Berikut aku kumpulin semua pertanyaan-pertanyaan yang masuk setelah aku posting membuka rekening bank di Jerman. Pastikan kalian membaca ini dulu dan artikel sebelumnya sebelum bertanya lagi padaku.

Membuka Rekening Bank di Jerman, Tips dan prosedur

Membuka Rekening Bank dan Kartu Kredit Gratis di Jerman

Sebaiknya Commerzbank atau Comdirect??

Bagaimana mengirim uang ke Indonesia?

Aku akan dengan sangat senang hati membantu kalian untuk mendaftar (lewat aku) dan mengisi formulir-formulir yang diberikan (semua dalam) bahasa Jerman. Tapi please baca dulu agar aku tidak terus menerus copy link atau mengetik ulang. Danke.

Berapa tabungan perdana untuk membuka rekening bank?

Tidak seperti di Indonesia, saat buka rekening bank, kita tidak perlu menabung terlebih dahulu. Setelah kita menerima rekening, orang lain bisa transfer kepada kita dan itulah yang jadi tabungan kita nantinya.

Apakah ada online bankingnya?

Untuk COMDIRECT, banknya bahkan fokus ke Online banking dan kantornya cuma ada di Quickborn. Commerzbank langsung ada online bankingnya. Untuk sparkasse, kita biasanya ditanya dulu mau online banking atau tidak. Aku dulu saat memakai sparkasse, baru punya online banking setelah 9 bulan (setelah daftar). Tapi kurang tahu kalau sekarang sudah ada kemajuan plus online banking secara langsung (karena aku sudah tidak pakai sparkasse, biaya bulanannya mahal booo)

Nomor pengguna dan password online banking dari Comdirect akan diberikan melalui pos. Sedangkan untuk Commerzbank, kalian bisa bikin sendiri.

INGAT! Saat mengisi formulir (COMMERZBANK), catat juga apa yang kalian isi di kolom ini:

Itu adalah entry ke online banking yang bisa kalian buat sendiri!!

Bagaimana transfer ke bank lain?

Lewat online banking:

Kalau comdirect, kalian bakal dapat daftar List iTan yang merupakan kode kode sebanyak 120 buah yang akan kalian gunakan untuk setiap transaksi. Bank akan mengirimkan daftar list yang baru jika ke 120 itu sudah terpakai. Ga ribet kok pemakaiannya.

Kalau commerzbank, kode akan dikirim lewat nomor hp

Jadi ngambil uangnya di mana kak? Kan ATMnya nggak sebanyak Sparkasse/Volksbank?

Commerbank adalah bank terbesar ke empat di Jerman setelah Deutsche Bank dan DZ, dan KfW dan punya cabang lebih dari 1000 fillial. Mustahil kalian tidak menemukan ATM nya di kota besar terdekat. Kalau pun tidak ada, kalian bisa ambil uang di ATM: Deutsche Bank, Hypoverein Bank dan Postbank secara gratis.

Apakah uangku terjamin aman di sana?
Tentu saja. Comdirect adalah anak Commerzbank dan Commerzbank sendiri merupakan salah satu bank terbesar di Jerman. Jadi, uang kalian dijamin aman.

Jadi daftarnya gimana nih?

Kalian bisa menghubungiku: girindrawiratnipuspa@yahoo.co.id atau lewat fb: Girindra Puspa Denker untuk minta dikasih link. Kalau kalian mau, aku akan bantu mengisi formnya online. (untuk itu, aku akan dapat imbalan promosi dari banknya, sekitar 20 euro (comdirect), dan 50-100 euro (tergantung promo dari Commerzbank)

Jika sudah diisi online, kita akan dikirimi berkas untuk ditanda tangani dan lalu dikirim lagi lewat pos. Petugas pos sudah tahu apa yang harus mereka lakukan (Kedua bank itu kan sekutu sama posbank, jadi kalian ga perlu bayar perangko), tinggal bawa paspor dan tunjukin ke petugas pos (atau bawa apa yang diminta, biasanya tertera di balasan suratnya.

Kemudian, kalau semua sudah sah. Kalian bakal dapat kartu rekening, kartu kredit, pin, dan iTAN list serta zugangsdaten untuk masuk ke online Banking (untuk Comdirect) (Commerzbank, hanya dapat kartu dan pin, karena online banking kalian yang buat sendiri zugangsdatennya). Semua akan otomatis aktif saat kalian menerima kartu dan pinnya. Kalian bisa gunakan transfer dan menerima uang dari bank lain.

Semua surat dikirim terpisah, jadi jangan khawatir kalau surat datangnya satu per satu, karena demi keamanaan (jika dikirim bersamaan, kalau ada kemungkinan surat nyelip, baik kartu maupun pin akan gampang dibajak orang yang menemukan)

Okay, untuk sementara ini dulu pertanyaan-pertanyaan yang terkumpul. Jika kalian masih ada yang ditanyakan silakan komentar nanti akan aku tambahkan di artikel ini. Jika kalian ingin daftar melalui aku, aku akan sangat berterima kasih, karena dengan begitu, kalian sudah mensupportku untuk terus menulis dan memberi informasi yang bermanfaat seputar Jerman.

Pastikan baca artikel-artikel di bawah ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bertanya lebih lanjut:

Membuka Rekening Bank di Jerman, Tips dan prosedur

Membuka Rekening Bank dan Kartu Kredit Gratis di Jerman

Sebaiknya Commerzbank atau Comdirect??

Bagaimana mengirim uang ke Indonesia?

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa like facebook fanspage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (terima kasih banyak)

Liebe Grüße

 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.