Setelah posting daftar rekening bank di Jerman, banyak yang tanya pertanyaan2 yang sama, yakni?

Kak, jadi sebaiknya aku pakai Commerzbank atau Comdirect?

Aku sendiri punya dua-duanya dan aku pribadi cenderung sangat puas dengan keduanya. Namun, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut aku jabarkan saja agar kalian bisa memutuskan sendiri.

Ps. Kalau aku masih disuruh menyarankan, aku sarankan: COMDIRECT

Commerzbank

Kekurangan Commerzbank:

– Kartu kreditnya berbayar (mulai dari 39,99-99,99) euro per tahun. Tapi kita ga perlu apply buat kartu kredit sih. Girokonto (rekening biasa) gratis dan tak ada biaya apapun per bulannya.

– Kalau mau transfer uang ke Indonesia melalui transferwise, kita nggak bisa langsung lewat sofort, melainkan harus transfer ke rekening bank transferwise dulu (terakhir aku nyoba belum bisa, tapi kurang tahu kalau sekarang sudah bisa).

Baca juga: Kirim Uang Ke Indonesia dari Luar Negeri

– Karena nasabahnya banyak, customer service nya kadang terkesan kurang ramah (terutama kalau kita ga bisa bahasa Jerman). Tapi ini gak bisa jadi tolak ukur sih, karena di beberapa Bank, ada yang super ramah juga. Dalam membalas email, mereka suka lama (1-3 hari)

Kelebihan commerzbank:

– Dapat welcome prämie setelah aktif menggunakan girokonto selama 3 bulan, syaratnya: kamu harus transaksi (beli online, bayar rumah, nrima gaji, dsb) sebanyak minimal 5 kali minimal 25 euro dalam sebulan selama 3 bulan (welcome prämienya saat ini 100 euro, kadang naik kadang turun tergantung promo). Aku dulu dapat 200 euro.
– Ada fillialnya (kantor). Jadi, kamu bisa ambil uang dan nabung di semua filial tanpa dipungut biaya.
– Kalau kita merekomendasikan teman (kayak aku gini, kita akan dapat 100 euro dari commerzbank setelah 3 bulan dia aktif)

COMDIRECT

Nah Kekurangan Comdirect:
– Ga ada filialnya, jadi kalau mau ambil ATM, kita harus numpang ATM di: Commerzbank, Deutsche Bank, Hypovereinbank dan Postbank. Kalau ambil duit kurang dari 50 euro bakal dikenakan biaya tambahan : 0,99 per ambil. Makanya kalau ambil uang, mending langsung 50 euro atau lebih.
– Bonusnya sekarang jadi dikit. Kalau dulu aku dapat 50 euro untuk keaktifan selama tiga bulan, sekarang cuma dapat 25 euro saja. Tapi kalau kamu meninggalkan bank lamamu dan berpindah ke comdirect (gajimu dimasukkan rekening Comdirect), akan dapat bonus 75 euro ekstra. Kalau selama 3 bulan kita nggak puas dengan pelayanannya dan quit, bakal dapat 50 euro ekstra.

NOTE: Bonus ini dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung promo.

– Kalau ikutan nabung (einzahlen di ATM nya commerzbank, kita kena pungutan biaya 1,90 euro setelah dalam jangka waktu setahun nabung lebih dari 3 kali. Kalau nabung sekali-3 kali gratis)

Kelebihannya:

– Ada kartu Kredit VISA (prabayar) yang gratis. Ini bakal berguna banget kalau kita pulang ke Indonesia. Karena kartu kredit ini bisa kita gunakan narik duit di ATM berlogo VISA di manapun di Indonesia secara gratis (Kalau pihak bank Indonesianya menarik pungutan, pihak comdirect ga ikut tanggung jawab, tapi selama bank Indonya ga narik, kita bisa narik uang gratis kok)

– Kartu kreditnya ga ada limit2. Jadi kalau kita ada uang di Girokonto, kita transfer ke VISA kita, baru kartuu kredit itu bisa digunakan. Kalau ga ada duitnya, ga bisa digunakan. Ini mencegah kita untuk berhutang.

– Tidak ada biaya perbulan alias gratis tis baik Giro konto ataupun Visa kartu kreditnya.

– Simpel dan layanan customer service nya luar biasa cepat. Kalau kita email hari ini, besoknya pasti sudah dibalas, dan kalau kita tlp, mereka online 24 jam. Commerzbank agak lama balasnya. Kadang, kita suruh ke filialnya untuk urusin sesuatu (misal ganti nama, dsb), kalau comdirect, ga ribet-ribet banget.

– Kalau kita merekomendasikan teman (seperti ini, kita akan dapat 20 euro dari comdirect).

Pastikan kalian sudah membaca artikel di bawah ini sebelum memutuskan untuk menghubungiku meminta link untuk daftar Commerzbank/Comdirect:

Membuka Rekening Bank di Jerman, Tips dan prosedur

Membuka Rekening Bank dan Kartu Kredit Gratis di Jerman

F.A.Q Seputar Buka Rekening Bank di Jerman

Pastikan kalian daftarnya dari link yang aku berikan, ya. Dengan begitu, kalian membantuku untuk terus berkarya. Selain itu, untuk daftar Comdirect, uangnya akan aku sumbangkan untuk kepengurusan AFA. Jadi, kalian otomatis membantu kami dan teman-teman sesama au pair, FSJ dan Ausbildung di Jerman.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa like facebook fanspage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (terima kasih banyak)

Liebe Grüße

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.