mereka cukup serius denganmu. Tapi kamu harus pandai melihat, apakah perkenalan tersebut hanya untuk have fun dengan teman-teman dan ajang pamer bahwa dia punya pacar dari negara lain atau memang tulus ingin mengenalkanmu pada dunianya.

4. Dia tidak keberatan dikenalkan pada keluarga dan temanmu (duniamu)

Beda dengan cowok Indonesia yang easy going dan memang ramah dari sononya, cowok Jerman lebih hati-hati dalam mengenal cewek. Apalagi cewek yang disukainya. Dia biasanya tidak ingin tahu banyak atau terlibat dengan dunia cewek yang tidak begitu disukainya atau hanya dibuat have fun saja. Dia biasanya menghindari atau terkesan kurang berminat kalau kamu cerita tentang duniamu, teman dekat dan keluargamu. Cowok Jerman yang tidak tertarik dengan duniamu, bisa jadi dia hanya tertarik pada fisikmu tapi tidak hatimu. Sudah jelas sekali mereka tidak serius!

5. Rela BERKORBANdan tidak PELIT

Orang Jerman atau kebanyakan orang Eropa itu amat sangat teliti perihal keuangan. Mereka akan segan mengeluarkan uang meski hanya se euro saja untuk keperluan yang tidak begitu penting. Namun, kalau mereka serius padamu, mereka akan tidak segan-segan mengeluarkan uang demi membantumu, mempercayaimu dan tidak perhitungan sebanyak apapun uang yang diberikannya padamu.

6. Tidak tertutup

Orang Jerman itu orang yang paling jaga jarak dari orang lain. Mereka menghargai privasi orang lain dan tidak ingin mengganggunya. Keluarga dan teman dekat saja tidak bisa membicarakan tentang gaji misalnya, atau tentang penyakit yang diderita kalau mereka tidak ingin membicarakannya. Meskipun demikian, mereka akan dengan senang hati terbuka dan berbagi cerita, suka duka, kisah cinta, masa lalu dan mimpi-mimpi dengan orang yang terdekat yang dicintainya. Kalau mereka membuka sedikit tabir rahasia itu, tandanya mereka percaya padamu dan ingin serius. Kalau nggak serius, mereka nggak bakal mempercayakan cerita atau rahasia kepadamu.

7. Mengalah demi mimpimu

Seperti yang aku tulis sebelumnya, orang Jerman itu saklek, kaku dan kadang egois. Kalau mimpi dan tujuan hidupmu tidak sama dengan mereka, mereka tak akan segan memutus hubungan demi kebaikan kalian berdua, contohnya dia tidak ingin menikah di waktu dekat atau tidak ingin punya anak sampai umur 35, tapi kalian ingin. Kalau kalian ngeyel dan maksa dan mereka merasa tertekan, mereka tak akan segan memutus hubungan. Karena orang Jerman itu sifatnya bebas, tidak suka berada di bawah tekanan, sekalipun tekanan dari seorang istri ahha. Namun, kalau mereka mengalah demi mimpimu. Wow, tidak diragukan lagi, dia pasti serius menjalani hubungannya denganmu.

8.Mengenalkanmu pada KELUARGA

Keluarga berarti paling penting bagi orang Jerman. Kalau si dia mengenalkanmu pada keluarganya, tak diragukan lagi, dia pasti serius denganmu. Pasalnya, kalau sudah di tahap keluarga, mereka tak ingin malu nantinya di hadapan keluarganya jika hanya main-main saja dengan seorang cewek.

9. Ada obrolan ke arah ‘lebih serius’

Yang terakhir ini mutlak. Kalau dalam sebuah hubungan, kita nggak pernah membahas tentang kelanjutan atau keseriusan hubungan tersebut, artinya hubungan itu hanyalah main-main belaka. Begitu pun orang Jerman, kalau mereka menghindari membicarakan hubungan yang serius, bisa jadi mereka memang tidak serius atau belum mau serius atau memang mau serius tapi bukan sama kamu!

Demikian sharing kita kali ini tentang cowok Jerman yang serius dalam menjalin sebuah hubungan. Aku harap perspektif subjektif dari pengamatanku sendiri ini berguna bagi kalian yang ingin menjalin hubungan dengan orang Jerman agar tidak salah persepsi dan sakit hati sendiri nantinya.
Jangan lewatkan artikel menarik lainnya seputar mental orang Jerman vs orang Indo yang saklek dan cerdik.

Sampai jumpa
Viele Grüße

Comments

  1. Kalo serius kayaknya semua cowok serius untuk mendapatkan cewek impiannya. Begitupun mengenalkan ke teman, paling hebat deh orang Indonesia yang rata-rata hanya buat pamer saja. Keseriusan hubungan berlanjut ke pernikahan itu yang agak sulit.

    Amannya memang harus ada progress mau dibawa kemana hubungan itu. Kalo persepsi saya jika dalam satu tahun hubungannya masih ngambang gak tau juntrungannya, itu artinya cowok gak serius.

  2. Kebetulan suami saya orang Jerman. Dia sempat mengajukan protes tentang passion saya dalam dunia literasi. Jangan jadi penulis atau kamu bisa jadi gila, itu sekiranya bentuk kekhawatiran dia. Dia hampir selalu memegang kendali rumah tangga, membuat saya berpikir apakah saya cukup bisa diandalkan, walaupun dia ga pernah mengeluh soal itu. Dia memasak untuk saya, memilihkam pakaian yg akan saya kenakan, destinasi tempat wisata yg akan kami kunjungi, sampai film yg akan kami tonton saat weekend. Dia sering memberi kejutan-kejutan kecil, tapi kebanyakan bukan barang-barang yg saya inginkan hehe. Apakah dia mencintai saya dengan caranya?

  3. Menurut saya, suami kamu mencintaimu…setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mencintai pasangannya. Ada yang sangat lembut, sangat protektif, saling meledek seperti teman, kalau dekat bertengkar, kalau jauh kangen, saling romantis dsb. Mungkin suami kamu takut terhadap imajinasi yang kamu tuangkan dalam tulisan-tulisan kamu,,,sehingga dia ingin memproteksi kamu,,bukan berarti dia nggak cinta, tapi justru sebaliknya 🙂

  4. Bener bangettt 😂
    Cowok jerman itu saklek, dingin, sistematis, akurat, kaku, tapi tulus.
    Aku mau tanya dong mba, minggu ini aku mau ke jerman untuk traveling. Aku lagi deket sama cowok Jerman. Dia minta aku tinggal di rumahnya (dia tinggal sama keluarganya), padahal aku udah book hotel karena nggak mau ngerepotin (di rumah dia lagi rame banget mau ada acara funeral sama bentar lagi mamanya ultah..jadi rumahnya bakalan rame sama tamu2 dari luar kota yang dateng).
    Aku udah bilang aku stay di hotel aja gpp, tapi dia kekeuh abis jemput aku di airport mau bawa aku ke hometown nya dan mau aku di rumahnya. Btw, sebenernya dia abis operasi tangan dan tangan dia masih di gips tapi dia bela2in mau nyetir jemput aku di airport (ini sisi romantis dibalik dinginnya cowok Jerman yang bikin terharu).
    Klo menurut mba itu pertanda dia serius atau nggak?
    Ada beberapa hal dari tulisan mba yang aku liat ada di dia, tapi kadang dia suka bikin aku bertanya2 dan bingung sendiri (suka ilang muncul ilang muncul gitu.. kayak sinyal di gunung)
    Cowok Jerman emang ajaib sih..susah ditebak.. makhluk paling aneh dan spesial yang pernah aku temuin 😂

    1. Wah senengnya baca komentar kamu. Menurut aku, apa yang dia lakukan pertanda keseriusan atau paling nggak tahap awal untuk serius. Kalau dia sudah mau bela-belain seperti itu, apalagi kamu diperbolehkan menginap di rumahnya, dengan keluarganya, berarti dia cowok yang serius. Tapi dari cerita kamu yang sinyalnya kayak di gunung, emang jadi meragukan. Saran aku coba klarifikasi dengan jelas saja kenapa seperti itu, atau dipancing-pancing gtu supaya dia bisa menceritakan sesuatu tentang perasaan dan tujuan menjalin hubungan, dsb. Best of luck for you 🙂

  5. Mba saya punya teman chat di fb orang jerman awal nya say hello ja tp lama kelamaan saling perhatian, dia banyak ingin tau bagaiman kehidupan saya disini, bagaimana hari2 saya disini dan bnyk perhatian lain nya yg dia kasih. Setelah 1bln ni deket dia mulai bicara serius, kita memang sudah bicara saling cinta lalu dia tanya jika saya benar2 mencintai dia let’s to be serius. Dia bs lakukan apa ja tuk bs jadikan saya istrinya katanya begitu, apa dia termasuk dlm katagori serius dgn saya ga ya Mba?

    1. Hmmm, kesriusan itu bukan hanya diucapkan tapi juga ditunjukkan dari tindakan. Sekrang bagaimana dengannya? masihkah ada perkembangan? semoga dia memang benar-benar serius dan hubungan kalian berlanjut ya, karena saya tentunya tidak bisa tahu kalau saya tidak mengenal orangnya dan tidak tahu sejauh mana hubungan kalian tsb 🙂

      1. Makasih atas jwbn nya ya.. perkembangan nya makin berani sih mba dia, dia mau luangkan wktu nya untuk bertemu sy datang ke indonesia tp sy merasa blm siap.. bahkan dia blg apapun sy lakukan untuk jadikan sy istri nya, dia mau ikut pindah ke agama sy pula karena salah satu pertimbangan sy adl ada bnyk perbedaan budaya agama n bahasa.. menurut mba apa sy maju terus atau gmn ya? Terimakasih sebelum nya

        1. Wah kalau sampai segitunya ya tinggal pembuktian saja apakah yang dikatakannya benar2 dilakukan, kalau memang benar, boleh dilanjutkan, kenapa tidak?

  6. Hallo aku Sangat semangat bisa membaca artikel ini, tapi saya mau tanya orang jerman itu kalo udah bercerai apa mereka ada kemungkinan balik lagi ? Sekian pertanyaan saya terima kasih 🙂

    1. Orang Jerman mah sama seperti orang2 lain, ada yang setelah cerai balik lagi, ada yang nggak, kalau masalah hati mah, ga tergantung sama orang mananya, tapi siapa dan bagaimana karakter kedua belak pihak (pasangan tersebut)

  7. Maaf ada pertanyaan pribadi yg ingin saya tanyakan pada author, boleh share e-mail? Atau kontak pribadi? Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.