Selama ini kita mengenal metode pengiriman uang antar negara lewat bank atau Western Union (WU). Saat tinggal lama di Jerman, aku menemukan cara pengiriman uang yang praktis dan terpercaya. Awalnya mencoba melalui worldremit, lalu Azimo, yang terakhir dan sampai sekarang selalu aku lakukan adalah Transferwise. Namun, bagi mereka yang ingin mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri, adakah cara yang lebih mudah dan murah selain lewat bank atau WU?

Kabar baiknya, sejak Desember 2019, startups TRANSFEZ yang bergerak di bidang bisnis remmitance, telah meluncurkan applikasi IOS dan Android yang mempermudah kita mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri dengan cara yang jauh lebih praktis, aman, cepat, efisien, dan pastinya murah. Tentunya ini merupakan kabar baik baik kamu yang saat ini tinggal di Jerman dan membutuhkan kiriman uang secara rutin dari keluarga di rumah untuk studi maupun biaya hidup.

Baca juga: Cara Mengirim Uang Dari Indonesia ke Luar Negeri dan Sebaliknya

APA ITU TRANSFEZ?

Transfez adalah startups karya anak bangsa, Edo Windratno, yang bergerak dibidang pengiriman uang dari Indonesia ke mancanegara. Misi yang diemban CEO Edo adalah mendukung pelajar, orang tua, maupun siapa saja untuk meperlancar pengiriman uang ke luar negeri sebagai biaya pendidikan dengan cara yang paling mudah, transparan dan murah. Selama ini, kita tahu bahwa untuk mengirim uang ke luar negeri, biaya yang cukup besar menjadi satu kendala tersendiri. Selain itu, kita harus pergi dan mengantri di Bank atau pun di kantor pos untuk mengirim uang tersebut. Sekarang, semuanya serba digital, segaptek apapun orang tua kamu, aku yakin kalau beliau punya smart phone dan bisa ngirim WhatsApp, mereka juga pasti bisa mengoperasikan app Transfez. 😀

Baca juga: Cara Kirim Uang dari Luar Negeri (dari Jerman)

BENERAN AMAN?

Transfez terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia dan PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) dengan nomor 13/77/DASP/30 dan sejak sebulan peluncurannya sudah mengirim remittance lebih dari 220 miliar yang kebanyakan dari pelajar dan pedagang. Soal keamanan dan kecepatan layanan, Transfez nggak perlu diragukan lagi. Kemarin bahkan temanku yang ada di Jerman malam-malam menghubungi Customer Service Transfez karena adanya kesalahan pengiriman, dan dia berkata padaku sangat salut akan cepatnya tanggapan CS Transfez. Problem pengiriman uangnya ke Jerman pun selesai malam itu juga dan sampai di hari berikutnya.

Baca juga: Cara membeli kartu perdana dan pulsa di Jerman

SIAPA YANG BISA MENGIRIM UANG LEWAT TRANSFEZ?

Siapa saja yang punya smart phone dan memorinya cukup buat download applikasi Transfez lewat Android maupun IOS. :D. Orang di Indonesia harus punya rekening bank dan kamu yang di Jerman pun juga. (Caranya akan aku jelaskan di bawah)

Baca juga: Beli Online Apapun di Jerman bisa dapat Cashback, caranya?

BISA KIRIM UANG KE NEGARA MANA SAJA?

Gambar di bawah ini adalah daftar negara penerima: (37 Negara aktif )

Yang bercetak tebal sudah aktif
MEKANISME KERJA TRANSFEZ

Melalui App Transfez, terserah kamu atau ortu punya bank apa, ga jadi masalah. Beda dengan cara konvensional, di mana kita harus membuka salah satu bank di Indonesia yang menyediakan layanan transfer ke luar negeri, lewat Transfez, kamu bisa mengirim uangmu dari rekening mana pun di Indonesia ke rekening transfez, kemudian partner Transfez yang di Jerman, akan mengirimkannya ke rekening penerima di Jerman melalui rekening Jerman. Cara kerja ini, menurutku mirip dengan Transferwise, di mana kita mengirim uang ke rekening bank Jerman, lalu partner Transferwise di Indonesia akan mengirimkannya ke rekening penerima lewat salah satu bank (sering kali aku cek, BCA).

Keuntungan mengirimkan uang melalui Transfez dibandingkan dengan pengiriman uang lewat bank: 

+ Flat Fee. Pengiriman uang ke Jerman, berapa pun jumlahnya, ongkosnya sama: 74.000 rupiah saja.

+ Nilai tukar mata uang asing nya sangat fair. Aku cek saat nilai tukar 1 euro 14.900, nilai kurs yang ditawarkan Transfez adalah 14.970, yang artinya, sekitar 0,5% saja keuntungan yang didapat oleh Transfez melalui margin exchange. Prosentase ini menurutku amat sangat fair jika dibandingkan dengan nilai tukar yang ditawarkan oleh Bank berikut biaya per transaksinya. Coba bandingkan melalui gambar di bawah ini: 

+ Tambahan untuk live calculator utk kurs bisa langsung di web https://transfez.com/ & https://transfez.com/en/. Web nya juga sudah dual language :

+ Uang cepat sampai. Sekitar 1-2 hari kerja. Transaksi ke beberapa negara seperti Korea Selatan, UK, Nepal, Sri Lanka, Vietnam dan India bahkan bisa sampai dalam hitungan menit (real time).  Untuk ke Jerman ada juga speed transfer nya D+1 if send before 4pm (GMT+7). Seperti yang kita tahu, di Uni Eropa, transaksi pengiriman uang nggak bisa langsung sampai. Jika hari kerja, bisa satu sampai 3 hari, namun jika terhalang akhir pekan, akan lebih dari 3 hari. Karena meski kita mengirim uang dari dan ke Jerman pun, tak akan langsung sampai dalam hitungan menit seperti di Indonesia, namun 1-3 hari (tergantung Bank nya).

+ Seperti yang aku udah jelaskan di atas, nggak perlu buka rekening bank tertentu,

+ Bisa kirim uang kapan pun di mana pun 24/7 cuma lewat app (smartphone)

+ Ga perlu ngantri di Bank, jauh lebih praktis dan efisien

+ Customer servicenya 24 jam dan super helpful. Kontak nomor CS ini jika mengalami kesulitan melalui WhatsApp:

Menarik bukan? Lalu bagaimana caranya mengirim uang lewat Transfez?

Secara garis besar, kamu bisa informasikan orang rumah cara pengiriman uang lewat Transfez seperti gambar di bawah ini:

 

Kabar baik buat kalian yang ingin mengirim uang lewat Transfez adalah: TRANSAKSI AWAL GRATIS. Tentunya dengan syarat, yakni saat daftar dan ingin mengirim uang, kalian tulis kode referal dariku. Kode itu adalah: 6C5696.

Kalian tinggal download applikasi Transfez di IOS: App Transfez untuk Apple (IOS)

Jika memakai Android, Klik di sini: App Transfez di Google Play

Lalu, jika ingin melakukan transaksi, jangan lupa ketik code referral dariku agar transaksi pertama gratis:

* Sebelum melakukan transaksi, kita biasanya harus registrasi atau daftar akun terlebih dahulu. Siapkan kartu identitas dan selfie dengan kartu identitas tersebut untuk proses verifikasi. Setelah itu, kita akan diminta memberikan informasi rekening si penerima uang di negara penerima. Jadi pastikan kalian tahu IBAN atau BIC serta nama lengkap si penerima tersebut sebelum melakukan transaksi.

* Setelah itu, kita harus transfer sejumlah uang ke pihak Transfez (dalam nominal rupiah), jangan lupa masukkan kode referensi pengiriman, agar mereka tahu uang yang masuk adalah untuk transaksi kamu.

* Tunggu laporan pengirimannya.

Aku bagikan sekali lagi link untuk live calculator dan untuk info lebih lanjut tentang Transfez:  https://transfez.com/ & https://transfez.com/en/

Coba lihat video ini untuk tahu sekilas tentang Transfez:

 

Gimana? Bapak-bapak ibu-ibu yang anaknya kuliah di Jerman dan yang selama ini terbiasa mengirim uang dengan biaya yang cukup mahal, coba beralih ke cara yang lebih praktis menggunakan Transfez. Buat kalian yang saat ini berada di Jerman dan secara reguler membutuhkan support keuangan dari Ortu di Indonesia, coba infoin ke orang rumah supaya beralih ke applikasi ini. Atau yang kasusnya sama seperti aku, tinggal di Indonesia, tapi secara reguler mengirimkan uang ke Jerman untuk transaksi bisnis dan tabungan, Transfez bisa jadi alternativ yang patut dicoba. Selain mendukung karya anak bangsa, kita juga diuntungkan dengan kemudahan dan ke-efisienan waktu dan biaya.

Jangan lupa ketikkan kode referral 6C5696 jika daftar Transfez karena:

  1. Agar transaksi pertama kalian gratis. Aku sendiri mencoba tanpa kode referral dan harus bayar 74.000 di transaksi pertama,
  2. Jika kalian mengirim uang lebih dari 3.500.000, aku akan mendapat komisi dari Transfez. Kalian pun bisa menyarankan teman melalui kode referral transfez nantinya. Komisi tsb ada di ‘beranda’ transfez untuk kode referral ke teman. Pastikan baca terms and conditions nya, ya!

Selamat mencoba dan semoga artikel ini sedikit bermanfaat buat pembaca Denkspa.

Baca juga: Cara Membuka Rekening Bank dan Kartu Kredit (Tanpa biaya bulanan sepeser pun) DI JERMAN

*
Follow instagram: @resep.anak.rantau  

Youtube channel belajar bahasa Jerman dan seputar Jerman: Youtube Denkspa

Baca juga: Tips membeli barang elektronik di Jerman

Liebe Grüße

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.